Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Suroloyo Harga Tiket,Rute, dan Fasilitas

Menikmati Indahnya Pemandangan Puncak Suroloyo





Ada begitu banyak wisata yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satunya wisata di kulon progo yang paling hits yaitu Puncak Suroloyo. Sebuah area pegunungan monerah yang terletak di daerah Kabupaten Kulon Progo propinsi Yogyakarta. 

Jika anda ingin dating ke pucak monerah datanglah pada saat cuaca cerah untuk melihat indahnya pemandangan yang ada di puncak.

Datang di pagi hari sebelum subuh tiba, setelah subuh anda bisa berjalan untuk naik ratusan tangga untuk menuju puncak, jika kalian beruntung saat cuaca cerah tanpa tertutup mendung, anda bisa menikmati indahnya mataharai terbit di balik gunung Merapi dan merbabu.

Puncak suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Monerah yang terletak di daerah Kabupaten Kulon Progo, tepatnua di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Puncak Suroloyo Memiliki ketinggian 1.000 Mdpl dari permukaan air laut.

Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di Kawasan pegunungan Menoren yang terletak di daerah kulon progo. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona.

Hal lain yang membuat tempat ini menjadi sangat istimewa adalah jika cuaca sedang bersahabat, kalian bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Dari tempat ini kalian juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang juga bisa terlihat jika cuaca sedang cerah. Peona alam dan mitos Puncak suroloyo .

Lokasi Wisata Puncak Suroloyo
Peta wisata Pucak Suroloyo

Jalur Menuju Puncak Suroloyo dari Kota Yogyakarta



  1. Melalui Jalan Godean – Jembatan Progo – perempatan lampu merah nanggulan –        perempatan Dekso – Samigaluh – Puncak Suroloyo.
  2. Melalui Jalan Godean – Jembatan Progo – perempatan lampu merah nanggulan –      perempatan  Dekso Kalibawang – Pasar Jagalan – puncak Suroloyo.
  3. Melalui jalan magelang – Tempel – Kalibawang – Pasar Jagalan – Puncak Suroloyo.
  4. Dari jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang – Pasar Jagalan – Puncak Suroloyo.

Rute dari wisata Kali biru ke Puncak Suroloyo.

Jika kalian sedang berwisata ke Kali Alam Kalibiru, anda dapat menuju ke puncak suroloyo dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja dengan rute: Kalibiru – Clereng – Girimulyo – perempatan Nanggulan – Suroloyo.

Jalur ini cukup sulit karena jalan banyak tanjakan dan berbelok-belok. Namun , udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa akan menggobati perjalanan anda.

Sejarah Suroloyo

Menurut informasi, Puncak suroloyo memliki kaitanya dengan Kerajaan mataram islam yang berada di Yogyakarta. Dalam kitab Cabolek yang di tulis oleh Nabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatau hari Raja Mataram Islam yang bernama Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama raden Mas Rangsang mendapat wangsit untuk berjalan dari Keraton Kotagede kearah Barat.

Petunjuk itu pun di ikuti hingga dia sampai di Puncak Sorloyo ini, Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa Lelah dan tertidur di tempat ini, Pada saat itulah , Raden Mas Rangsang mendapat wangsit lagi agar dia membangun tapa di tempat dia berhenti, itulah syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.