Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo Terbaru 2019



Wisata alam Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan salah satu wisata favorit di Kabupaten Kulon Progo. Hutan mangrove sendiri adalah wisata yang berada di daerah rawa-rawa dekat pantai trisik. Di sana anda dapat melihat kreasi yang di buat oleh masyarakat sekitar, terutama property-propertinya, menurut warga yang mengelola hutan mangrove property itu sengaja di buat dengan bahan alami seperti kayu, bambu, dan barang alami lainya. 

Wisata alam hutan Mangrove sendiri lokasi hutan mangrove di ujung barat sisi selatan kabupaten Kulon Progo,tepatnya di desa Jangkaran, kecamatan Temon. Lokasinya hampir dekat dengan perbatasan dengan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

Kawasan wisata hutan mangrove ini masih satu kawasan dengan Pantai Congot, lokasi hutan mangrove ini memanjang mulai dari muara sebelah barat Sungai Bogowonto ke arah barat, sementara Pantai Congot sengot sendiri berada di sebelah timur Sungai Bogowonto.

Pengembangan destinasi wisata hutan mangrove ini dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan swadaya mereka Bersama-sama,Untuk saat ini wisata hutan mangroce memiliki objek spot foto di antaranya adalah di, yaitu Kadilangu, Jembatan Api-Api, Ngudilestari, dan juga Wanatirta. Masing-masing lokasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing dan daya Tarik tersendiri. Di lokasi Jembatan Api-Api misalnya, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekaligus menyeberangi jembatan besar yang terbuat dari kayu dan bambu. Lokasi spot Jembatan Api Api inilah yang merupakan ikon yang paling hits, Untuk tarif masuknya juga tidak menjasi satu sekaligus namun berbeda-beda setiap sopt lokasi tersebut, hal ini dikarenakan pengelolanya juga berbeda-beda dan dana pembangunan spot lokasi tersebut juga swadaya dari masyarakat sekitar atau yang biasa di sebut pokdarwis.


Rute Menuju Hutan Mangrove dari Pusat Kota Yogyakarta:

Dari Yogyakarta, para wisatawan dapat melewati jalan Raya Wates-Purworejo dengan mengikuti petuntuk arah menuju Pantai Congot. Sesampai di jalan Raya Deandles, para pengunjung masih harus terus ke barat hingga melalui jembatan Sungai Bogowonto. Sekitar 100m dari jembatan tersebut, nanti ada petunjuk belok ke kiri masuk ke arah selatan menuju lokasi kawasan area wisata hutan mangrove ini.


Harga Tiket Masuk:


    Untuk biaya masuk hutan mangrove yaitu antara Rp3.000 sampai Rp 4.000 per orang dan per spot lokasi (ada 4 spot lokasi yaitu: Kadilangu, Jembatan Api-Api, Ngudilestari, dan Wanatirta) karena pengelolanya berbeda-beda Untuk sewa kapal keliling hutan mangrove mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000 per orang.  Kemudian Rp 2.000 untuk parkir motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Fasilitas Hutan Mangrove:


   Meski terbilang wisata yang palinghits, sejumlah fasilitas sudah tersedia di kawasan wisata hutan mangrove ini seperti spot-spot foto, sewa perahu untuk keliling kawasan hutan mangrove, kamar mandi, mushola, area parkir (baik roda dua maupun roda empat), dan warung-warung makan atau lapak penjual makanan dengan bangunan semi permanen sudah nampak banyak berdiri disekitar lokasi wisata hutan mangrove ini.di sini juga telah di bangun beberapa gazebo untuk para pengunjung yang ingin beristirahat.

  • Tempat parkir
  • Gazebo 
  • Toilet WC
  • Musola
  • Panggung Teater
  • Peta Goa Kiskendo
  • Tempat Main
  • Warung


Berikut ini Foto Wisata Hutang Mangrove Kulon Progo:

Pict:djawaniblospot.com

Pict:raunmulu.com
 
Pict:jogjaspace.com
Pict:gudeg.net
Pict:starjogja.com