Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Kalibiru, Puncak terindah untuk Menikmati Kota Jogja

Menikmati Indahnya Pemandangan Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru, Puncak terindah untuk Menikmati Kota Jogja

Wisata Kalibiru adalah wisata yang menyuguhkan pemandangan alam di sana anda dapat melihat beberapa daerah Kulon Progo,pemandangan mulai dari daerah perbukitan menoreh dan Waduk Sermo.Pemandangan tersebutlah yang banyak menarik wisatawan lokal bahkan ada beberapa artis Indonesia yang pernah berkunjung ke sana seperti Salsabilla Adrian,Anggun dan lain-lain.

Kalibiru merpakan salah satu wisata alam yang berada di pegunungan menoreh tepatnya di Hargowilis, Kapanewon Kokap. Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam hutan kemasyarakatan Kalibiru berada di perbukitan Menoreh Kulon Progo dengan ketinggian 450 Mdpl.

Dari puncaknya, penggunjung dapat melihat pemandangan perbukitan di bukit menorah sekaligus waduk sermo dari atas perbukitan, bahkan jika cuaca sedang cerah Nampak juga pantai laut selatan. Dari pucuknya juga, jika melihat kea rah timur terlihat hamparan dataran luas jauh ke timur. Jika anda menginap malam, anda berkesempatan melihat sunrise dari puncaknya.

Area tempatnya cukup sejuk(saat pagi) dan juga cukup mudah untuk di jangkau dengan kendaraan( namun anda harus berhati-hati karena jalanan berbelok naik dan turun, mesin motor pun harus kuat di tanjakan curam). Fasilitas yang ada cukup baik, mulai dari tempat makan ( harga makan cukup terjangkau), tempat pertemuan, tempat penginapan, masjid dan lain-lainya, tempat ini cukup cocok untuk acara forum maupun kegiatan outdorr.


Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Lokasi Wisata Alam Kalibiru berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. lokasi wisata berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota jogja, untuk menuju tempat tersebut wisatawan akan melwati beberapa jalan yang sudah bagus.

                                  

Rute Menuju Kalibiru dari Jogja

Untuk menuju wisata kalibru, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 45 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Rute dari Waduk Sermo

Jalur ini sering di lalui wisatawan yang ingin berkunjung ke waduk sermo, tetapi biasanya wisatawan menggunakan jalan ini untuk menuju kalibiru. Jalur sermo di tempuh mulai dari Jln Jogja Wates - Alun-Alun Wates - RSUD Wates - Beji - Waduk Sermo - Kalibiru. Jika anda masih binggung bisa menggunakan goggle maps untuk menggunakan rute ini.

Rute dari Clereng

Jalur clereng juga dapat anda gunakan untuk menuju Kalibiru. Rute ini menjadi opsi kedua setelah waduk sermo, rute clereng biasnya dilalui jika anda menyewa jeep dari depan pemandian clreng
Sepanjang perjalanan wisatawan akan melewati persawaahan yang asri.

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru

Wisatawan yang akan menikmati Kalibiru akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5000,- / orang untuk hari biasa dan Rp10000 untuuk akhir pekan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2000 dan Rp.5000 untuk kendaraan bermobil.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000 (hari biasa) Rp10000 (Akhir Pekan)
  • Parkir Motor Rp.2000
  • Parkir Mobil Rp5000
Berikut ini adalah daftar harga spot foto
  • Spot High Rope Game Rp35.000,-
  • Spot Foto Panggung Rp15.000,-
  • Spot Foto Bundar / tampir Rp15000,-

Fasilitas Wisata Kalibiru

Pengunjung akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap di wisata ini, fasilitas yang pertama tempat parkir yang cukup luas. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dari puncak kalibiru harus menaiki menara pohon dengan biaya Rp10.000,- / orang. Fasilitas diantaranya:
  • Aula
  • Pondok
  • Flying Gox
  • Gardu Pandang
  • Toilet
  • Penginapan
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Hostpot

Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru

Selain memiliki pemandangan yang sangat bagus, di sekitar wisata terdapat kuliner yang menjual berbagai makanan mulai dari maknan ringan, makanan berat dan air minum. Wisatawan dapat menikmati dengan memberli di warung makan yang menyerupai cafe di dekat pintuk masuk halman parkir.

Tidak hanya itu, bagi wisatawan yang ingin mencoba adrenaline dapat mencoba wahana Flying Fox bagi anda yang takut dengan ketinggian bisa mencoba dengan ketinggian 50 meter dan 85 meter. Untuk mencoba wahahana ini wisatawan akan dikenakan biaya Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp5000 untuk anak, wahana flying fox buka di hari minggu saja dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati sunset dapat menggunakan fasiltias penginapan yang berada di sekitar kalibiru, beberapa jenis penginapan mulai dari wisma, homestay milik warga sekitar dapat anda sewa. Harga rata-rata penginapan di lokasi sekitar 250 ribu per malamnya.

Wisata Dekat Kalibiru