Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali, Jawa Tengah

Pendakian gunung merbabu via selo boyalali. Saya mendaki gunung merbabu via Selo Boyolali, Gunung merbabu memiliki ketinggian 3142 Mdpl. Pendakian ini saya bersama teman saya yang bernama Rifky, Yahya, dan Virdya. saya menuju base camp selo pukul 9 dari Yogyakarta, sampai base camp sekitar pukul 12 siang. 

Sebelum membayar simaksi kami sudah daftar online terlebih dahulu. Setelah daftar online kami ber empat di brifieng terlebih dahulu, kami di beri pengetahuan tentang gunung merbabu, baik tentang safanaya dan fauna yang terdapat di gunung Merbabu.

Setelah kami melakukan Simaksi, kami prepare sebelum pendakian. setelah slesai prepare kami langsung daftar ulang di basecamp.pada saat itu kami di beri arahan supaya mematuhi peraturan yang di berikan oleh TNGB.

Setelah selesai barang-barang yang kami bawa lalu di cek, untuk di data barang apa saja yang di bawa supaya saat kita turun nanti kita tidak meninggalkan sampah sepeserpun di mt merbabu.


Base Camp - Pos 1 "Ledokan Malang"


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali


Perjalanan menuju pos 1 membutuhkan waktu sekitar 60 menit - 90 menit tergantung kondisi fisik kalian. Trek menuju pos 1 di dominasi oleh trek yang cukup naik dan jalanan yang sangat berdebu.saya sarankan untuk membawa penutup hidup atau masker.saat menuju pos 1 kalian akan menemukan beberapa monyet di perjalanan menuju pos 1.

Pos 1 - Pos 2 "Pandean"


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali


Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit - 90 menit. Untuk trek menuju pos 2 sama dengan base camp ke pos 1, akan tetapi terdapat beberapa tanjakan yang cukup mengguras tenaga, apalagi jalan yang berdebu membuat tenaga banyak yang terkuras. Selain itu kalian akan melihat monyet liar.

Pos 2 - Pos 3 "Batu Tulis"


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali


Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3  membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan jalan santai. Trek yang di lalui masih berdebu dan didominasi tanjakan.anda dapat mendirikan tenda di pos 3, di pos 3 kalian bisa melihat sunrise yang sangat cantik sekali.

Pos 3 - Pos 4 Sabana 1 "Jemblongan"


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali


Perjalanan dari pos  3 menuju pos 4 membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Kalian harus menyiapkan tenaga kalian di karenakan trek yang di dominasi tanjakan yang sangat curam dan berdebu. saat menuju pos 4 kalian dapat melihat sunrise yang cantik di perjalanan.sabana merbabu akan terlihat disini, di pos 4 kalian dapat mendirikan tenda.

Pos 4 - Pos 5 (Sabana 1 - Sabana 2)


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali
pict:tendainspirasi.com

Perjalanan dari pos  4 menuju pos 5 membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Kalian harus menyiapkan tenaga kalian di karenakan trek yang di dominasi tanjakan yang sangat curam dan berdebu. saat menuju pos 5 kalian dapat melihat sunrise yang cantik di perjalanan. tempat ini tergolong luas kalian dapat mendirikan tenda di pos 5 ini sebelum summit keesokan harinya.

Baca Juga:Pendakian Gunung Penanggunan Via Jolotundho


Pos 5 - Puncak Kentengsongo


Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Boyolali
pict:seputarimba.com

Perjalanan menuju puncak dari pos 5 membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan jalan santai.di pos 5 para pendaki tidak di sarankan untuk mendirikan tenda karena lokasi yang terlalu terbuka. trek menuju puncak ketengsongo  kurang lebih sama dengan pos 4 - menuju pos 5 tidak terlalu beda jauh. merbabu sendiri memiliki ketinggian sekitar 3142 Mdpl.


Info masing - masing Pos:

POS 1
Berasal dari bahasa jawa "Ledokan Malang" yang artinya cekungan yang artinya tidak sejajar dengan lembah. bisa di gunakan untuk beristirahat dan bisa memuat kurang lebih 8 tenda.waktu yang di tempuh dari base camp kurang lebih 1,5 jam

POS 2
Lokasi ini relatif datar, bisa digunakan untuk mendirikan tenda sekitar 25 tenda. waktu yang di tempuh dari pos 1 sekitar 1,5 jam dengan jalan santai, terdapat juga shelter untuk beristirahat.

POS 3
Lokasi ini relatif datar dan terdapat beberapa bebatuan yang berukuran besar, bisa di gunakan untuk camp dengan kapasitas 60 tenda.di sini kalian dapat menemukan tumbuhan edlweiss, waktu yang di tempuh dari pos 2 sekitar 45 menit saja.

POS 4
Terdapat hamparan sabana yang luas. Lokasi ini relatif datar bisa di gunakan untuk mendirikan tenda, dan dapat menampung sekitar 20 tenda, waktu tempuh dari pos 3 sekiar 60 menit, di sini kalian dapat melihat gunung merapi.

POS 5
Terdapat hamparan sabana yang luas. Lokasi ini relatif datar bisa di gunakan untuk mendirikan sekiat 40 tenda.waktu tempuh dari pos 4 sekitar 50 menit.bisa di gunakan camping sebelum menuju puncak.


Estiminasi Waktu:


  1. Base Camp - Pos I : 90 Menit
  2. Pos I - Pos II : 90 Menit
  3. Pos II - Pos III : 45 Menit
  4. Pos III - Pos IV : 60 Menit
  5. Pos IV - Pos V : 45 Menit
  6. Pos V - Puncak : 90 Menit


Tips Mendaki Merbabu Via Selo:

  • Pastikan anda membawa masker atau penutup hidung karena via selo banyak trek yang berdebu.
  • Pastikan anda membawa headlamp masing-masing, jika salah satu dari anggota kalian tidak membawa headlamp sendiri maka akan di suruh menyewa.
  • Pastikan anda membawa 3 Liter air per orang, karena di sana wajib membawa , jika tidak kalian akan di suruh membeli air di warung sekitar basecamp
  • Pastikan jika kalian membawa makanan di masukan ke dalam keril/tas, jika tidak mungkin anda akan kena begal monyet di perjalanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel