Goa Kiskendo, Petilasan yang kini jadi Obejek Wisata Favorit

Goa kiskendo merupakan salah satu destinasi favorit yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Goa kiskendo sendiri berada di Desa Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. 

Goa Kiskendo merupakan wisata dengan latar belakang pemandangan yang berada di dalam goa, jika kalian mengunjungi Goa kiskendo kalian harus menyiapkan waktu yang pas untuk berkunjung ketempat tersebut, Pasalanya jika kalian mengunjungi goa kiskendo pada musim liburan bisa di pastikan goa tersebut ramai oleh para wisatawan lainya.

Menurut masyarakat sekitar Goa Kiskendo mempunyai mitos sebuah kerajaan yang bernama Goa Kiskendo yang di pimpin oleh raja yang bernama Prabu Mahesura. Prabu Mahesura sendiri mempunyai saudara yang bernama Lembusura yang masih satu perguruan di Jatusura. 

Konon mereka berdua mempunyai kekuatan yang sangat sakti, Mahesura bisa berubah menjadi makhluk berkepala kerbau sedangkan saudaranya lembusura bisa berubah menjadi berkepala sapi, mereka beruda memiliki tubuh seperti manusia yang besar dan tinggi.


Terlepas dari mitos tersebut, jika kalian memasuki Goa Kiskendo kalian akan menemukan tempat seperti petilasan. petilasan tersebut di bernama pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan dan Sabri, dan masih banyak lainya. pada tahun 2018 kemarin tepatnya pada bulan November di sekitar objek Goa Kiskendo di jadikan Tema HUT RI yang di wakilkan oleh Kecamatan Girimulyo dengan tema Sugriwa dan Subali.

pint:spade picnic

Jika kalian sudah memasuki lingkungan Goa Kiskendo kalian juga dapat melihat beberapa Relief di sekitaran pintu goa sebelum masuk, relief tersebut menggambarkan tentang peperangan zaman dahulu antara Sugriwa dan Subali. 

Selain itu kalian akan di suguhkan beberapa tempat yang berbunga, ada juga beberapa hewan seperti monyet, kalian juga dapat memberi makan monyet itu. di sana juga terdapat panggung seperti teater untuk pertunjukan teater, pertunjukan teater Sugriwa dan Subali di gelar jika ada event tertentu.

Rute menuju Goa Kiskendo

Goa Kiskendo sendiri dapat di jangkau dengan Goggle Maps. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta sebaiknya kalian ambil jalan menuju Kulon Progo biasanya melalui jalan Jogja-Wates. Setelah itu jika kalian menemukan Patung Nyi Ageng Serang ambil ke arah kanan. setelah itu anda harus menggunakan goggle maps di karenakan jalan mudah di jangkau.

Biasanya jarak yang di tempuh dari pusat kota Yogyakarta ke Goa Kiskendo sekitar 35 km saja jika anda berkunjung ke sana menggunakan roda dua hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit , tetapi jika kalian menggunakan roda 4 ya sekitar 60-80 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Fasilitas Goa Kiskendo

Di Goa Kiskendo anda akan di sediakan beberapa fasilitas yang cukup baik, bebrapa fasilitas sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Gazebo 
  • Toilet WC
  • Musola
  • Panggung Teater
  • Peta Goa Kiskendo
  • Tempat Main
  • Warung

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki Obejk Wisata Goa Kiskendo kalian cukup membayar 6000/orang , jika anda menggunakan roda 2 biaya parkir sekitar 2000 rupia, sedangkan jika kalian menggunakan kendaraan roda 4 kalian di kenakan parkir sebesar 5000 rupiah.

Beberapa Foto Goa Kiskendo


pict:tribun.com
pict;wedang kopi prambanan


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel