Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Singgalang Sumatra Barat, Gunung Kecil Cabe Rawit


PENDAKIAN GUNUNG SINGGALANG





     Gunung Singgalang adalah gunung yang masih aktif, walapun begitu gunung singgalang masih di kategorikan gunung yang masih aman untuk di gunakan untuk kegiatan pendkian.Gunung Singgalang terletak di provinsi Sumatra Barat dengan ketinggian gunung 2887 Mdpl, gunung singgalang merupakan gunung yang memiliki trek cukup susah untuk di daki, anda harus menyiapkan mental dan fisik yang bagus untuk mendaki gunung singgalang ini.Akses transportasi untuk menuju basecamp sendiri di mulai dari

     Pasar Koto Baru dengan menggunakan ojek yang bertarif sekitar 15.000-20.000, Jarak sekitar 6 Km dari pasar Koto baru.Jalur pendakian Via Pemancar Tower (Rcti)/jalur baru, untuk simaksi sendiri basecamp mematok dengan tarif 10.000.Di gunung ini tidak terdapat basecamp untuk menginap seperti gunung di jawa lainya, jadi jika ingin beristirahat/bermalam dulu sebelum melakukan pendakian bisa di pasar Koto Baru atau camp di pos start pendakian/titik awal pendkian (tower)

Baca juga : Pendakian Gunung Slamet via Bambangan Purbalingga Jawa tengah




   Trek terus menanjak yang sangat menyusahkan kaki hingga sampai ke Telaga Dewi. Paling-paling ada sedikit trek mendatar di tiga lokasi: sesudah Pos 1 (sekitar 100 meter), sedikit di Cadas (sekitar 30 meter) dan sesudah Cadas atau sebelum Telaga Dewi (sekitar 100 meter). 

Seterusnya,Medan yang terus nanjak membuat para pendaki merasa keletihan makin diberi tanjakan! Tanjakan serasa tak ada habis-habisnya selama berjalan sekitar 7 jam dari titik awal pendakian hingga sampai di Telaga Dewi. Tanjakan berupa tanah licin diwarnai akar-akar kayu.

Estimasi Waktu:

Pos Pendkian 11.00 - 11.50 Mata air bayangan 1 
Mata air 1 bayangan 13.00 - 14.15. Mata air 1
Mata air 1 14.15 - 15.20 Mata air 2
Mata air 2 15.30 - 16.30 Mata air 3
Mata air 3 16.30 - 16.40 Cadas
Cadas 16.40 - 17.30 Telaga Dewi

Total waktu yang di butuhkan :310 menit atau sekitar 5 jam 10 menit jalan santai






Medan gunung Singgalang:

   Dari awal start pendakian sampai mata air bayangan 1 sudah melewati trek yang cukup susah seperti tikus gorong-gorong, merangkak, merunduk berjalan dengan nunduk dan celah yang cukup sempit pastikan carrier anda aman karena terdapat ranting pohon yang bisa menyebabkan carrier rusak.Selanjutnya perjalanan dari Pos mata air 1 bayangann sampai telaga Dewi  juga cukup susah bisa di pastikan dari pos 1 mata air sampai telaga dewi tidak ada bonus pemandangan alam seperti halnya gunung-gunung yang lainya terdapat juga trek berlumpur hati-hati ketika melewati trek tersebut karena medan berlumpur tidak bisa di pastikan kedalamanya.


Tips Mendaki Gunung Singgalang

  1. Lakukan persiapan yang matang fisik sebelum melakukan pendakian. 
  2. Perlu kita ketahui  bahwa di sepanjang jalur pendakian Gunung Singgalang tidak terdapat mata air, oleh karenanya wajib bagi para pendaki untuk membawa air dalam jumlah yang cukup. 
  3. Di sepanjang jalur pendakian Gunung Singgalang terdapat hutan yang masih alami dan wajib menggunakan perlengkapan baju yang melindungi kulit
  4. Informasi tempat ngecamp yang paling ideal berada di lapangan atau area sebelum puncak Gunung 
  5. Jagalah kelestarian lingkungan, bersikap sopanlah terhadap masyarakat sekitar.
Baca juga : Pendakian Gunung Slamet via Bambangan Purbalingga Jawa tengah


Sekian pengalaman narasumber dari pendakian Gunung Singgalang