Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Ketika Kakimu Kram saat Mendaki Gunung

Mendaki Merupakan Olahraga yang membutuhkan fisik dan mental (Foto/Pixabay)
Mendaki gunung merpuakan kegiatan yang membutuhkan kekuatan dan tenaga yang kuat. Fisik dan mental harus seimbang. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dasar tentang cara mendaki dengan benar dan cara mengatasi masalah yang muncul saat melakukan pendakian.

Salah satu yang disering dialami oleh para pendaki adalah kram otot. Kram otot pada kaki yang dirasakan pendaki di sebabkan oleh fisik yang kurang prima, cedera dan dehidrasi atau kelelahan karena kaki digunakan untuk berjalan terus.

Baca Juga:Kisah Joe Brown, Pendaki Legendaris

Tapi sadar tidak sobat, salah satu hal yang sering dialami oleh sebagian pendaki ketika melakukan kegiatan pendakian adalah tiba-tiba kram kaki otot. Kram kaki otot sangatlah tidak menyenangkan, untuk menghindari terjadinya kram kaki otot, sebaiknya sobat melakukan latihan fisik terlebih dahulu sebelum mendaki gunung. Berikut 5 Tips Mengatasi Kram Kaki Saat Lagi Di Gunung.

1.Lepaskan Carrier/Tas

Pertama ketika kaku kamu kram, lepas semua beban yang ada dibadan kamu, Termasuk Carrier.Saat kamu mengalami kram saat mendaki gunung alangkah baiknya anda melepas tas/carrier anda. melepas carrier bertujuan untuk menghilangkan pegal-pegal untuk sementara. jika anda melepas tas tubuh akan terasa ringan dan sedikit mengurangi keletihaan saat mendaki.

2.Duduk Perlahan dengan Santai

Duduk perlahan dengan santai dapat mengurangi rasa letih saat kondisi kaki sedang kram. Tidak usah terburu- buru untuk sampai tujuam, duduklah dengan santai, pililhlah tempat yang menurut anda nyaman untuk beristirahat untuk sementara.

3.Luruskan kakimu Dengan Perlahan

Saat anda merasa kaki akan kram sebaiknya anda istirahat terlebih dahulu. Luruskan kaki perlahan dengan pelan-pelan, jika anda sedang meluruskan kaki sebaiknya anda jangan banyak gerak. kondisi ini supaya otot yang berada di kaki dapat rilex.

4.Minum Air Putih

Jika anda sudah mulai keletihan saat mendaki alangkah baiknya untuk istirahat sebentar.Manfaat air putih saat mendaki sangatlah besar, sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi yang masih seringkali kurang mengonsumsi air putih, mulailah ubah kebiasaan dan dapatkan beragam .

Baca Juga:Cara Mencari Sumber Air di Alam Bebas

5.Oleskan Balsem

Jika kondisi badan anda sudah membaik. Aktivitas yang sering dilakukan tak jarang menyebabkan otot seseorang menjadi tegang dan nyeri. 

Akibatnya, aktivitas pun terganggu dan tak akan nyaman jika dipaksakan. Oleh karena itu, banyak produsen yang menciptakan krim pereda nyeri otot guna mengurangi rasa nyeri pada otot Anda selama beraktivitas. Mari cari tahu, krim apa saja yang mampu meredakan nyeri otot Anda.

Sekian tips dari kami tentang mengatasi kaki yang kram saat mendaki gunung.
Kalian wajib melakukan pencegahan , urusan nanti kalau lagi melakukan aktivitas mendaki terkena kram atau tidak, setidaknya kalian sudah mencoba untuk meminimalisir, karena antisipasi lebih bagus.