Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Sibuatan 2457 Mdpl Via Pancur Batu, Puncak Tertinggi di Sumatra Utara

Gunung Sibuatan merupakan salah satu gunung yang bestatus aktif,Gunung Sibuatan memiliki jalur pendakian via pancur. Gunung Sibuatan berada di Sumatra Utara tepatnya di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Gunung Sibuatan sendiri memiliki ketinggian 2457 Mdpl merupakan salah satu gunung tertinggi di Sumatra Utara.

Daerah di sekitar gunung buatan memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan berbeda dengan daerah lainya, curah hujanya sendiri berada di rata-rata 2000 mm per tahunnya, untuk musim hujanya sendiri berada bulan September hingga Desember sedangkan untuk  musim kemarau terjadi pada bulan januari hingga Agustus.

Gunung Sibuatan termasuk gunung yang unik, dikarenakan minimnya informasi mengenai lokasi sesungguhnya, banyak para pendaki yang kesulitan untuk menemukan lokasi Gunung tersebut dan menambah ketertarikan mereka yang ingin menaklukkan puncaknya. Gunung  Buatan ini sendiri jugamemiliki dua puncak  yaitu puncak Timur dan puncak Barat.

Gunung Sibuatan /Pict:Goggle.com

Untuk menuju Gunung Sibuatan kalian harun menaiki angkutan umum dari kota medan menuju kota sidikalang. jika kalian ragu bisa ditanyakan kepada sopir angkutan atau kalian minta sopir untuk turun disimpang Desa Pancur, Batu Merek.Untuk estiminasi waktunya dapat di tempuh kurang lebih 2-3 jam tergantung kondisi jalan.

Registrasi/Simaksi

Jalur pendakian gunung sibuatan via Pancur Batu. Saat ini perizinan pendakian via Pancur Batu dikelola secara mandiri oleh masyarakat/pemuda setempat, Untuk proses perizinan mendaki/simaksi kalian harus menyiapkan kartu identitas antara lain KTP atau Kartu Pelajar kalian tinggal pilih salah satu saja. 
Jika kalian bawa kendaraan roda 2, sudah tersedia tempat parkir yang sangat aman. Terlindungilah dari hujan dan matahari karena berada didalam  ruangan yang sangat luas. untuk keamananya juga bagus karena disana juga terdapat penjaganya.
  • Biaya parkir : 5 k / motor
  • Biaya retribusi/simaksi : 10 k / orang 

Estiminasi Pendakian

Base Camp - Pos 1
Perjalanan dai base camp menuju pos 1, jalur didominasi oleh trek landai dan sedikit menanjak. Vegetasi disekitar jalur perjalnan masih berupa pepohonan rindang dan pakis-pakisan jadinya jalur agak panas dan kering. ketika akan sampai pos 1 kalian akan melewati jalan kecil yang pinggirnya terdapat jurang. jika sudah sampai jalur ini kalian harus lebih waspada dan tetap fokus. 


Pos 1 - Pos 2
Pos 1  juga terdapat sumber air, pos 1 juga menjadi tempat paling tepat untuk istirahat serta mengisi persediaan air, Karena pos 1 adalah sumber air, jika kalian ingin menggambil mata air pastikan setelah mengambil air tempat tersebut juga bersih

Dari pos 1 menuju pos bayangan A, jalur didominasi mulai menanjak tetapi juga terdapat landai selain itu jalur juga sudah mulai lembab, jadinya berlumpur tetapi tidak dalam, dan dikiri kanan berupa hutan rambungan yang vegetasinya sudah mulai rapat.

Pos 2 - Pos Bayangan
Pos Bayangan A menuju Pos Bayangan B, trek didominasi menanjak,di jalan ini vegetasi mulai lebat . jika kalian melihat pemandangan yang berada dipunggung tepi bukit berarti kalian sudah mendekati Pos Bayangan B. 

Pos Bayangan - Puncak
Pos Bayangan B menuju Puncak Timur, jalur didominasi trek menanjak terus dan kiri kanan sudah bisa melihat pemandangan karena berada dipunggung tepi bukit.Untuk lokasi camp di Puncak Timur sudah tersedia ,akan tetapi lokasi camp tersebut hanua mampu menampung 5-8 tenda saja , jika sudah penuh alternatif camp harus menuju shelter 5 via Nagalingga (Area camp).

Informasi/Tips:


Sumber Mata Air:
  • Pintu rimba : didekat pintu rimba ada sumber air seperti parit yang melewati jalan menuju pintu rimba.
  • Untuk sumber mata air juga dapat ditemukan di pos 1 .
  • Selain pos 1 sumber mata air juga terdapat di Puncak timur anda dapat menemukanya ketika musim hujan.
Persiapan :
  • Persiapkan fisik, mental, dan pengetahuan tentang trek .
  • membawa alat yang memadai, jika hujan peralatan seperti flysheet, Mantol harus ada
  • Karena puncak timur yg dijadikan area camp sempit, alangkah baiknya untuk mendirikan tenda dengan bijak. Jangan serakah jika duluan mendirikan tenda dengan semena-mena.
  • Walaupun pemeriksaan tidak ketat, jadilah orang yang berwawasan lingkungan saat berada di alam.