Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Sungai Mudal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Taman Sungai Mudal Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00-16.00 No. Telepon: - Alamat: Banyuganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55674.

Taman Sungai Mudal – Kulon Progo adalah daerah yang menyimpan banyak sekali tempat wisata terutama wisata alam. Salah satu tempat wisata kulon progo yang tak pernah sepi oleh wisatawan adalah Ekowisata Sungai Mudal.

Mudal sendiri adalah sebuah nama untuk air yang mengalir dari mulut goa yang berada di Girimulyo. Di namakan Mudal karena mata air ini hampir mengalir setiap tahun sampai menyekupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

Taman Sungai Mudal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Wisata Sungai Mudal (Image Source: Instagram)

Aliran mata air yang meluap juga membentuk sungai melewati beberapa air terjun serupa, kemudian sampai di Air Terjun Kembang Soka yang berada di bawahnya. Saat itu masyarakat membuat wisata Sungai Mudal Kulon Progo. 

Baca Juga: 48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits 2021

Lokasi Sungai Mudal

Alamati Sungai Mudal berada di Dusun Banyugantu, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Rute Menuju Sungai Mudal

Jika anda pernah menggunjungi kalibiru lokasinya tidak jauh dari wisata tersebut. Wisata alam kulon progo ini masih satu arah dengan kedung pedut. Untuk menuju wisata Sungai mudal kalian dapat langsung menuju ke Jl. Godean, kemudian jalan lurus ke barat samapi kalian menemukan wisata Goa Kiskendo. 

Sesampainya di sana kamu bisa mengambil arah menuju sungai mudal atau Air Terjun Kembang Soka. Jika masih binggung menemukan lokasinya dapat menggunakan bantuan  Goggle Maps.
Baca Juga: Puncak Suroloyo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

 Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Wisatawan yang akan memasuki tempat wisata alam yang satu ini akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah, yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya sewa pelampung maupun ban.

TIKET MASUK SUNGAI MUDAL
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Sewa Pelampung Rp 10.000

NB: Ekowisata Sungai Mudal buka setiap hari Senin sampai Minggu pada jam 08.30-16.00 WIB.

Fasilitas Sungai Mudal

Beribara tentang fasilitas, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup memuaskan.  Para penggunjung dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pihak pengelola. Beberapa fasiltias yang ada diantaranya sebagai berikut:
  • Toilet
  • Warung
  • Tempat Parkir
  • Papan Informasi
  • Ruang Ganti
  • Kegiatan Outdor

Daya Tarik Sungai Mudal

Keindahan Sungai

Taman Sungai Mudal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Air Terjun Sungai Mudal (Image Source: Instagram)
Tempat wisata alam kulon progo ini memiliki keindahan yang mempesona dengan air terjun yang bertingkat. Air terjun tersebut mengaliri ke sungai dan kolam yang berada di bawahnya. Kedalaman sungai mudalb berkisar 1 sampai 2 meter.

Pepohonan yang berada di sekitar taman membuat kesan alami saat tiba di lokasi. Keberadaan cuitan burung yang berkicau dan suara serangga membuat seolah-olah anda sedang berada di tempat yang masih alami.

Keindahan Air Terjun

Taman Sungai Mudal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Sungai Mudal Kembang Soka (Image Source: Instagram)
Hampir semua bagian dari kolam airnya memiliki bentuk yang berundak-undah, ada yang dibawah dan diatas. Untuk mencapai kolam renang yang paling tinggi wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan yang terbuat dari kayu yang cantik.

Selain itu, jembatan tersebut juga sering digunakan sebagai spot foto oleh wisatawan yang melewatinya. Ditepi kolam juga terdapat bambu yang dapat pengunjung gunakan sebagai pijakan ataupun tempat untuk duduk.

Wahana Permainan

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang masih alami, wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati beberap wahana lain seperti flying fox. Wisatawan yang mencoba wahana ini akan diajak melewati aliran sungai yang begitu cantik.

Saat pertama kali mencobanya pasti akan terasa menegangkan, namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan pepohohonan yang cantik dan aliran air yang jernih.

Wisata Dekat Sungai Mudal

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka merupakan wisata air terjun kulon progo yang memiliki panorama air yang berwarna hijau tosca. Tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi ketika sedang berada di Kulon Progo, terutama pegunungan Menoreh.

Alamat Air Terjun Kembang Soka berada di Banugantu, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut memiliki keunikan air terjun tersendiri, dimana airnya bersumber dari dalam bumi seolah-olah tidak pernah habis. Wisatawan akan merasakan kesegaran air alami dengan udara yang sangat sejuk.

Alamat Air Terjun Kedung Pedut berada di Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Sekian artikel dari yanacircle.com tentang destinasi wisata kulon progo taman sungai mudal.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.