Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Kalibiru Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Wisata Kalibiru Kulon Progo 

Wisata Kalibiru Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 0811-2650-250 - Alamat: Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55653.
Wisata Alam Kalibiru - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang indah. Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini menyimpan banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Salah satu wisata alam yang memiliki pemandangan alam yang memukau adalah Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo.

Wisata Alam Kalibiru merupakan salah satu wisata alam jogja yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke jogja. Kalibiru sendiri berada di ketinggian 450 mdpl, dengan ketinggian yang cukup, wisata ini memeliki udara yang sejuk.

Dari puncak kalibiru wisatawan juga dapat melihat pemandangan perbukitan menoreh dan waduk sermo dengan sangat jelas. Saat cuaca sedang cerah pengunjung juga dapat melihat laut selatan.

Wisata Alam Kalibiru Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, objek wisata ini juga memiliki berabgai spot foto yang menarik. Salah satunya adalah wahana flying fox dan high rope. Wisatawan dapat mencoba sensasi berjalan di atas sebuah tambang yang berada di ketinggian 50 meter dan 85 meter.

Baca Juga: Puncak Widosari Kulon Progo, Wisata Bongkahan Batu Raksasa

Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Bagi wisatawan yang ingin mencoba objek wisata kulon progo yang satu ini, akses menuju lokasinya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah jalur menuju lokasi didominasi oleh tanjakan dan tikungan yang cukup tajam.

Alamat Wisata Alam Kalibiru berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja seperti malioboro, nol kilometer dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke lokasi wisata.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mayor Suryotomo kemudian menuju perempatan ke barat ke Jl Panembahan Senopati, dilanjutkan dengan menuju Jl Jogja-Wates hingga menemukan perempatan.

Dari perempatan menuju ke selatan menuju Jl Ringroad Barat lalu menuju Jl Wates - Purworejo kemudian ke arah barat menuju Jl Sentolo - Brosot. Ambil arah ke utara menuju Jembatan Ngelo hingga sampai dipertigaan belok ke barat menuju pengasih kemudian menuju Jl Lkr Sermo kemudian menuju Jl Kaliburu - Clapar. Ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata alam kalibiru kulon progo.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga kalibiru jogja sekitare 37 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Wisata Gunung Kuniran Kulon Progo, Spot yang Menawan 

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah tidak perlu pergi jauh-jauh. Wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp10.000 untuk akhir pekan dan libur panjang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Beberapa tarif spot foto kalibiru
  • Spot High Rope Game Rp35.000
  • Spot Foto Panggung Rp15.000
  • Spot Foto 1 Rp15.000
  • Spot Foto Bundar/ Tampir Rp15.000

Fasilitas Wisata Alam Kalibiru

Wisatawan dapat menikmati berabagai fasilitas yang cukup lengkap. Pengelola wisata sudah membangun banyak fasilitas agar wisatawan yang berkunjung dapat menikmatinya secara leluasa. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Penginapan
  • Pondok
  • Joglo
  • Flying Gox
  • High Rope
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto

Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru

Berbagai Wahana Seru

Wisata alam kalibiru berada diketinggian 450 mdpl yang kini sudah menjadi wisata yang cukup terkenal di yogyakarta maupun luar negeri. Keberadaan perbukitan yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan mulai dari cemara, kayuputih, dan pohon jati.

Disepanjang perjalanan, wisatawan akan melewati berbagai vegetasi mulai dari persawahan hijau dan pepohonan yang rimbun dan perkebunan milik warga sekitar.

Wahana Flying Fox dan High Rope

Wisata Alam Kalibiru Jogja: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Masuk
Spot Foto Kalibiru di Kulon Progo (Image Source: Instagram)
Selain memiliki pemandangan yang sangat indah, wisatawan juga dapat mencoba berabgai wahana yang menantang adrenaline. Terdapat dua wahana yang dapat pengunjung coba seperti Flying Fox dan High Rope.

Untuk wahana High Rope, wisatawan diharuskan untuk menyebrangi jembatan ditas tali. Namun anda tidak perlu khawatir karena wahana tersebut sudah dilengkap pengaman yang sudah berstandart tentunya. 

Spot Foto Kalibiru

Wisata Alam Kalibiry yang sangat cocok bagi anda yang ingin mendapatkan foto dengan latar belakang pemandangan alam yang hijau. Saat musim kemarau, pepohonan disekitar lokasi wisata akan nampak rimbun dan menyejukan mata.

Selain itu, pemandangan matahari tenggelam atau sunset sangat bagus karena menghadapat langsung ke arah bata. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi kalibiru saat berada di jogja.

Wisata Dekat Wisata Alam Kalibiru

Pule Payung

Pule Payung merupakan salah satu wisata alam di kulon progo yang memiliki spot foto yang Instagramable. Wisata ini sangat cocok bagi kalangan anak muda milenial seperti sekarang ini. Terdapat banyak spot foto yang unik dan menarik tentunya.

Alamat Pule Payung berada di Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Sedangkan harga tiket masuk pule payung sebesar Rp10.000 per orang.

Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut Waterfaall merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di Kulon Progo. Wisata alam yang satu ini menawarkan kesegaran air pegunungan yang masih alami, wisata ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin bermain air.

Alamat Kedung Pedut berada di Banyuganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Sedangkan harga tiket masuk kedung pedut sebesar Rp3.000 per orang.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran merupakan wisata alam kulon progo selanjutnya. Berbeda dengan pule payung, wisata ini menawarkan senasi berayunan di atas ketinggian kurang lebih 700 meter dari atas permukaan laut.

Alamat Ayunan Langit Watu Jaran berada di Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Sedangkan harga tiket masuk ayunan langit watu jaran sebesar Rp10.000 per orang.

Gunung Kuniran

Gunung Kuniran kokap merupakan wisata yang menyuguhkan pemandangan hijau yang masih asri. Selain itu jika pengunjung datang pada saat sore hari akan melihat sunset yang sangat cantik dan menawan. Tidak hanya itu saja pada saat malam hari akan terlihat gemerlapnya lampu kota wates yang tentu menambah keseruan saat berkunjung ke puncak kuniran.

Harga tiket masuk gunung kuniran sebesar Rp5.000 per orang

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam kalibiru. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam selanjutnya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di kulon progo lainya. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.