Cara Merawat dan Membersihkan Masjid Dengan Benar dan Efesien

Indonesia merupakan negara yang beragam agama, ras,dan budaya. Indonesia sendiri memiliki 17.504 pulau. Indonesia juga memiliki banyak ras dan agama, agama yang berada di indonesia ini terdiri dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghocu.


Islam merupakan agama yang banyak di anut oleh masyarakat indonesia. lebih dari 75 persen penduduk indonesia menganut agama islam.Islam masuk ke Indoensia sendiri pada abad ke 13 Masehi dan teori kedua Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 Masehi yang di bawa oleh pedagang Gujarat dari Persia.

Islam sendiri memiliki tempat sembayang, yaitu masjid. masjid sendiri merupakan tempat ibadah umat islam di seluruh dunia. masjid sendiri di gunakan untuk ibadah seperti, sholat, pengajian dan kegiatan positif lainya.

Mengingat masjid yang sering di gunakan setiap hari, membuat pengelola masjid kewalahan tentang kebersihan masjid sendiri. kerena kebersihan itu sebagian dari iman seperti hadist berikut ini:

Yang Artinya:Agama Islam itu (agama) yang bersih, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan, karena sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih. (HR. Baihaqi)

Oleh sebab itu kita sebagai penerus masjid harus senantiasa merawat masjid, merawat masjid dengan cara membersihkanya ketika kita ada waktu. Berikut ini cara merawat dan  membersihkan masjid dengan benar serta menghindari najis:

1.Membersihkan bagian Langit-Langit Masjid.

Mengapa langit-langit yang di bersihkan dahulu? karena supaya ketika kita membersihkan lantai dan mengepelnya, kotoran yang berada di langit-langit seperti sarang laba-laba dan kotoran yang lain tidak menjatuhi lantai yang sudah di bersihkan dahulu.

  • Berisihkan dengan menggunakan sapu panjang yang sudah di modifikasi dahulu supaya dapat menjangkau kotan yang susah di jangkau
  • Jika langit-langit sudah bersih kita lanjut untuk membersihkan jendela dan pintu masjid. supaya kotoran bisa di sapu sekalian ketika kita mengepel lantai nantinya

2.Menyapu dan Mengepel lantai.

Setelah langit-langit, jendela, pintu sudah di bersihkan kita dapat membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel lantai. langkah-langkah membersihkan lantai dengan benar seperti berikut:
  • Sapu dahulu lantai yang terkena debu dan kotoran. dengan menyapu dari bagian atas lalu kebawah, cara ini lebih efektif karena kotoran bisa tersapu semua. jangan menyapu secara beracak-acak karena kotoran bisa tidak tersapu semuanya
  • Jika kotoran sudah di sapu kita dapat langsung mengepel lantai masjid. cara mengepel dengan benar yaitu mengeoel dari bagian atas lalu ke bawah, cara ini lebih efektif untuk membersihan kotoran yang terdapat di lantai

3.Membersihakan tempat Wundhu dan WC.

Membersihkan tempat wundhu dan wc lebih efektif di mulai dari membersihkan wc dahulu. membersihkan wc dahulu di untamakan, karena jika kita membersihkan tempat wundhu dahulu takutnya kotoran di wc bisa menyebar ke tempat wundhu dan menyebabkan najis, berikut cara membersihkan wc dan tempat wundu yang efektif.
  • Membersihkan WC sebaiknya di lakukan dengan menggunakan sikat dan pembersih lantai, supaya kotoran dan najis dapat hilang.
  • Tutup pintu wc atau toilet ketika membersihkanya, supaya mengantisipasi kotoran yang ada didalam wc ikut keluar dan menyebabkan najis.
  • Menggunakan air yang mengalir, ketika wc sudah di bersihkan bilas menggunakan air yang mengalir supaya kotoran hanyut terbawa air.
  • Setelah sudah selesai semua, kita dapat membersihkan tempat wundu, usahakan ketika membersihkan tempat wundu, anda harus bebas najis ketika dari wc.

4.Membersihkan Halaman Masjid.

Yang paling terakhir adalah membersihkan halaman atau lingkungan masjid, membersihkan halaman masjid dengan menyapu di sekitar halaman masjid ,halaman masjid sendiri di sekitaran parkir jalan masuk dan lingkungan masjid lainya,

Hal ini di lakukan supaya masjid terlihat bersih dan nyaman di pandang orang ketika beribadah, membuat ibadah menjadi lebih khusyuk dan afdol.
Sekian dari kami tentang bagimana cara membersihkkan masjid dengan baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *