Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Aplikasi Untuk Pendaki Gunung yang Wajib ada di HP Kalian

Mendaki gunung adalah salah satu olahraga yang cukup mengguras tenaga ekstrem. saat ini mendaki sudah digandrumi oleh para generasi milenial. Terlepas dari banyaknya kasus karena kelalain para pendaki, kegiatan ini sangat memerlukan fisik dan persiapan yang matang.

Namun selain bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental, mendaki gunung tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus ada persiapan matang sebelum mendaki gunung agar kalian bisa merasakan manfaat yang diberikan.

setelah kami rangkum dari berbagai sumber, aplikasi di ponsel apa saja yang wajib ada. Kamu perlu install aplikasi ini untuk membantu serta menunjang dalam perjalanan mendaki gunung.

Nah berikut ini terdapat 7 macam aplikasi yang berguna banget digunakan saat kalian mendaki gunung:


1. Weatherbug - Forecast & Radar



Aplikasi, Pendaki, Informasi
Weatherbug - Forest & Radar
Hal yang pertama kali kalian lakukan sebelum melakukan pendakian adalah mengetahui kondisi cuaca yang ada. Jangan sampai kalian mendaki dalam kondisi yang buruk.

karena itu, perlu semacam aplikasi yang dapat kalian download aplikasi pendaki gunung yaitu Weatherbug - Forecast & Radar. aplikasi ini bertujuan untuk dapat mengetahui kondisi cuaca beberapa hari kedepan dengan cukup akurat. selain cuaca diaplikasi ini kalian juga dapat mengetahui kondisi curah hujan, keadaan petir dan kecepatan angin.


2. Mountain Collector


Mountain Collector, Pendaki, Aplikasi
Mountain Collector
Seperti namanya, aplikasi yang satu ini berfungsi untuk memudahkan para pendaki untuk menemukan informasi daftar gunung, lokasi sampai rute gunung yang kamu cari.

dengan menekan 2 kali, kalian dapat melihat semua daftar gunung yang kamu pilih dalam satu peta saja. Kamu dapat mengakses untuk mengetahui informasi gunung tersebut dan mengunduh rute pendakian dari smartphone anda.


3. Peakfinder


Peakfinder, aplikasi, pendaki
Aplikasi Peakfinder
Aplikasi yang bernama Peakfinder ini dapat kalian gunakan ketika akan melakukan pendakian, aplikasi ini berfungsi untuk menemukan ujung puncak suatu gunung. Cukup dengan mengarahkan kamera dan kamu dapat mengetahui nama gunung yang kamu lihat.

Aplikasi ini bisa kalian gunakan dalam keadaan offline, jadi kalian tidak usah cemas atau panik ketika tidak dapat menemukan sinyal, misalnya saat kalian di hutan.


4.Viewranger

Viewranger, aplikasi, pendaki, gunung
Aplikasi Viewranger
Aplikasi yang satu ini cukup populer dikalangan pendaki, Viewranger dapat membantu kalian dengan merencanakkan pendakian, menavigasi perjalanan, merekan dan membagi perjalanan oudtdoor kalian ke sesama pendaki.

Aplikasi ini juga mengklaim dapat menemukan para pendaki yang tersesat digunung karena sistem GPSnya. lebih bagusnya lagi kalian juga dapat menggunakan aplikasi ini denggan keadaan offline.


5.Petolongan Pertama - IFRC



Petolongan Pertama - IFRC
Aplikasi yang satu ini wajib ada di hp kalian. Aplikasi pertolongan pertama merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi kalian yang sering melakukan pendakian. aplikasi ini betujuan untuk mengetahui informasi keaman dan nasihat dari profesional di setiap keadaan darurat. Aplikasi ini berisi vidio, diagram higga kuis interaktif. 


6.Panorama 360 Camera


Panorama 360
Aplikasi ini tidak terlalu berfungsi seperti aplikasi yang lainya, Aplikasi ini dapat membantu kalian untuk sekedar memotret pemandangan dari puncak gunung atau pemandangan sekitar dalam bentuk kamera 360 derajat.

Aplikasi ini akan membantu kalian untuk menangkap setiap pemandangan yang ada disekitar mulai tampak depan, belakang, kanan dan kiri


7.Sky Map



Sky Map
Aplikasi yang terakhir yaitu Sky Map. jika kalian hobi memoret pemandangan luar angkasa, aplikasi ini sangat cocok untuk kalian instal di hp kalian. cukup dengan mengarahlan kamera hape ke arah langit dimalam hari, Sky Map akan menunjukan benda apa saja yang tertangkap oleh hp kalian.