Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo, Harga Tiket, Rute, dan Fasilitas

Menikmati Indahnya Pemandangan Puncak Suroloyo

Wisata Puncak Suroloyo Kulon Progo, Harga Tiket, Rute, dan Fasilitas

Jogjakarta memang menyimpan banyak wisata yang patut di kunjungi saat berlibur ke jogja. Salah satu wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo Puncak Suroloyo.  Puncak Suroloyo adalah sebuah area wisata yang berada di pegunungan menoreh yang terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Jika anda ingin dating ke pucak monerah datanglah pada saat cuaca cerah untuk melihat indahnya pemandangan yang ada di puncak.

Datang di pagi hari sebelum subuh tiba, setelah subuh anda bisa berjalan untuk naik ratusan tangga untuk menuju puncak, jika kalian beruntung saat cuaca cerah tanpa tertutup mendung, anda bisa menikmati indahnya mataharai terbit di balik gunung Merapi dan merbabu.

Puncak suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Monerah yang terletak di daerah Kabupaten Kulon Progo, tepatnua di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Puncak Suroloyo Memiliki ketinggian 1.000 Mdpl dari permukaan air laut.

Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di Kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di daerah kulon progo. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona.

Hal lain yang membuat tempat ini menjadi sangat istimewa adalah jika cuaca sedang bersahabat, kalian bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Dari tempat ini kalian juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang juga bisa terlihat jika cuaca sedang cerah. Peona alam dan mitos Puncak suroloyo .

Lokasi Wisata Puncak Suroloyo
Peta wisata Pucak Suroloyo

Rute Dan Lokasi Puncak Suroloyo

Lokasi wisata alam Puncak Suroloyo dapat anda kunjungi dengan mudah. Lokasi Puncak Suroloyo cukup jauh dari pusat kota jogja. Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil untuk mengunjungi wisata ini, jarak dari kota jogja menuju puncak suroloyo sekitar 45 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Lokasi tepatnya berada di dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.
                               

Rute Menuju Puncak Suroloyo

  1. Melalui Jalan Godean – Jembatan Progo – perempatan lampu merah nanggulan –        perempatan Dekso – Samigaluh – Puncak Suroloyo.
  2. Melalui Jalan Godean – Jembatan Progo – perempatan lampu merah nanggulan –      perempatan  Dekso Kalibawang – Pasar Jagalan – puncak Suroloyo.
  3. Melalui jalan magelang – Tempel – Kalibawang – Pasar Jagalan – Puncak Suroloyo.
  4. Dari jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang – Pasar Jagalan – Puncak Suroloyo.

Rute Dari Wisata Kalibiru Menuju Puncak Suroloyo

Jika kalian sedang berwisata ke Kali Alam Kalibiru, anda dapat menuju ke puncak suroloyo dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja dengan rute: Kalibiru – Clereng – Girimulyo – perempatan Nanggulan – Suroloyo.

Harga Tiket dan Fasilitas Puncak Suroloyo

Bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan dari Puncak Suroloyo cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp.3000,- / orang. Harga tersebut sangat murah dan sebanding dengan pemandangan yang di dapat saat berkunjung ke puncak ini. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensai menggunakan Jeep bisa menyewanya dari petigaan Bendo untuk pulang pergi, harga sewa ojek sebesar Rp.50.000,-.
  • Harga Tiket Masuk Rp.3000,- / orang.
  • Harga Sewa Ojek Rp.50.000,-
Fasilitas yang terdapat di wisata puncak suroloyo sudah cukup lengkap, pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang tersedia. Terdapat juga beberapa warung yang menjajakan makanan khas kulon progo yaitu geblek. fasilitas di antaranya:
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Peta Lokasi
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Homestay

Daya Tarik Puncak Suroloyo 

1.Memiliki Pemandangan yang Bagus.

Berada di ketinggian 1000 mdpl dari atas permukaan laut, wisatawan dapat menikmati pemandangan kota kulon progo dan Magelang jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat Candi Borobudur dari puncak. Selain itu pengunjung juga dapat melihat Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merapi.

2.Pemandangan Sunsrise dan Sunset.

Bagi pengunjung yang datang pagi hari dapat melihat sunrise secara langsung di puncak suroloyo, tidak perlu khawatir bagi anda yang datang pada saat sore hari, pasalnya anda juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam (Sunset) yang sangat ekostis dan cantik.

3.Patung Punokawan

Setelah sampai di parkiran puncak suroloyo, wisatawan akan melihat patung punokawan yang terdiri dari Semar dan ketiga anaknya yaitu Gareng, Petruk dan Bagong. Wisatawan dapat berfoto dengan patung ini apalagi jika anda memiliki anak kecil tentu sangat terkagum-kagum.

Sejarah Puncak Suroloyo

Menurut informasi, Puncak suroloyo memliki kaitanya dengan Kerajaan mataram islam yang berada di Yogyakarta. Dalam kitab Cabolek yang di tulis oleh Nabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, pada suatu hari Raja Mataram Islam yang cukup terkenal bernama Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama raden Mas Rangsang mendapat wangsit untuk berjalan dari Keraton Kotagede kearah Barat.

Petunjuk itu pun di ikuti hingga dia sampai di Puncak Sorloyo ini, Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa Lelah dan tertidur di tempat ini, Pada saat itulah , Raden Mas Rangsang mendapat wangsit lagi agar dia membangun tapa di tempat dia berhenti, itulah syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.

Tidak hanya itu, sebagai tempat tertinggi di pegunungan menoreh, puncak suroloyo juga menjadi tempat Batara Guru yaitu pemimpin para dewa. Menurut cerita yang beredah tempat ini juga du gunakan Ki Semar atau Bdonoyo untuk mengasuk Petruk, Bagong, Gareng yang memomong para ksatria Pandawa.

Wisata Dekat Puncak Suroloyo

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.