Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Objek Wisata Favorit

Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa kiskendo Kulon Progo - Goa Kiskendo merupakan salah satu destinasi wisata goa yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Goa kiskendo sendiri berada di Desa Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. 

Goa Kiskendo merupakan wisata dengan latar belakang pemandangan yang berada di dalam goa, jika kalian mengunjungi Goa kiskendo kalian harus menyiapkan waktu yang pas untuk berkunjung ketempat tersebut, Pasalanya jika kalian mengunjungi goa kiskendo pada musim liburan bisa di pastikan goa tersebut ramai oleh para wisatawan lainya.

Menurut masyarakat sekitar Goa Kiskendo mempunyai mitos sebuah kerajaan yang bernama Goa Kiskendo yang di pimpin oleh raja yang bernama Prabu Mahesura. Prabu Mahesura sendiri mempunyai saudara yang bernama Lembusura yang masih satu perguruan di Jatusura. 

Konon mereka berdua mempunyai kekuatan yang sangat sakti, Mahesura bisa berubah menjadi makhluk berkepala kerbau sedangkan saudaranya lembusura bisa berubah menjadi berkepala sapi, mereka beruda memiliki tubuh seperti manusia yang besar dan tinggi.

Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Obejek Wisata Favorit


Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Obejek Wisata Favorit
pint:spade picnic

Lokasi Goa Kiskendo Kulon Progo

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah lokasi goa kiskendo. Lokasi Goa Kiskendo berada di Desa Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan motor maupun mobil untuk menjangkau lokasi wisata goa kiskendo. Jalan menuju objek wisata mudah di lalui karena jalan sudah beraspal halus

Rute Menuju Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo sendiri dapat di jangkau dengan Goggle Maps. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta sebaiknya kalian ambil jalan menuju Kulon Progo biasanya melalui jalan Jogja-Wates. Setelah itu jika kalian menemukan Patung Nyi Ageng Serang ambil ke arah kanan. setelah itu anda harus menggunakan goggle maps di karenakan jalan mudah di jangkau.

Biasanya jarak yang di tempuh dari pusat kota Yogyakarta ke Goa Kiskendo sekitar 35 km saja jika anda berkunjung ke sana menggunakan roda dua hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit , tetapi jika kalian menggunakan roda 4 ya sekitar 60-80 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Fasilitas Goa Kiskendo

Di Goa Kiskendo anda akan di sediakan beberapa fasilitas yang cukup baik, bebrapa fasilitas sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Gazebo 
  • Toilet WC
  • Musola
  • Panggung Teater
  • Peta Goa Kiskendo
  • Tempat Main
  • Warung

Harga Tiket Masuk Goa Kiskendo

Wisatawan yang ingin mencoba menyusuri goa kiskendo tidak usah khawatir mengenai harga tiket. Harga tiket masuk goa kiskendo sebesar Rp5.000 per orang. Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Jam Oprasional goa kiskendo sendiri mulai dari pukul 08.00 - 18.00.

Daya Tarik Goa Kiskendo

Terlepas dari mitos tentang goa kiskendo dan konon tempat ini memliki keangkeran. Goa Kiskendo ternyata memiliki pemandangan alamnya yang sangat bagus. Pengunjung dapat melihat beberapa relief wayang yang menggambarkan kejadian prabu mahesira.

Goa kiskendo terbentuk dari resapan air selama ratuasan tahun, pananjang goa kiskendo sendiri sekitar 600 meter. Saat menyusuri jalan goa pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan stalaktit dan staklamit yang sangat cantik dengan cahaya lampu yang warna-warni.

Goa Kiskendo juga memiliki tempat pertapaan yang di beri nama Pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong dan Selumbung.

Sejarah Goa Kiskendo

Goa Kiskendo meruapakan Goa yang terletak di pegunungan menoreh dan memiliki ketinggian kurang lebih 700 mdpl. Lokasinya berada di antara hutan dan perkampungan warga. Lokasi goa yang berada di ketinggian membuat udara di sekitar lokasi sangat sejuk.

Goa Kiskendo di temukan pada tahun 1820 oleh para pejuang zaman dahulu, setelah di kelola oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta, goa ini di resmikan sebagai wisata religi pada tahun 1979.

Mitos Goa Kiskendo sendiri yaitu terdapat sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Goa Kiskendo yang di pimpin oleh seorang raja yang beranama Prabu Mahesura. Prabu Mahesura sendiri memiliki seorang guru yang sama dengan Jatasura dan adiknya Patih Lembusura. Menurut mitos yang cukup terkenal, beliau berdua memiliki kekuatan sakti yang cukup ampuh. Wujud dari mahesura di gambarkan dengan manusia berkepala kerbau, sedangkan lembusura di gambarkan dengan berkepala sapi yang memiliki tubuh besar.

Kerajaan yang pernah ia pimpin pernah berada di puncak kejayaan, sehingga mereka memiliki watak yang tamak dan sombong yang akhirnya menjadi bumerang bagi kehancuran kerajaan mahesura. Prabu Mahesura kemudian menyuruh adiknya untuk menikahi seorang dewi yang beranama Dewi Tara yang merupakan wanita cantik dari kayangan Bathara Indra. 

Dewi Tara kemudian menolak lamaran lembusura yang membuat prabu mahesura merasa marah. prabu mahesura lalu menghancurkan kahyangan semenara dewi tara yang berada di bumi. Hal tersebut membuat para dewa meminta pertolongan dari Subali. Subali sendiri adalah putra resi gotama yang saat itu sedang bertapa di goa kiskendo untuk menebus perbuatan yang pernah ia lakukan.

Foto Goa Kiskendo

Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Obejek Wisata Favorit
pict:tribun.com
Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Obejek Wisata Favorit
pict;wedang kopi prambanan

Wisata Dekat Goa Kiskendo

  • Wisata Sungai Mudal 
  • Wisata Gunung Kelir
  • Tompak View
  • Pule Payung
  • Kedung Pedut
Berikut di atas merupakan artikel tentang goa kiskendo kulon progo dari yanacircle. Segera persiapkan bawaan anda dan langsung menuju lokasi wisata!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.