Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Alam Sungai Mudal:Harga Tiket, Fasilitas dan Rute

Menikmati Wisata Alam Sungai Mudal Kulon Progo




Wisata Alam Sungai Mudal Kulon Progo Sungai mudal merupakan salah satu wisata yang berada di daerah Kulon Progo. Dahulu masyarakat di sekitar sungai mudal membuat inisiatif untuk melestarikan alam sekitar sungai mudal. Saat itu masyarakat membuat wisata Sungai Mudal Kulon Progo. Sungai Mudal sendiri adalah ssalah satu wisata alam yang menyuguhkan wisata aliran sungai yang masih alami dari perbukitan menoreh.

      Jika kalian mengunjungi sungai mudal pada saat musim kemarau kalian akan melihat warna air sungai mudal yang berwarna biru, warna tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Jika kalian sudah sampai di wisata tersebut para pengunjung dapat melihat pepohonan dan tumbuhan yang masih alami di sekitaran sungai. Para wisatawan yang memiliki hobi menjelajah alam pasti akan merasa senang jika mengunjungi wisata sungai mudal yang satu ini.

      Lokasi pemandian sungai mudal sendiri terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama pemandian yang paling bawah yang paling dekat dengan jalan masuk. para pengunjung dapat mandi di sana yang kedalamanya sekitar 1 meter – 2 meter, selain itu di pemandian yang pertama para pengunjung juga dapat menyewa beberapa peralatan renang mulai dari ban renang, pelampung dan lain-lain.

     Bagian ke 2 pemandian yang berada di tenggah, pemandian yang di tengah merupakan pemandian yang paling banyak di kunjungi , karena tempat yang begitu luas dan di sekitaran pemandian terdapat pepohonan dan tumbuhan yang menambah rasa kealamianya. selain itu di pemandian yang kedua para pengunjung juga dapat menyewa beberapa peralatan renang mulai dari ban renang, pelampung dan lain-lain.

  Pemandian yang ke 3 adalah pemandian yang berada di paling atas, kalian dapat menikmati air yang masih sangat alami. Jika anda mandi di pemandian ke 3 anda juga dapat terapi ikan di sana, dan juga terdapat air terjun kecil di pemandian tersebut.


Rute Menuju Pule Payung dari Pusat Kota Yogyakarta:


      Jika anda pernah menggunjungi kalibiru lokasinya tidak jauh dari wisata tersebut. Lokasi tepatnya sungai mudal berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kalian pernah mengunjungi kedung pedut, jalan menuju sungai mudal satu arah dengan kedung pedut.

     Untuk menuju wisata Sungai mudal kalian dapat langsung menuju ke jalan Godean, ambil jalan lurus ke barat samapi kalian menemukan wisata Goa Kiskendo. Sesampainya di sana kalian ambil arah menuju sungai mudal/ Air Terjun Kembang soka, jika kalian masih binggung saya sarankan menggunakan aplikasi goggle maps untuk mempermudah jalan menuju wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk:


    Untuk dapat menikmati wisata Alam Sungai Mudal anda di kenakan biaya masuk Rp 6000 / Orang, cukup murah untuk wisata yang cukup bagus seperti pule payung. Sementara itu untuk parkir motor juga cukup murah yaitu sekitar 2000 rupiah/ motor, jika teman-teman menggunakan mobil biaya parkirnya sekitar 3000 – 5000 rupiah saja.

Fasilitas Sungai Mudal:

     Fasilitas yang berada di Sungai Mudal cukup memuasakan, pasalnya para penggunjung dapat menikmati pemandangan di Sungai Mudal  dengan gazebo yang telah di sediakan oleh masyarakat sekitar. Jika kalian ingin buang air kecil/besar sudah di sediakan kamar mandi yang sangat bersih dan nyaman. Di sana juga terdapat beberapa warung-warung kecil untuk sekedar membeli jajan dan minuman.


Jika kalian ingin ngecamp di sungai mudal juga telah di sediakan untuk ngecamp di sana. Di sana juga terdapat beberapa wahana outdor lainya seperti flyfox dan wahanan tantangan lainya.

  • Toilet
  • Warung
  • Tempat Parkir
  • Papan Informasi
  • Ruang Ganti
  • Kegiatan Outdor


Berikut ini Foto Wisata Sungai Mudal Kulon Progo:

Pict:eksotisjojga.com


Pict:tripadvisor.com
Pict:Seputarwisata.com
Pict:kartensia.com