Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waduk Sermo Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Waduk Sermo Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sermo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55653.
Waduk Sermo - Kulon Progo merupakan daerah yang menyimpan banyak sekali wisata alam seperti Kalibiru, Sungai Mudal, dan Pule Payung. Nah salah satu tempat wisata Kulon Progo yang selalu ramai oleh muda-mudi yaitu Bendungan Waduk Sermo.

Tujuan pembangunan waduk sermo adalah untuk mengairir beberapa sistem irigasi seluas 7.152 Ha. Selain itu fungsi waduk sermo sebagai sumber air PDAM untuk kebutuhkan seperti minum, cuci, hingga kebutuhan air lainya.

Waduk Sermo Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Bambu Air Waduk Sermo (Image Source: Dolanyok.com)
Pembangunan waduk sermo ini menghabiskan dana sekitar 22 miliar. Selain untuk irigasi waduk sermo sering di gunakan untuk beberapa event seperti lomba dayung mulai dari kelas nasional hingga internasional pernah di selenggarakan di waduk ini.
Baca Juga: 48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits 2021

Lokasi Waduk Sermo

Alamat Waduk Sermo berada di Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap,  Kulon Progo, Yogyakarta

Rute Menuju Waduk Sermo

Jalan menuju waduk sermo anda bisa menggunakan goggle map, untuk rute menuju waduk sermo sendiri sekarang cukup mudah, yang dahulunya jalan masih seperti jalan desa sekarang sudah seperti jalan kota yang halus.
Rute menuju waduk sermu paling mudah adalah melalui jalan wates. dari pusat kota jogja ambil arah menuju jalan wates. Ikuti saja jalurnya, setelah sampai di patung kuda ambil kanan ke arah alun-alun. Lalu diteruskan ke arah barat alun-alun menuju arah waduk sermo. 
Baca Juga: Sungai Mudal: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Wisatawan yang akan memasuki wisata yang satu ini akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Namun wisatawan yang akan camping akan dikenakan biaya tambahan.

TIKET MASUK WADUK SERMO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Camping Rp 15.000
Sekuter Rp 15.000
NB: Waduk Sermo buka setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam.

Fasilitas Waduk Sermo

Fasilitas yang terdapat di wisata waduk sermo sudah sangat lengkap, Pengunjung dapat menikmati fasilitas yang ada. Waduk sermo sendiri memiliki beberapa fasilitas waduk sermo antara lain:
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Tempat camping
  • Skuter
  • Penyewaan perahu

Daya Tarik Waduk Sermo

Sejarah Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan salah satu waduk yang berada di Kulon Progo. Waduk sermo memiliki luas 157 hektar. Waduk sermo di bangun membendungan beberapa kali seperti Kali Ngrancah yang berada di Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap.

Tujuan pembangunan waduk sermo adalah untuk mengairir beberapa sistem irigasi seluas 7.152 Ha. Selain itu fungsi waduk sermo sebagai sumber air PDAM untuk kebutuhkan seperti minum, cuci, hingga kebutuhan air lainya.

Pembangunan waduk sermo ini menghabiskan dana sekitar 22 miliar. Selain untuk irigasi waduk sermo sering di gunakan untuk beberapa event seperti lomba dayung mulai dari kelas nasional hingga internasional pernah di selenggarakan di waduk ini

Camping Ground

Waduk Sermo Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Camping di Waduk Sermo (Image Source: Instagram)
Tempat ini juga memiliki panorama alam yang indah bak Ranu Kumbolo. Oleh sebab itu, wisatawan juga dapat berkemah di tepi danau. Serunya camping, wisatawan dapat menikmati sejuknya udara pegunungan saat pagi hari.

Namun hal yang perlu kalian ketahui, daratan yang biasa digunakan untuk camping akan muncul saat musim kemarau. Tetapi kamu tidak perlu khawatir sebab saat musim hujan pun beberapa daratan juga dapat digunakan untuk camping.

Spot Foto Instagramable

Waduk Sermo Kulon Progo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Taman Bambu Air Waduk Sermo (Image Source: Instagram)
Bagi kamu yang memiliki hobi foto, tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Perbukitan menoreh yang nampak hijau akan menjadi backfround foto yang sangat indah, apalagi saat kamu datang saat pagi hari.
Tidak cukup sampai itu saja, kamu juga dapat mencoba beberapa spot foto yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Namun kamu akan dikenakan biaya tambahan jika akan mencoba spot foto yang satu ini.

Bermain Sekuter

Sekuter Waduk Sermo (Image Source: Instagram)
Berkeliling waduk sermo menggunakan sepeda motor tentu akan mengasiykan. Kamu juga dapat menyewa sekuter untuk berkeliling waduk dengan lebih santai. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan anak muda, selain seru biasanya juga menggunakan sekuter untuk berfoto.

Wisata Dekat Waduk Sermo

Wisata Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru adalah wisata yang berada di dataran tinggi, wisata ini memiliki pemadangan alam sebagai daya tarik utama untuk menarik wisatawan. Selain itu, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Alamat Kalibiru berada di Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Sungai Mudal

Sungai Mudal merupakan wisata air terjun kulon progo yang memiliki sumber mata air dari sebuah goa yang berada di ujung sungai. Wisatawan ini sangat diminati oleh wisatawan karena memiliki mata air alami yang sangat segar.
Alamat Sungai Mudal berada di Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.
Nah sekian artikel dari yanacircle.com tentang objek wisata kulon progo.
Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.