Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Suroloyo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Puncak Suroloyo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Keceme, Onggosoro, Giritengah, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 56553.
Puncak Suroloyo - Kulon Progo merupakan daerah yang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat indah. Salah satu wisata yang berada di pegunungan menoreh yaitu Puncak Suroloyo.

Puncak Suroloyo Memiliki ketinggian 1.019 Mdpl dan merupakan bukit tertinggi di Kawasan pegunungan Menoreh. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam dengan pemandangan sunset terbaik di Kulon Progo.

Puncak Suroloyo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Puncak Suroloyo (Image Source: Instagram)

Dari tempat ini kamu juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang. Namun keberadaan candi akan terlihat jika cuaca sedang cerah dan tidak berkabut.
Baca Juga: Puncak Widosari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Puncak Surolyo

Alamat Puncak Suroloyo berada di Dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. 

Jalan Menuju Puncak Suroloyo

Rute menuju wisata alam kulon progo dari Yogyakarta dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl. Godean kemudian menuju Jl. Purboyo Ngentak, dan Jl. Dekso.

Setelah itu menuju Jl. Kepiton lalu ke Jl. Samigaluh Boro, dan kamu akan sampai di lokasi wisata. Jarak objek wisata dari pusat kota Jogja sekitar 40 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebuh 1 jam 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan dari Puncak Suroloyo cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sangat murah dan sebanding dengan pemandangan yang akan didapatkan nantinya. 

TIKET MASUK PUNCAK SUROLOYO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Ojek Rp 50.000

NB: Puncak Suroloyo buka setiap hari Senin - Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Puncak Suroloyo

Fasilitas yang terdapat di wisata puncak suroloyo sudah cukup lengkap, pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang tersedia. Bebera fasilitas yang sudah disediakan diantaranya sebagai berikut:
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Peta Lokasi
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Homestay

Daya Tarik Puncak Suroloyo 

Pemandangan Alam

Puncak Suroloyo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Puncak Suroloyo (Image Source: Ig/_danieltran_)
Berada di ketinggian 1019 mdpl dari atas permukaan laut, wisatawan dapat menikmati pemandangan kota kulon progo dan Magelang jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat Candi Borobudur dari puncak. 

Selain itu pengunjung juga dapat melihat Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Sindoro dan Gunung Merapi.

Bagi pengunjung yang datang pagi hari dapat melihat sunrise secara langsung di puncak suroloyo, tidak perlu khawatir bagi anda yang datang pada saat sore hari, pasalnya anda juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam (Sunset) yang sangat ekostis dan cantik.

Kopi Suroloyo

Puncak Suroloyo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kopi Suroloyo (Image Source: Instagram)
Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, tempat ini juga terkenal dengan kulinernya yaitu Kopi Suroloyo. Jika musim panen kopi tiba, kamu juga bisa menikmati panorama alam sambil menikmati secangkir kopi Arabika atau Robusta.

Sejarah Puncak Suroloyo

Menurut informasi, Puncak suroloyo memliki kaitanya dengan Kerajaan Mataram Islam yang berada di Yogyakarta. Dalam kitab Cabolek yang di tulis oleh Nabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18.

Pada suatu hari Raja Mataram Islam yang cukup terkenal bernama Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama raden Mas Rangsang mendapat wangsit untuk berjalan dari Keraton Kotagede kearah Barat.

Petunjuk itu pun di ikuti hingga dia sampai di Puncak Sorloyo ini, Karena sudah menempuh jarak sekitar 40 km, Mas Rangsang merasa Lelah dan tertidur di tempat ini. 

Pada saat itulah , Raden Mas Rangsang mendapat wangsit lagi agar dia membangun tapa di tempat dia berhenti, itulah syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana.

Tidak hanya itu, sebagai tempat tertinggi di pegunungan menoreh, puncak suroloyo juga menjadi tempat Batara Guru yaitu pemimpin para dewa. Menurut cerita yang beredah tempat ini juga du gunakan Ki Semar atau Bdonoyo untuk mengasuk Petruk, Bagong, Gareng yang memomong para ksatria Pandawa.

Wisata Dekat Puncak Suroloyo

Puncak Widosari

Puncak Widosari merupakan wisata kulon progo yang menawarkan keindahan alam berupa hamparan pepohonan hijau. Puncak Widosari sendiri berada di ketinggian sekitar 900 Mdpl.

Alamat Puncak Widosari berada di Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo merupakan wisata yang berada di daerah pegunungan. Kebun teh ini sudah aja sekah tahun 1990-an. Kemudian pada tahun 2015 tempat ini disulap menjadi destinasi wisata alam yang cukup potensial.

Alamat Kebun Teh Nglinggo berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang objek wisata alam kulon progo yaitu Puncak Suroloyo.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.