Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Tersesat di Gunung

Gunung, Hiking, Mendaki, Pendaki
Pendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan olahraga dan bisa disebut kegiatan Rekresasi untuk menyalurkan hobi maupun tantangan dan bahaya pada lereng dan jurang dan tersesat hanya untuk mendapatkan view pemandangan yang indah dari puncak gunung. walaupun harus melewati rintangan dan kesulitan ataupun memanjat tebing menjelang puncaknya

Tidak ada pegiat alam atapun pendaki yang ingin mendapatkan hal buruk, contohnya tersesat di hutan yang luas. Meskipun telah mempersiapkan dengan bagus, tetapi kejadian buruk itu tentu bisa saja terjadi kepada kita. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya anda harus mengerti ilmu tentang survival.

1.Sit atau Duduk

Jika kamu sudah merasakan firasat bahwa anda sedang berada di jalan yang salah hal yang harus lakukan pertama yaitu duduk. kenapa duduk? karena dengan duduk kita dapat menenagkan pikiran supaya dapat berpikir dengan jernih. jangan panik dan cobalah untuk tetap rileks bagaimanapun keadaanya, baik saat siang maupun malam hari.

2.Thingking atau Berpikir

Setelah menenangkan diri dengan duduk, cobalah untuk berpikir lagi. Apakah jalan yang barusan anda lewati itu benar-benar salah? dan berapa lama waktu yang anda tempuh ketika berada di jalan yang salah? dan dengan siapa anda tersesat?.

Sekali lagi jagalah pikiran supaya jangan telalu panik. berpikirlah dengan tenang, duduklah sejenak agar otak dapat berpikir dengan jernih dan baik.

3.Observasi Keadaan

Setelah pikiran anda jernih, hal yang harus kalian lakukan ketika tersesat adalah melihat kondisi sekitar, baik jalur maupun medan yang anda lalui serta kondisi logistik, kondisi partner pendakian serta jejak binatang buas jika kalian menemukanya.

Observasi ini bisa menjadi bekal untuk merencanakan apa yang harus kalian lakukan oleh rombongan. jangan tergesa-gesa menggambil keputusan, karena setiap tindakan bisa saja menambah masalah yang ada

4.Planning

Setelah berpikir dan melakukan observasi, coba rencanakan sebuah strategi terbaikmu dengan rombongan kalian. jika memang memungkinkan cobalah untuk melanjutkan perjalan ke bagian atas gunung .

Jalur menuju puncak gunung biasanya lebih mudah ditemukan oleh SAR, karena biasanya daerah tersebut akan semakin sempit sehingga mempermudah pencarian jalur yang benar dan mudah untuk ditemukan. Jika rombongan tidak cukup berani, alangkah baiknya membuat tanda SOS.

5.Jaga Fisik

Fisik adalah hal yang harus anda perhatikan ketika anda sedang tersesat digunung. sebab jika anda tidak menjaga kondisi fisik maka anda akan mudah lelah.Gunakan benda-benda yang berada disekitar kalian seperti bungkus makanan, kertas, sendal jepit untuk ditulisi apapun.

Letakan tanda tersebut yang sekiranya dilalui oleh manusia atau tim penolong.

6.Komusikasi dengan Petugas

Saat anda melakukan Registrasi pendakian kalian akan menyerahkan apa saja yang kalian bawa serta nomer hp kalian. Hal ini sangat penting jika kalian sedang tersesat, barang-barang tersebut bisa mempermudah untuk mencari kalian yang sedang tersesat.