Manfaat Menakjubkan Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Kesehatan

Manfaat Sinar Matahari Saat Pagi Hari

   


Sinar matahari bukan hanya hanya menghangatkan tubuh tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Pancaran sinar matahari di pagi hari mampu memicu reaksi kimia dan metabolik di dalam tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin yang satu ini berfungsi sebagai tak hanya baik untuk menjaga tulang tetap kuat tetapi juga bagus untuk kesehatan kulit.

Sinar matahari di pagi hari juga ada manfaatnya, berikut ini manfaat sinar matahari:


Manfaat Sinar Matahari


1.Vitamin D

Sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah , tangan, leher, lengan dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit international (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang di perlukan oleh tubuh , masing-masing dalam satu hari.

 2.Serotin

   Sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormone serotine, sebuh zat neurotismeter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan metal yang focus. Pasti ketika suasana hati senang, maka hal tersebut juga hampir terpancar pada kulit dan wajah.

     3.Atasi Depresi


Orang dengan gangguan afektif musiman(SAD) dapt menimbulkan gejala depresi (seperti kehilangan minat bakat pada kegiatan sehari-hari misalnya pembelajaran, tidak memiliki tenaga atau kelelahan( Low Energy) dan kemurungan) pada bulan-bulan juni -Agstus musim dingin atau ketika sinar matahari kurang terpancar.

Sinar matahari juga dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endrofin.Endrofin sendiri berarti suatu-depresaan alami yang di miliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

4.Menguatkan system kekebalan Tubuh


   Sinar matahari dapat menguatkan system kekebalan tubuh. Hal ini karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal atau melindungi infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri jahat , jamur sdan virus.

5. Detoksifikasi Tubuh

   Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan pengelimisan racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi kerja hati. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun terleminasi lebih effisien melalui darah.
  

Bahaya Sinar matahari:


1.Kulit menjadi kebakar


·      Pancaran sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit mengalami kondisi yang disebut dengan istilah sunburnatau terbakar. Biasanya kondisi ini disebabkan karena Anda mengalami sengatan matahari secara langsung dalam waktu yang lama.
·   Kulit akan menunjukkan tanda-tanda terbakar setelah empat hingga lima jam setelah tepapar sinar matahari. Saat mengalami sunburn biasanya Anda akan mengalami berbagai gejala seperti kulit kemerahan, nyeri, pembengkakan, melepuh, dan berkerak.

   2. Memunculkan Tanda Penuaan Dini


·       Pancaran sinar matahari berlebihihan juga dapat membuat kulit Anda mengalami berbagai perubahan dari mulai warna hingga teksturnya. Jika kalian, seiring dengan berjalannya waktu, sinar UV juga dapat merusak serat-serat yang berada  di kulit yang disebut elastin. Ketika serat ini rusak maka kulit akan mengendur dan meregang.
·     Bukan hanya itu saja, pancaran sinar UV berlebih juga dapat menyebabkan kulit menjadi mengalami bintik putih dan juga gelap. Selain itu, Anda juga akan merasakan kulit yang lebih kasar dari biasanya dan juga kering. Saat terlalu kulit terlalu kering, kulit akan mudah keriput sehingga Anda akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

3. Meningkatkan risiko terkena kanker kulit

Sinar UVB pada cahaya matahari selain menyebabkan kulit terbakar juga dapat menimbulkan kerusakan pada DNA dan menekan sistem kekebalan kulit. Sementara sinar UVA  dapat membakar dan merusak membran sel kulit serta DNA di dalamnya.

·    Kerusakan yang berkembang selama bertahun-tahun ditambah dengan pertambahan usia meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma ganas.

Berikut di atas merupakan dampak positif dan negative jika tubuh terkena langsung oleh sinar matahari. Sebaiknya jika anda ingin mendapatkan manfaat positif dari sinar matahari sebaiknya berjemur di pagi hari. Tetapi jika anda tidak ingin terkena dampak negative sinar matahari hindari berjemur ketika cuaca sedang panas, jika anda ingin berjemur di siang hari gunakan pelemebab sinar matahari.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel