8 Tips Melakukan Pendakian Ketika Musim Hujan, Wajib Kalian Patuhi!

Naik gunung merupakan hobi yang sangat di sukai banyak orang. naik gunung zaman sekarang tak mandang usia, banyak dikalangan pendaki yang memiliki usia tua dan muda, ada juga yang baru memiliki bayi yang masih kecil juga diajak naik gunung.

Jika dilihat dari iklimnya indonesia sendiri musim hujan dimulai dari bulan november - April. pada bulan tersebut bukan bulan yang terbaik untuk melakukan pendakian gunung, pada saat bulan itu juga resiko kecelakan ketika mendaki gunung cukup tinggi.

Medan yang licin dan kontur tanah yang basah menjadi kendala utama, disitu kita akan kesusahan ketika melakukan pendakian, kurangnya informasi dan pengalaman menjadi kendala utama ketika melakukan pendakian.

Selain faktor utama keselamatan ketika mendaki pada saat musim hujan, sobatyana akan berbagi pengalaman guna meminimalisir pendakian gunung ketika musim hujan, sobat yana akan memberikan beberapa 8 tips ketika melakukan pendakian:


1.Persiapkan Fisik 

fisik menjadi prioritas utama ketika mendaki gunung ketika musim penghujan tiba, jika anda ingin mendaki gunung ketika musim hujan pastikan fisik anda sudah bagus dan siap. Sebab jika kondisi fisik anda lemah dan kurang olahraga, mungkin ketika mendaki gunung saat musim hujan fisik merupakan pondasi pertama agar anda kuat ketika mendaki. Berikut ini cara meningkatkan fisik anda :

  • Melakukan olahraga lari. Melakukan olahraga lari sebelum mendaki gunung saat dianjurkan , karena dengan olahraga lari fisik kita menjadi fit dan bugar. Usahakan anda melakukan olahraga lari seminggu sebelum melakukan pendakian.
  • Peregangan otot. Peregangan otot sangat disarankan ketika anda akan mendaki, dengan peregangan otot tubuh anda akan lebih flexible dan lentur. peregangan berguna jika anda menemui medan yang berat dan belumpur.

2.Pakian Ganti

Saat anda kan mendaki gunung ketika musim hujan tiba anda sebaiknya membawa pakian ganti, Pakian ganti berfungsi ketika baju yang kalian gunakan ketika mendaki gunung basah maka anda harus mengganti pakian tersebut. Dengan itu anda bisa terhindar dari beberbagai penyakit gunung seperti Hipotermia. Hipotermia sendiri terjadi karena baju yang anda gunakan basah dan anda kekurangan tenaga ketika mendaki.

3.Pantau cuaca di sekitar Gunung

Sebelum melakukan pendakian gunung ketika musim hujan, sebaiknya anda harus memantau cuaca sekitiar gunung dengan menggunakan aplikasi yang anda. Pemantuan cuaca ini menjadi pertimbangan tersendiri ketika anda melakukan pendakian. Jika cuaca tidak mendukung untuk melakukan pendakian sebaiknya anda urungkan niat untuk mendaki atau diganti dengan hari lainya.

4.Membawa jas Hujan

Cuaca digunung memang tidak bisa ditebak sedemikian rupa, bisa jadi paginya cerah siang harinya turun hujan, maka dari itu saya sarankan anda harus membawa jas hujan. selain melindungi badan dari guyuran hujan, jas hujan juga berfungsi untuk melindungi badan anda dari binatang kecil seperti pacet dan lain-lain.Selain itu, dalam keadaan tertentu, jas hujan bisa dijadikan tenda Bivak untuk bertedu



5.Wawasan tentang jalur

Sebelum anda melakukan pendakian sebaiknya kamu mempelajari jalur atau track yang akan dilewati nanti. cari lah info tentang trek gunung tersebut.

Hindarilah track berbahaya yang mengandung resiko tinggi atas keselamatan, carilah track yang tergolong tidak berbahaya dan gunung yang terdapat banyak shelternya. Karena hal itu bisa mengurangi resiko atas hal yang tidak diinginkan.


6.Menggunakan Sepatu

Peralatan Wajib Bawa

Perlu diingat, peralatan ini WAJIB BANGET DIBAWA. Apa aja?
  • Sepatu waterproof
    Selain untuk melindungi kaki dari bahaya , sepatu juga tentu biar bisa nginjek becek dengan penuh kebanggaan.
  • Sendal.
    Bisa sendal jepit, sendal gunung, atau sendal biasa. Sendal berfungsi buat pas bikin tenda atau muter-muter nyari ransum ke tetangga
  • Payung.
    Percayalah, ini benda bakalan berguna banget. Gak cuma buat menangkal ujan, tapi bisa buat foto ala-ala
  • Jas ujan.
    Mau yang murahan atau mahalan, bebas. Meskipun udah bawa payung, kamu wajib bawa ini
  • Kanebo.
    Selain berfungsi buat bersih-bersih tenda atau apapun yang basah, kanebo juga lebih cepat mengeringkan badan ketimbang anduk. Enteng lagi.
  • Minuman instan yang menghangatkan.
    Contoh: jahe manis, coklat, dan wedang ronde. Jangan bir, kecuali kamu penguasa jurus mabuk.
menggunakan sepatu ketika melakukan pendakian ketika musim hujan sangat dianjurkan, selain medan yang berlumpur dan becek, menggunakan sepatu juga dapat melindungi kaki dari bahaya. Pakailah sepatu yang kedap air, karena track yang akan kamu hadapi nanti akan dua kali lipat susahnya dibanding mendaki saat musim kemarau.

7.Jangan Melakukan Pendakian Malam Hari

Melakukan pendakian ketika musim hujan pada saat malam hari sangat tidak dianjurkan, mengingat jalur yang susah dilalui akan meningkatkan resiko kecelakaan. Alangkah baiknya anda melakukan pendakian ketika siang hari atau sore hari, jika bisa hindarilah malam hari.


8.Jika Ragu Lebih Baik Putar Balik

Mulailah setiap kegiatan dengan doa, termasuk saat mendaki gunung. Sebagai masyarakat beragama, kita meyakini bahwa segala sesuatu terjadi karena Tuhan, sehingga kita meminta kepada-Nya keselamatan hingga kembali ke rumah. Di samping itu, bila kondisi cuaca maupun track tidak memungkinkan untuk dilalui, sebaiknya berbalik arah turun. Jangan mengikuti ego yang justru dapat mengancam keselamatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel