Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Tips Memilih Carrier atau Tas Gunung yang Baik dan Benar

Indonesia mempunyai sederet gunung untuk didaki, mulai dari gunung yang mudah hingga gunung yang sulit. Meski demikian, tak sedikit para pendaki indonesia yang ingin mendaki gunung dinusantara ini, mulai dari gunung yang terkenal dengan ketinggianya yaitu gunung Semeru maupun dengan keindahaanya seperti gunung Prau.

Mendaki gunung merupakan aktifitas yang penuh tantangan, selain keras juga memberi tantangan resiko dan kesulitan. Dalam melaksanakan aktifitas ini membutuhkan keterampilan, kecerdasan dan kekuatan fisik yang bagus. Kondisi fisik yang bagus kunci keberhasilan dan lebih penting lagi keamanan seluruh kelompok tergantung pada kelemahan atau kekuatan kelompok.


Seperti pentingnya kondisi fisik, sikap mental kita juga dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Kita memerlukan sikap positif, realistis dan kejujuran pada diri kita.sebab ada hakekatnya bahaya dan tentang tersebut adalah untuk menguji kemampuan diri dan untuk bisa menyatu dengan alam dan keberhasilan dalam melewati suatu medan pendakian yang sulit menunjukkan keunggulan dalam melewati rasa takut dan kemenangan terhadap melewati perjuangan diri sendiri.



Puncak, Mendaki, Pendakian, Pendaki

berbicara dengan mendaki tentu juga tak asing dengan peralatan atau equip yang digunakan, jika berbicara dengan alat untuk mendaki tentu juga kalian akan mempertimbangkan untuk membelinya. selain membeli peralatan, kalian juga harus tau tentang perlatan mendaki tersebut, berikut ini tips cara memilih tas Carrier atau tas gunung untuk mendaki gunung yang benar:


1.Ukuran Tas


Ukuran tas jika kalian ingin membeli tas carrier atau tas gunung pastikan ukuran tas sesuai dengan kebutuhan anda. biasanya ukuran tas tergantung dari beberapa lama kita akan mendaki gunung untuk estimniasi hari dan tas yang digunaakan dapat melihat tabel di bawah ini:

Carrier berkapasitas 35-50 liter sudah sangat tepat dan pas untuk melakukan pendakian selama kurang lebih 1 sampai 2 hari .Kapasitas 35-50 liter bisa menampung pakaian, makanan, dan air minum yang cukup untuk 2 hari.

Carrier Berkapasitas 50-80 liter bagus untuk pendakian selama 3-5 hari, sebaiknya Anda memilih carrier yang berkapasitas 50-80 liter. Sudah pasti Anda harus membawa tenda dan perlengkapan penunjang seperti matras, alat masak, sleeping bag, flysheet, dan obat-obatan yang beratnya mungkin mencapai 5-20  kg

2.Bahan Tas

Bahan yang terpenting atau kenyamanan bisa dirasakan oleh penggunanya, terdapat 3 bantalan utama, yaitu bantalan punggung, bantalan pundak, dan bantalan pinggul serta sabuk pinggang. carilah bahan yang mudah menyerap keringat, seperti spon akan tetapi lebih padat, dan lebar area kontak dengan tubuh, ciri tas gunung yang baik adalah, empuk tapi tidak kempes jika di tekan, lebar

Bahan cordura pada awalnya  bahan cordura banyak digunakan pada peralatan militer seperti baju, tas, topi dan sepatu. Bahan yang tipis namun kekuatan lebih tinggi daripada canvas. saat ini juga ada bahan cordura yang tahan terhadap air  sehingga tidak perlu khawatir jika terkena cipratan air. Memang sifat yang anti air atau water resistance ini menjadikan bahan cordura sulit dicuci

Kain Nilon. Bahan nilon sebenarnya bermacam-macam jenisnya dan penamaaanya bergantung pada jenis anyamannya. Bahan nilon memiliki penampakan yang cukup  mengkilap, dan terlihat mencorok. Bahan ini memilki kekuatan yang cukup tinggi namun lemah terhadap panas. Saat terkena panas maka bahan nilon bisa memudar atau leleh

Polyester. Bahan tas yang satu ini terbuat dari benang polyester bisa dibilang sangat terjangkau bila dibandingkan dengan bahan lainnya. Oleh sebab itu  maka pengembangan bahan polyester ini sangat ini sangat beragam dan menghasilkan jenis bahan poly yang menarik. Dari segi kekuatan memang bahan polyester palong buruk tetapi bahan polyster sendiri cukup terjangkau.

3.Sesuaikan Ukuran Punggung / Torso


Tas Berjalan, Tas Gunung, Cara, Gunung, mendaki
Pict:Pixabay
Cara memilih tas gunung atau carrier yang benar bukan berpatokan dengn tinggi badan dan berat badan. lalu bisa disimpulkan menggunakan tas dengan volume tertentu melainkan dengan TORSO, torso sendiri memiliki kepanjangan tulang belakang dari leher (tonjolan yang ada di pangkal leher) sampai susunan tulang belakang yang bertemu pinggul.

dari pengukuran torso kita masing-masing bisa disesuaikan dengan tas yang akan dipilih, sebagian besar produsen tas yang indonesia tidak mencatumkan informasi tentang ukuran torso dari tas tersebut.

4. Jenis Kelamin


Jenis kelamin, jika kalian inggin memilih tas gunung perhatikan dahulu jenis kelaminya. biasanya untuk carrier pria lebih besar dan warna agak sedikit gelap, sedangkan untuk carrier wanita ukuranya lebih kecil dan warna cenderung kelebih cerah.
Pilihlah ransel sesuai dengan jenis kelamin. Untuk wanita, sebaiknya memilih ransel yang berlabel women series. Karena system yang dibuat sudah menyesuaikan dengan bentuk tubuh wanita.

5.Ketahui Fungsi 


Hasil gambar untuk cara memilih tas carrier yang bagus

Tali Pengukur Atas berfungsi sebagai untuk menggantung  carrier. Untuk membuat nyaman sebuah ransel maka harus mempunyai ikatan pengatur tambahan diantara badan ransel dan puncak bantalan bahu.

Tali Dada selain berfungsi sebagai untuk menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya, dan juga membantu sebagai penyeimbang ransel.

Rangka Dalam, Tidak seperti dengan rangka luar, rangka dalam ransel mempunyai fungsi yang lebih baik karena lebih ramping dan makin mendekatkan ransel tersebut dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan.

Bantalan Punggung adalah titik utama sentuhan antara ransel dan punggung anda, oleh karenanya harus nyaman dan mudah untuk diatur. Pilih yang mempunyai bantalan dilumbar dan scapula

Kantong Atas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang paling sering digunakan, seperti kaos tangan, headlamp, makanan dan lain-lain

Pengatur Panjang Punggung pada umumya hamper semua ransel dapat diatur panjang punggung ransel sesuai dengan panjang punggung pemakai. Dengan cara menaikturunkan pengatur yang terbuat dari almunium.

Tali Pinggang Merupakan komponen yang sangat penting yang akan menentukan tingkat kenyamanan anda saat menggendong ransel, karena sebagaian besar berat ransel tersebut akan ditopang oleh tali pinggang yang jatuh tepat pada posisi tonjolan tulang pinggang

6.Cover Bag

Jika anda ingin membeli tas gunung pastikan juga terdapat cover bag atau yang biasa disebut pelindung tas. anda juga dapat membeli dengan terpisah, tetapi akan lebih jika membeli dengan satu harga dan carrier

7.Model Tas

Untuk model tas sendiri kalian dapat menentukan masing-masing sesuai keingginan kalian pililah model yang menurut anda bagus dan enak ketika digunakan.

8.Pilih Merek

Untuk yang terakir pililah merek tas yang menurut anda sukai, jangan milih merek karena gengsi akan merek tertentu, pastikan juga budget anda cukup untuk membeli merek tersebut. alangkah baiknya kita juga mengetahui kebutuhan tas untuk mendaki gunung