6 Basecamp Resmi Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

Gunung Andong adalah gunung yang memiliki ketinggian 1726 Mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang,Jawa Tengah, namun lebih dekat diakses jalur Salatiga via Kopeng.Gunung andong sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula karena medanya yang mudah dan tidak terlalu sulit serta memiliki 6 basecamp yang dapat kalian pilih.

Jika kalian mendaki Gunung Andong kalian dapat melihat empat puncak . adapun puncak kalian bisa melihat puncak empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo. Juga bisa melihat puncak Gunung lainnya, hanya dengan memutar badan. Termasuk deretan perbukitan yang membentang dan panorama Magelang serta daerah lain.


Gunung Andong. Sumber :UpdateBerita
Selain itu Gunung andong juga memiliki 6 basecamp resmi. 6 Diantaranya adalah Basecamp Sawit, Basecamp Pendem, Basecamp Gogik, Basecamp Temu, Basecamp Kembangan, Basecamp Kudusan. Berikut dibawah sudah saya rangkum dengan jelas beserta alamat masing-masing basecamp

Berikut 6 Basecamp Resmi Gunung Andong:

1.Gunung Andong Via Basecamp Sawit
Jalur menuju Gunung Andong via Basecamp Sawit sangat populer dikalangan pendaki. Selain lokasinya yang mudah ditemui, basecamp Via sawit juga memiliki trek pendakian yang cukup mudah, tak hayal jika setiap akhir pekan basecamp ini selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki.
Jika anda seorang pendaki yang berasal dari wilayah barat kota magelang seperti, Salatiga,Boyolali, Surakarta mungkin jalur alternatif menuju basecamp sawit bisa kalian tempuh mulai dari Terminal Secang, Kemudian anda harus menuju pasar Grabag, selain itu kalian juga dapat membeli perbekalan di pasar grabag ini.
Setelah selesai membeli perbekalan anda bisa melanjutkan pendakian gunung andong melalui Baseamp Via Sawit, jika anda masih binggung anda bisa melihat goggle maps seperti di bawah ini

                                 

Dusun Sawit, RT. 003 / RW. 03, Nongkosawit, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
No Hp:0856-4303-9650

2.Gunung Andong Via Basecamp Pendem

Ada dua rute menuju basecamp pendakian Gunung Andong. Kita dapat lewat Basecamp Sawit atau Basecamp Pendem. Jika ditempuh dari Yogyakarta menuju Magelang, langsung menuju Pasar Ngablak nanti sudah ada gapura pendakian Gunung Andong, tinggal belok ke arah kanan. 

Setelah sampai di pertigaan makam Dusun Kenteng, Anda dapat memilih belok ke kiri atau ke kanan. Jika ke kiri akan meunuju Basecamp Sawit dan ke kanan untuk menuju Basecamp Pendem. Jalur pendakian yang paling ramai adalah via Basecamp Sawit.

                                   


Alamat:Pendem, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194
No:0821-3720-1606

Baca juga: 8 Fakta dan Misteri Gunung Andong

3.Gunung Andong Via Basecamp Gogik

Jika anda melakukan perjalanan dari barat misalnya karanganyar, Ambilah  jalur menuju arah Salatiga, sesampainya di Pasar Sapi, beloklah ke sebelah kanan menuju Kopeng, maka kamu akan sampai di Pasar Ngablak, kamu akan melihat sebuah gapura berwarna biru, ambil jalur sebelah kiri, setelah 500 meter, bertemu pertigaan dusun Kenteng, di sana plang petunjuk arah sudah terlihat, kamu tinggal mengikutinya hingga sampai di basecamp Andong Giri Dwipa.

Jalur Pendakian Andong Via Basecamp Gogik merupakan jalur pendakian paling pendek di antara jalur lainnya, jika anda melewati basecamp gogoik estiminasi pendakian hanya menghabiskan waktu 2-3 jam untuk sampai di puncak gunung Andong. Oleh karenanya, meski memliki jalur yang cukup menanjak, jalur satu ini selalu ramai dikunjungi pendaki
                       


          .

Alamat:Gogik, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194 No:0813-2887-1360


4.Gunung Andong Via Basecamp Kembangan

Sebuah gunung yang terletak di jawa tengah tepatnya di kab Magelang utara sebuah wisata baru yang tak kalah menarik dengan wisata alam  lainya.sangat tepat bagi para pendaki pemula ,karna sampai puncak hanya butuh waktu 2(dua) jam saja .Pendakian tidak terasa capek karna panorama alam yang indah dengan udara pegunungan yang sejuk.

Untuk  pendakian menuju puncak Gunung Andong yang tepat  menarik dan aman melalui sebuah base camp Sekar Arum. Basecamp Sekar Arum sendiri berada  berada di dusun Kembangan desa Ngasinan Kc Grabag. Tersedia 2 (dua) jalur pilihan,jalur mudah dan jalur yang cukup terjal sepanjang jalan menyajikan pesona alam nan eksotis dan melewati sumber mata air bersih.

                             

Alamat:Kembang, Ngasinan, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196

Baca juga: 6 Gunung untuk Pendaki Pemula

5.Gunung Andong Via Basecamp Kudusan


Untuk jalur yang satu ini mungkin terlihat sangat asing bagi para pendaki. jalur ini berada disisi selatan gunung andong. anda dapat melaui basecamp ini untuk menuju gunung andong. untuk treknya kalian akan disuguhkan pemandangan hutan yang masih alami.

Basecamp via Kudusan bisa dikatakan basecamp yang jarag dilalui oleh para pendaki, ada tetapi tidak serami yang berada dibasecamp giri sawit. jalur gunung andong via Kudusan wajib anda coba. selain jalurnya yang masih sepi anda akan ditemui hutan yang masih alami.


                         

Alamat : Kudusan, Tirto, Kec. Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196.

6.Gunung Andong Via Basecamp Temu

Basecamp yang satu ini mungkin sangat asing bagi kalian para pendaki.Basecamp via Temu bisa dikatakan basecamp yang jarang dilalui oleh para pendaki, ada tetapi tidak serami yang berada dibasecamp giri sawit. jalur gunung andong via Temu wajib anda coba. selain jalurnya yang masih sepi anda akan ditemui hutan yang masih alami.

                          

Alamat :Area Sawah/Kebun, Jogoyasan, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194.


Berikut diatas adalah 6 Basecamp Resmi Gunung Andong. untuk sumber informasinya sudah admin tanyakan langsung dengan penggurus Gunung Andong dengan Instagram @infoandong. jika masih ada kesalahan atau info yang kurang valid bisa kalian komentar dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel