Cara Mencuci dan Merawat Jaket Dengan Benar, Supaya tidak Cepat Rusak


Pasti sahabat yanacircle binggung ketika mempunyai jaket yang masih baru, binggung cara mencuci nya bahkan cara merawat jaket tersebut. apalagi jaket kalian adalah jaket dengan brand yang cukup mahal. pasti membuat sobat menjadi was-was jika jaket tersebut rusak.

Jaket merupakan pakaian terpenting ketika mau berpergian maupun ketika kedinginan. banyak masyarakat indonesia yang mengunakan jaket, jaket sendiri memiliki banyak macam mulai dari jaket Kulit, jaket Outdoor, jaket Denim, jaket Hoddie dan jaket lainya. setiap jaket memiliki perawatan dan penyucian dengan cara masing-masing. 

Berikut ini cara Mencuci Jaket dan Perawatannya dengan benar:


1. Jangan Mencuci terlalu Keras.

Jika kalian mempunyai jaket jenis apapun kecuali jaket gunung, pastikan anda tidak mencucinya terlalu keras.sebab jika anda mencuci menggunakan sikat ,dapat merusak dasar warna jaket anda. akan tetapi jika anda mempunyai jaket gunung, menyikatnya harus di lakukan secara perlahan-lahan, karena jika terlalu keras warna dasar jaket dan jahitan jaket bisa ikut tersikat . akan tetapi jika jaket anda sedikit kotor menyikatlah dengan sedikit keras, supaya kotoran seperti debu dan kotoran lainya ikut terangkat.

2.Jangan Menjemur langsung di bawah terik matahari.

Jika kalian mempunyai jaket yang lama kering ketika di jemur , jangan langsung di jemur di bawah terik matahari. Biasanya cara ini di lakukan ketika anda tergesa-gesa sedangkan jaket itu sendiri belum kering. Penjemuran jaket secara langsung di bawah terik sinar matahari dapat membuat warna jaket menjadi rusak, istilah jawanya kobong. Jaket yang sering di jemur di bawah terik sinar matahari biasanya warnanya agak sedikit memudar dan kemerah-merahan.

3.Jangan Di Simpan di Tempat yang Lembab.

Yang satu ini harus di perhatikan, penyimpanan jaket pada tempat yang lembab bisa merusak jaket. suhu lembab sendiri suhu yang sedikit berair dan sedikit panas. apalagi jaket yang berwarna cerah seperti, putih, kuning, dan warna cerah lainya. jika anda menyimpan jaket pada tempat yang lembab dapat memunculkan telur berudu. jika jaket anda terkena telur itu maka jaket anda terdapat titik-titik seperti bekas coretan.

4.Jangan Menyetrika dengan suhu panas.

Banyak orang yang beranggapan menyertika jaket dengan suhu panas dapat membuat jaket lebih bagus. tetapi prinsip itu adalah salah, menyetrika jaket dengan suhu panas justru dapat membuat warna jaket rusak. lapisan dasar jaket juga dapat berubah menyadi kering dan akibat fatalnya jaket itu sendiri bisa gampang sobek.

5. Hindari Tempat yang banyak Anak-Anak.

Menyimpan jaket di tempat yang mudah di jangkau anak-anak merupakan kesalahan besar. anak-anak selalu penasaran dengan hal-hal yang baru, misalnya jaket. jika anda menyimpan jaket kesayangan anda di tempat yang banyak anak-anak, bisa jadi jaket itu di ambil dan digunakan mainan.

Cara Merawat Jaket dengan Benar:


1.Jika Jaket masih Bau Toko.

  • Rendam jaket kedalam air yang sudah di campur detergen , dan rendam jaket itu sekitar 10-15 menit saja.pastikan anda menggunakan air dingin itu merendam itu, jika menggunakan air hangat/ panas, kemungkinan warna bisa memudar.
  • Angkat jaket lalu sikat, pastikan anda menyikatnya dengan terliti dan satu arah, mengapa harus satu arah? supaya benang jaket tidak tertarik atau rusak.
  • jika sudah di lakukan semuanya, jemur jaket di udara yang biasa saja , jangan jemur langsung di bawah sinar matahari.

2.Cara Menjemur Jaket.

  • Jika kalian ingin menjemur jaket, usahakan menggunakan hanger. supaya bentuk jaket seperti aslinya.
  • Jangan menjemur jaket di bawah terik sinar matahari langsung, supaya warna tetap bagus dan tidak memudar. cukup jemur di tempat yang terbuka.

3.Cara menyetrika Jaket.

  • Jangan menyertika jaket dengan suhu yang terlalu panas, jika anda menggunakan suhu yang panas, bisa jadi warna jaket anda memudar bahkan rusak.
  • Jika anda sudah menyetrika jaket, sebaiknya simpan jaket menggunakan hanger/ gantungan baju lalu masukan ke tempat yang aman seperti lemari.

4.Cara Menyimpan Jaket

  • Simpan jaket di tempat yang aman seperti lemari, jangan di campur dengan pakian lainya.
  • Jangan menaruh jaket di balik pintu, sebab kemungkinan juga terdapat debu dan kotoran lainya.
  • Gantung jaket menggunkan hanger lalu simpan di dalam lemari. supaya jaket aman tambahkan plastik pelindung pakian.







1 Response to "Cara Mencuci dan Merawat Jaket Dengan Benar, Supaya tidak Cepat Rusak"

SUPRAPTO said...

Info yang bermanfaat. Tks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel