Pendakian Gunung Sumbing 3371 Mdpl Via Desa Butuh Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jalur Paling Mudah

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung yang berlokasi di Kabupaten Jawa Tengah. gunung yang memiliki ketinggian 3371 Mdpl ini adalah gunung yang bersebelahan dengan gunung Sindoro atau yang biasa di sebut sinsu/sindoro sumbing. gunung Sumbing sendiri memiliki banyak jalur pendakian, mulai dari jalur garung, bowongso, banaran dan kaliangkrik.

Pendakian Gunung Sumbing kali ini saya akan melewati jalur via Kaliangkrik. Jalur kaliangkrik sendiri berlokasi di Desa Butuh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Untuk jalan menuju basecamp kaliangkrik sendiri cukup mudah, patokanya hanya candi borobudur, jalan menuji basecamp kaliangkrik berada di sebelah kanan candi borobudur.

     





Kalian harus mengikuti jalan tersebut lurus kurang lebih 10 kilometer, setelah berjalan kurang lebih 10 km anda akan menemui plakat untuk menuju base camp kaliangkrik. untuk menuju basecamp gunung sumbing via kaliangkrik pastikan kendaraan anda dengan kondisi sehat

Setelah masuk ke arah basecamp kaliangkrik kalian akan melewati perkebunan milik masyarakat sekitar. Anda juga melewati beberapa desa di sekitar jalan tersebut. Saya sarankan untuk mengecek terlebih dahulu kendaraan yang akan dipakai, karena jalan tersebut di dominasi jalan naik terus.

Setelah melewati beberapa perumahan milik masyarakat sekitar kalian akan tiba dibasecamp kalingakrik. untuk lokasi basecamp sendiri berada dipemukiman warga, jika kalian menggunakan sepeda motor kalian dapat menitipkan kendaraan di rumah warga sekitar.

Registrasi/Simaksi

Untuk Simaksi/registrasi kalian akan dikenakan biaya Rp 10000 per orang, jika anda menggunakan sepeda motor kalian akan di kenakan tarif sebesar Rp 5000 per motor. anda juga dapat menyewa motor/ojek warga, tarif yang dikenakan untuk ngojek sekitar Rp 15000 - Rp 25000 per orang.

Setelah melakukan registrasi kalian akan didata oleh petugas basecamp mulai dari bahan makanan dan kelengkapan pendakian. setelah registrasi selesai kalian akan menerima peta pendakian dan beberapa sticker dari base camp.


Simkasi Gunung Sumbing Via Kaliangkrik
Simaksi Gunung Sumbing

Fasilitas Basecamp

Untuk fasilitas basecamp gunung sumbing via kalingkrik setelah di  menurut saya sangat bagus nyaman dan bersih, kalian akan ditempatkan disemacam aula yang sangat bersih. di aula tersebut juga terdapat karpet untuk beristirahat para pendaki.

Selain tempat yang bagus dibasecamp juga terdapat musola disana kalian sudah disediakan perlengkapan beribadah seperti mukena, sarung dan perlengkapan ibadah lainya. untuk kamar mandi di sana juga sudah disediakan, kamar mandi dibasecamp sangat bersih dan nyaman untuk digunakan.

Selain itu di sana juga terdapat beberapa warung milik warga, warung tersebut menyediakan makanan yang cukup murah seperti nasi pecel, magelangan dan makanan lainya. 

Bascemap gunung Sumbing Via Kaliangkrik
Base Camp Sumbing Via Kaliangkrik

Perjalanan Base Camp - Pos 1

 

peta-dan-gps-pendakian-gunung-sumbing-via-kaliangkrik-dusun-butuh-magelang
Peta Gunung Sumbing Via Kaliangrkik
Perjalanan dari base camp sampai pos 1 bisa anda tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam, jika fisik anda kuat kemungkinan lebih cepat. Trek dari base camp menuju pos 1 didominasi oleh trek bebatuan, tetapi tenang trek tersebut juga dilengkapi tangga yang di buat oleh masyarat sekitar.

selain itu kalian akan disuguhkan pemandangan perkebunan milik warga sekitar, warga di sana sangat ramah sekali, jika kalian mendaki saat sore hari jika cuaca cerah kalian akan melihat sunrise disitu, kebetulan saat saya mendaki cuaca sedang cerah - cerah nya, tak lupa kami menggambil foto sambil menikmati sunrise yang sangat indah.



Sunrise Gunung Sumbing
Sunrise Gn.Sumbing
Shelter Pos 1 Sumbing
Pos 1


Perjalanan Pos 1 - Pos 2

Perjalanan menuju pos 2 sendiri membutuhkan waktu kurang lebiih 90 menit itu juga tergantung dengan kondisi fisik kalian, jika fisik kalian bagus pasti bisa di tempuh dengan lebih cepat. setelah anda berjalan kurang lebih 20 menit dari pos 1 kalian akan memasuki hutan vegetasi. kalian harus hati-hati ketika meewati trek ini saat musim hujan, pasalnya trek menjadi sangat licin

Untuk trek dari pos 1 menuju pos 2 kurang lebih sama dengan basecamp dari pos, ada sedikit perbedaan. untuk jalan lebih curam ke atas dan sekelilingnya juga terdapat vegetasi yang masih alami. di pos 2 tidak terdapat warung, tapi disana di sediakan shelter yang cukup luas. jika kalian melakukan pendakian saat musim kemarau pastikan membawa masker, begitupun saat hujan kalian wajib membawa jas hujan.


Info Gunung Sumbing
Trek menuju Pos 2

Info Gunung Sumbing
Pos 2 


Perjalanan Pos 2 - Pos 3

Perjalanan Menuju pos 3 membutuhkan waktu sekitar 50 menit, untuk trek menuju pos 3 sangat mudah trek di dominasi jalan yang landai dan terdapat beberapa mata air di perjalanan. Kalian dapat mengambil mata air diperjalanan menuju pos 3, pos 3 sendiri hanya dapat menampung kurang lebih 10 tenda. 


Perjalanan Pos 3 - Pos 4

Perjalanan menuju pos 4 membutuhkan waktu kurang lebih 60-90 menit. untuk trek menuju pos 4 sama halnya pos 3 tetapi kebanyakan didominasi oleh trek yang agak naik. Pos 4 atau yang biasa Pohon tunggal biasanya digunakan untuk camp, tetapi tidak di sarankan menginggat lokasi yang terlalu terbuka.

Mengapa disebut pos Pohon tunggal, karena disana terdapat satu pohon yang masih berdiri. selain itu pos 4 menjadi pos terakir untuk mendirikan tenda. untuk lokasi pos 4 sendiri hanya mampu menampung tenda kurang lebih 10 - 15 tenda saja 


Trek Gunung Sumbing Via Kaliangrkik
Pict:saktyaganes.wordpress.com

Perjalnan Pos 4 - Puncak

Perjalnan menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit tergantung kekuatan fisik masing - masing. saya sarankan untuk membawa logistik yang cukup untuk summit ini, pasalnya trek yang dilalui cukup berat, kalian harus turun naik bebatuan untuk sampai ke puncak gunung sumbing
 

Untuk menuju puncak kawah membutuhkan waktu sekitar 70 menit. tidak jauh dari lokasi sekitar puncak terdapat sebuah makam entah makam siapa yang berada disana, selain itu lokasi tersebut tercium aroma belerang yang cukup menyegat alangkah baiknya kalian menggunakan masker/penutup hidung. 

 

Total Perjalanan/ Estiminasi Waktu 

 

Total Perjalanan / Estiminasi Waktu:

  1. Base Camp - Pos 1: 90 Menit
  2. Pos 1 - Pos 2: 90 Menit
  3. Pos 2- Pos 3: 60 Menit
  4. Pos 3 - Pos 4 :120 Menit
  5. Pos 4 - Puncak : 90 Menit
Untuk Estiminasi waktu di atas adalah perjalanan santai, jika fisik kalian bagus pastinya bisa sampai lebih cepat, sekian pengalaman saya dari pendakian gunung Sumbing Via Desa Butuh, Kaliangrkik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel