Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lokasi, Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo, Menikmati Camping di Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulon Proggo merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Wisata ini  bendungan ini selalu ramai setiap akhir pekan dan musim liburan tiba. Waduk sermo sendiri dibangun pada tahun 1994 sampai 1996 dan di resmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh presiden Soeharto. 

Waduk sermo menyediakan tempat spot foto yang bagus dan berlatar belakang pemandangan waduk sermo. Jika anda berkunjung ke waduk sermo pada saat musim kemarau anda bisa camp di waduk sermo ini. untuk harga untuk masuk wisata waduk sermo cukup murah, kalian akan dikenakan biaya masuk sebesar 3-5 ribu rupiah per orang.


camping di waduk sermo
Pict:doalmyok.com
Waduk sermo kulon progo berlokasi di Sermolor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. kalian dapat mengunjungi dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, jalan menuju waduk sermo sendiri cukup mudah dijangkau.

Waduk sermo juga menjadi spot mancing selain memiliki banyak ikan waduk sermo menjadi tempat paling favorit untuk para pemancing, karena di waduk sermo ini di dominasi oleh ikan nila, tombro, gurameh dan red devil dan lain-lain.
Berada di atas perbukitan menoreh yang berbatasan langsung dengan hutan suaka marga satawa sermo, membuat waduk sermo ini menjadi sangat asri, sebelum memasuki waduk sermo ini kalian akan melihat jalan menuju waduk sermo yang bisanya di gunakaan oleh kaum muda untuk sekedar foto ria dan ada juga yang menggunakan lokasi tersebut untuk foto prewedding.

Tempat unik di Waduk Sermo

Sejak diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996, waduk sermo juga beroprasi menyalurkan air bersih ke area penduduk sekitar, dan beberapa tempat di sana di gunakan untuk irigiasi sawah, wisata air. anda bisa berkeliling waduk sermo menggunakan sampan yang telah yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola, untuk harganya sendiri tergolong masih murah.


Pict:jejakpinik.com
Lokasinya berada di perbukitan yang masih alami, anda juga memanfatkan pinggiran waduk sermo untuk camping, jika anda ingin camping di sana sebaiknya saat musim kemarau, Saat kemarau kalian dapat melihat waduk sermo pada saat air sedang surut di mana pulau-pulau kecil akan bermunculan. Untuk tarif camp di waduk sermo sendiri cukup murah yaitu 5 ribu per orang.
Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati wahana perahu yang bisa disewa dengan biaya terjangkau. Di sekitar Waduk Sermo Kulonprogo banyak lokasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi seperti Gardu Pandang, Spot Foto, Taman, Bukit dan lokasi wisata lainnya.


Pict:dolanyok.com
Bentuk Waduk Sermo Kulon progo dengan jalan aspal yang dibuat mengitari waduk serta terdapat beberapa jembatan membuat wisatawan bisa mendekat ke Waduk dan menyaksikan pemandangan alam sekitar yang terhampar di sana.

Fasilitas Waduk Sermo

Waduk sermo sendiri memiliki beberapa fasilitas antara lain:

Gambar terkait

Campin Ground, anda dapat camping di waduk sermo dengan membayar 10 ribu per/orang, selain itu warga atau masyarakat sekitar juga menyediakan kayu untuk membuat api unggun. jika anda membawa perbekalan seperti makanan sebaiknya anda membuang bungkusnya/di kumpulkan supaya tempat bersih dan nyaman.

Halaman Parkir yang luas, pengelola waduk sermo juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas, selain lahan parkir disana juga terdapat beberapa home stay dan warung, jika anda ingin menginap anda dapat menyewa homestay di sana.

Rute Menuju Waduk Sermo

Waduk Sermo ini berlokasi di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk menuju waduk sermo anda bisa menggunakan goggle map, untuk rute menuju waduk sermo sendiri sekarang cukup mudah, yang dahulunya jalan masih seperti jalan desa sekarang sudah seperti jalan kota yang halus.

Rute menuju waduk sermu paling mudah adalah melalui jalan wates. dari pusat kota jogja ambil arah menuju jalan wates. Ikuti saja jalurnya, setelah sampai di patung kuda ambil kanan ke arah alun-alun. Lalu diteruskan ke arah barat alun-alun menuju arah waduk sermo. Jarak dari pusat kota yogya sampai di waduk sermo sekitar 35 km saja  dengan ekstiminasi waktu sekitar 1 jam untuk sampai di waduk sermo.


Untuk lebih jelasnya kalian dapat menggunakan goggle map untuk menuju waduk sermo