Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo, Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas.

Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut - Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata yang paling favorit di Kulon Progo. Untuk menuju lokasi air terjun wisatawan harus berjalan terlebih dahulu melewati jalur perbukitan. Selama melakukan perjalanan menuju lokasi wistawan akan di suguhkan pemandangan yang cukup cantik berupa hutan yang masih asri dan menenangkan.

Wisatawan yang mengunjungi kedung pedut kulon progo pada saat musim kemarau dapat melihat air yang berwarnha hijau kebiruan, akan tetapi jika anda mengunjungi kedung pedut pada saat musim hujan, warna air akan sedikit coklat kekuruhan. Lebih baik anda mengunjungi saat pergantian musim kemarau ke hujan.

Banyaknya pengunjung yang terpesona dengan keindahan warna air kedung pedut. Salah satunya adalah penampakan warna biru kehijuan dengan warna jernih air, di lokasi tersebut juga terdapat sebuah kolam mandi alami atau yang biasa di sebut dengan Kedung yang cukup besar menambah daya tarik wisatawan local maupun asing.
  
Di kedung pedut ini para pengunjung di perbolehkan untuk turun meninkmati segarnya air pegunungan kolam alami. Selain menikmati sejuknya kolam alami ini, kita juga dapat menjelajah di area sekitar kedung pedut, dengan menulusri beberapa jalan setapak yang di buat oleh masyarakat sekitar. Ada beberapa spot foto yang menarik untuk menikmati keindahan alamnya serta untuk mengabdikan foto.


Wisata Air terjun Kedung Pedut Kulon Progo, Harga Tiket, Lokasi dan Fasilitas.
Wisata Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut berada di sebelah barat jogja tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Wisatawan dapat mudah untuk mengunjungi wisata ini, anda juga bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil. Lokasi Kedung Pedut berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

              

Rute Menuju Kedung Pedut

Lewat Jalan Godean lurus ke barat – Jembatan Sungai Progo – perempatan Lampu Merah – Ambil arah goa kiskendo – pertigaan Goa Kiskendo – Ambil arah kiri – Pertigaan Grojogan sungai mudal ambil arah kiri – Pertigaan air terjun kembang soka ambil Kiri
Untuk menuju ke Kedung Pedut sangat mudah.

Dari kota jogja langsung menuju ke jalan godean. perjalanan di lanjutkan menuju arah kecamatan nanggulan. sampai di kecamatan nanggulan masih lurus naik ke pegunungan menuju ke arah goa kiskenda, setelah goa ambil kiri. sekitar 5 kilometer. dikiri jalan para wisatawan akan melihat papan petunjuk arah menuju ke kedung pedut.

Sebelum sampai di daerah curug Kedung Pedut, pengunjung akan melewati beberapa destinasi wisata seperti, gunung lanang, lalu goa kiskenda dan goa seplawan. Di pinggir jalan akan banyak menemui papan petunjuk menuju ke wisata-wisata yang baru di rintis oleh warga sekitar. 

Perjuangan belum sampai disitu, setelah sampai di parkiran, pengunjung harus berjalan menuju ke tengah hutan sekitar 20 menit, dengan kondisi jalan masih sangat alami dan memang sengaja belum di bangun untuk menjaga keasrian dan kealamian kedung pedut. Tentu nya hal semacam itu akan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung.

Fasilitas Wisata Kedung Pedut

  • Tempat Parkir, kedung Pedeut mempunyai lahan parkir yang cukup luas. untuk biaya parkir kedung pedut sendiri cukup murah yaitu 5 ribu untuk kendaraan roda empat dan 2 ribu untuk kendaraan roda 2.
  • Gazebo, selain tempat yang luas pengelola kedung pedut sendiri juga menyediakan tempat istirahat berupa gazebo kecil yang dapat digunakan sekitar 4 - 6 orang.
  • Kamar Mandi, Selain wisata yang bagus dan terawat pengelola kedung pedut juga menyediakan kamar mandi untuk para wisatawan, kondisi kamar mandi sendiri sangat bersih.
  • Warung Makan, Jika anda sedang berwisata di kedung pedut anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa bekal makan ataupun belum sarapan, karena disana telah disediakan warung makan yang bersih, rapi dan tentunya harganya sangat terjangkau.
  • Penyewaan, di Kedung pedut sendiri juga terdapat alat penyewaan berupa pelampung untuk anak-anak maupun ban untuk berenang. untuk harga penyewaan cukup terjangkau sekitar 5 ribu sampai 10 ribu.

Harga Tiket Kedung Pedut

Untuk menikmati wisata kedung pedut, wisatawan akan di kenakan harga tiket masuk kedung pedut sebesar Rp3000,- / orang. Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir Rp2000,- dan Rp5000,- untuk parkir mobil.

Bagi wisatawan yang akan menikmati kedung pedut, harap membuang sampah pada tempatnya. Selain menjaga lingkungan supaya bersih anda juga sudah berpartisipasi dalam menjaga aliran sungai supaya tetap bebas dari sampah.
  • Harga Tiket Masuk Rp3000,- / orang.
  • Parkir Mobil Rp5000,- / mobil.
  • Parkir Motor Rp2000,- / motor.

Daya Tarik Kedung Pedut

Wisata Kedung Pedut memiliki air dua warna sekaligus yang sangat cantik dan eksotis. Perpaduan antara warna hijau dan biru toska membuat wisatawan sangat tertarik untuk mengunjungi wisata yang satu ini. Menurut penelitian, warna biru toska terjadi akibat pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan bebatuan dari Pegunungan sekitar.

Tidak hanya itu saja yang dapat wisatawan nikmati, wisatawan juga dapat mencoba berbagai kegiatan yang berada di kedung pedut mulai dari papan seluncur kayu, taman bermain pancuran bambu dan masih banyak lagi yang bisa anda coba. Selain itu suasana yang berada di pegunungan membuat udara menjadi sejuk dan membuat wisatawan betah berlama-lama di wisata ini.

Air yang berada di kedung pedut berasal dari salah satu wisata yang cukup terkenal juga yaitu wisata alam sungai mudal. Secara keseluruhan terdapat 5 mata air sekaligus yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak dan Kedung Merang.

Wisata Dekat Kedung Pedut

Informasi:

Jam Buka Wisata Alam Kedung Pedut:
  •  08.00 Pagi - 06.00 Malam
  •  Kedalaman Kedung Pedut 1-3 Meter