Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam

Pule Payung Kulon Progo

Pule Payung Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 09.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Soropati, Hargotirto, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55653.
Payung Kulon Progo - Pule Payung merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kulon Progo. Wisata ini memiliki latar belakang berupa pemandangan yang cukup memukau, selain itu wisatawan dapat melihat pemandangan waduk sermo dari ketinggian. Saat cuaca sedang cerah wisatawan juga dapat melihat gunung merbabu dan merapi.

Pule Payung sendiri adalah wisata yang cukup baru, dahulu tempat ini merupakan perbukitan biasa dan di sulap menjadi destinasi wisata oleh masyarakat sekitar pada maret 2017. Masyarakat mulai menggembangkan wisata pule payung dengan mengumpulkan dana swadaya bersama.

Wisatawan yang berkunjung ke pule payung jogja harus sedikit bersabar, pasalnya pada saat akhir pekan banyak wisatawan yang mengunjungi wisata ini. Jalan menuju pule payung yang cukup kecil harus bergantian antara kendaraan, jalan hanya bisa di lalui oleh 1 mobil saja. 

Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam

Hal yang menjadi keunggulan wisata pule payung adalah memiliki banyak spot foto yang bisa di coba semuanya. Wisatawan harus bersabar mengantri di spot foto yang sangat unik-unik. Alangkah baiknya anda menggunakan kamera sendiri, jika menggunakan jasa foto anda harus membayar antara 5 ribu sampai 10 ribu.

Lokasi Pule Payung

Wisatawan dapat menemukan lokasi pule payung dengan mudah karena wisata tersebut tidak jauh dengan wisata alam kalibiru. Lokasi Pule Payung berada di Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalan menuju Pule Payung 

Bagi wisatawan yang sedang berada dipusat kota yogyakarta dan sekitarnya dapat menggunakan rute berikut ini untuk menuju ke objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senipati kemudian menuju Jl R.E Martadinata kemudian menuju Jl Wates.

Dari Jalan Watres arahkan kendaraan anda menuju Jl Ringroad BArat kemudian menuju Jl Nasional III kemudian menuju peremapatan lalu ke barat menuju Jl Sentolo Brosot ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu menuju Jl Pengasih.

Sesampainya di Jl Pengasih ambil arah menuju Jl Sermo, ikuti saja jalan tersebut hingga tiba di lokasi wisata alam pule payung jogja.

Harga Tiket Masuk Pule Payung

Untuk dapat menikmati wisata Pule Payung wisatawan akan di kenakan biaya masuk Rp10.000 per orang, jika teman-teman ingin berfoto  di spot yang telah di sediakan, anda di kenakan biaya sebesar 5000 rupiah, cukup murah untuk wisata yang cukup bagus seperti pule payung.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 rupiah, sedangkan jika menggunakan kendaraan bermobil akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp10.000 per mobil.

Baca Juga: Canting Mas Puncak Dipowono Kulon Progo

Fasilitas Pule Payung

Fasilitas yang berada di wisata pule payung cukup lengkap, pengunjung dapat menggunakan gazebo untuk menikmati pemandangan. Gazebo ini sengaja di buat atas insiatif pengelola wisata. 

Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan fasilitas seperti Kamar mandi, mushola dan warung kecil yang menyediakan aneka ragam jajanan daerah kulon progo. 

  • Mushola
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Spot Foto
  • Wifi

Daya Tarik Pule Payung

Wisata Pule payung tidak jauh berbeda dari wisata kulon progo lainya yang berada di perbukitan. Setiap wisata memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan.seperti di bawah ini:

Jembatan Surga

Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam
Spot Foto Jembatan (Image Source: Travelpromo)
Spot foto yang satu ini sangat cocok bagi anda yang berkunjung bersama pasangan maupun teman. Latar belakang spot foto ini beruapa pemandangan waduk sermo yang sangat cantik, spot foto jembatan surga bisa menampung 20 orang lebih.

Kursi Langit

Spot foto yang satu berbeda dengan yang lainya, unsur seni muncul dari spot foto kursi langit. Kursi ini tergantung di udara dengan beberapa pengaman yang saling menghubungkan. Untuk mencoba wahana ini wisatawan tidap perlu khawatir, pasalnya sudah di sediakan pengaman yang safety.

Sky Swing / Ayunan Langit

Wisatawan yang mencoba ayunan langit dapat merasakan sensasi berada di udara dengan ayunan. Bagi anda yang takut dengan ketinggian tidak perlu panik, karena sudah di sediakan pengaman yang sangat safety. Wisatawan yang mencoba ini akan di kenakan biaya sebesar Rp20.000 per orang.

Flying Fox

Wahana yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kegiatan outdoor. Sensasi flying fox yang berada di ketinggian pule payung yang lumayan menjadi daya tarik tersendiri. Wahana yang satu ini menjadi primadona karena memiliki pemandangan dan spot fotonya yang sangat bagus.

Spot Angkasa

Masih sama dengan spot-spot yang lain, Spot Angkasa merupakan salah satu spot dengan pemandangan alamnya. Hal unik dari spot ini adalah cafe angkasa kulon progo adalah terdapat sofa dan kursi menyerupai ruang tamu. Anda dapat mencoba spot ini sambil membeli makanan ringan yang tersedia. Tentu menjadi wisata yang sangat menenagkan.

Cafe Pule Payung

Wisata ini juga menjajakan makanan khas kulon progo dan aneka makanan kecil lainya. Pengunjung dapat menjumpainya di Cafe Pule Payung yang berada di sebelah wisata.

Foto-Foto Pule Payung

Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam
Cafe Pule Payung (Image Source: wisataka)

Wisata Alam Pule Payung Kulon Progo, Wisata Pemandangan Alam
Spot Foto Pule Payung (Image Source: ngetripyuk)

Wisata Dekat Pule Payung

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru merupakan salah satu wista yang menyuguhkan pemandangan alam dan waduk sermo. Wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, apalagi saat musim liburan. Hal itu wajar karena wisata ini memliki banyak spot foto yang Instagramable yang diminati oleh kalangan anak muda.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo menjadi salah satu wisata kebun teh kulon progo satu-satunya. Saat berada di kebun teh, wisatawan akan merasakan suasana yang sangat asri. Wisatawan juga dapat mempelajari secara langsung pada petani tentang cara memetik pohon teh dengan benar.

Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut merupakan salah satu wisata air terjun jogja yang cukup terkenal. Hal ini lumrah terjadi karena objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah serta kesegaran air alami yang berasal dari pegunungan menoreh. Saat musim kemarau, air memiliki warna tosca sedangkan saat musim hujan air relatif berwarna kecoklatan.

Canting Mas Puncak Dipowono

Canting Mas Puncak Dipowono merupakan salah satu wisata kulon progo yang berada di ketinggian. Dahulu tempat ini hanyalah kawasan camping biasa yang sering digunakan oleh pengunjung yang ingin camping. Namun seiring berkembangya zaman, tempat ini disulap menjadi salah satu wisiata yang banyak memikat para wisatawan.

Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam pule payung kulon progo. Bagi anda yang menginginkan refrensi tempat wisata kulon progo lainya bisa mengunjungi website kami. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. Selamat berlibur.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.