6 Gunung yang Direkomendasikan Untuk Para Pendaki Pemula

Mendaki gunung merupakan olahraga dan bisa disebut kegiatan Rekresasi untuk menyalurkan hobi maupun tantangan dan bahaya pada lereng dan jurang dan tersesat hanya untuk mendapatkan view pemandangan yang indah dari puncak gunung. walaupun harus melewati rintangan dan kesulitan ataupun memanjat tebing menjelang puncaknya

selian itu seiring perkembangnya zaman banyak anak dari kota ingin berlibur ke desa. selain ingin mendapatkan suasana yang baru ternyata mereka juga ingin mencoba mendaki gunung. tidak semua orang yang ingin mendaki gunung dengan kondisi fisik yang baik. berikut ini saya rangkum 6 Gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Daftar 6 Gunung yang cocok untuk pendaki pemula:


1.Gunung Andong



Gunung Andong adalah gunung yang memiliki ketinggian 1726 Mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Magelang,Jawa Tengah, namun lebih dekat diakses jalur Salatiga via Kopeng.Gunung andong sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula karena medanya yang mudah dan tidak terlalu sulit.

Jika kalian mendaki Gunung Andong kalian dapat melihat empat puncak . adapun puncak kalian bisa melihat puncak empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo. Juga bisa melihat puncak Gunung lainnya, hanya dengan memutar badan. Termasuk deretan perbukitan yang membentang dan panorama Magelang serta daerah lain.

2.Gunung Prau



Gunung Prau adalah gunung yang menjadi favorit dikalangan para pendaki. gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2565 meter diatas permukaan laut (Mdpl ini terletak diantara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung yang menjadi tujuan para pendaki ini memiliki view yang sangat bagus nan indah. Pada tahun 2016 gunung prau dinonatkan menjadi tempat untuk melihat sunrise terbaik di asia tenggara. Gunung yang sangat fenomenal pada tahun 2014 menjadi gunung favorit dikalangan para pegiat alam.Untuk treknya menuju puncak gunung prau dikategorikan cukup mudah dan cocok unuk kalian pendaki pemula.

3.Gunung Papandayan



Gunung yang bagus untuk pemula adalah Gunung Papandayan. Gunung yang berjenis starto ini terletak di kabupaten Garut,Jawa Barat. Gunung papandayan sendiri memiliki ketinggian sekitar 2665 di atas permukaan laut (mpdl). untuk tempatnya gunung ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara kota bandung tepatnya di Karamat Wangi, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Gunung Papandayan cocok untuk pemula karena memiliki trek yang cukup landai disana kalian dapat menikmati sejuknya udara garut dengan segar. jika kalian menggamati gunung papandayan memiliki beberapa kawah, empat kawah tersebut diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya


4.Gunung Kencana



Gunung Kencana mungkin masih terlalu asing dikalangan pendaki pemula gunung yang memiliki ketinggian 1796 mdpl ini sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula. untuk treknya kalian akan di lalui medan yang mudah-mudah sulit, tetapi tenang trek disini didominasi trek landai.

Gunung kencana ini terletak di  Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gunung Kencana bisa dibilang bukanlah sebuah gunung sesungguhnya.



5.Gunung Penanggungan



Gunung Penanggungan adalah gunung yang masih aktif tetapi dikategorikan aman untuk pendakian. Gunung penanggungan memiliki ketinggian 1653 mpdl dan termasuk gunung yang menjadi favorit dikalangan pendaki pemula. untuk treknya senidiri tergolong masih mudah

Gunung ini berada di antara dua Kabupaten sekaligus, yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Uniknya,konon gunung Penanggungan menyimpan banyak sejarah panjang tentang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan prasasti zaman dahulu berupa candi umat agama Hindu.


6.Gunung Muria



Gunung muria adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah Jawa tengah bagian timur dan termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kudus sisi selatan, sedangkan sisi barat laut perbatasan langsung dengan kabupaten Jepara. gunung muria ini memiliki ketinggian 1.601 meter dari permukaan laut.

Gunung yang satu ini sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula, selain medanya yang tidak begitu berat view gunung muria ini sangat bagus. anda dapat melihat beberapa kota di sekitar jawa tengah dan jawa timur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel