8 Fakta dan Misteri Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah

Yanaricle.com - Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang berada di provinsi Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Gunung yang berbatasan dengan kota salatiga ini memiliki ketinggian 1726 Mdpl

Namun segala, keindahan alamnya, gunung Andong mampu memikat banyak hati para pendaki gunung dan wisatawan alam. Hal ini bisa dibuktikan dengan tingginya volume pengunjung yang setiap tahun meningkat.

Setiap tahunnya, ribuan pendaki datang untuk menjamahi keindahan gunung Andong. Mengapa begitu?, mungkin beberapa fakta dan misteri gunung Andong yang akan segera kamu ketahui di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut ini 8 Fakta dan Misteri Tentang Gunung Andong:


di Foto Oleh :Muh.Luqman Hakim

1.Makam Keramat di Gunung Andong

Padan zaman dahulu, menurut masyarakat sekitar Gunung Andong merupakan tempat yang angker, di sana terdapat aura mistis dan magis. waktu itu tidak ada seorangpun yang berani untuk mendaki atau sekedar mencari kayu di gunung andong

Jika kalian pernah mendaki gunung andong disisi barat sebelum puncak kalian akan melewati sebuah makam kramat. Menurut masyarakat sekitar makam itu adalah tempat peristirahatan seorang ulama yang berna Kyai Abdul Faqih masyarakat sekitar menyebutnya dengan Ki Joko Pekik. Ki Joko Pekik sendiri adalah tokoh yang sangat berwibawa dan sangat di hormati.


2.Penemuan Mayat Perempuan Tanpa Kepala

Masyarakat sekitar gunung andong digegerkan dengan penemuan mayat perempuan tanpa kepala pada bulan oktober 2015. menerut warga yang melihat kondisi mayat tersebut sangat mengenaskan karena kepala dan badanya terpisah.

Menurut masyarakat sekitar, digunung andong sering terjadi penemuan mayat. konon katanya gunung andong di jadikan tempat pembuangan pembuangan mayat korban kejahatan maupun pembunuhan.


3.Memiliki 4 Puncak Sekaligus

Jika kalian menggamati, ternyata gunung andong memiliki jenis gunung perisai. Gunung perisai sendiri tipe gunung yang cukup lebar. jika anda lihat ternyata Gunung Andong memiliki 4 puncak sekaligus yang berjajar dari Barat ke Timur.

Nama Puncak tersebut jika dari barat adalah puncak Makam, Jiwa, puncak Alap-Alap dan Puncak Andong. Puncak Andong adalah puncak yang berada di tengahnya, disitu terdapat plakat ketinggian gunung andong yang sering digunakan foto oleh para pendaki.


4.Gunung Untuk Pendaki Pemula

Gunung Andong sendiri memiliki ketinggian 1.726 mdpl dimana gunung tersebut tidak terlalu tinggi, terbilang pendek dibandingkan dengan gunung-gunung yang berada di Jawa Tengah lainya.

Jika kamu memiliki fisik yang cukup bagus anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam untuk mendaki sampai puncaknya. sedengan untuk medan gunung andong tidak terlalu sulit sehingga gunung andong ini sangat unuk para pendaki pemula.


5.Pemandangan Puncak yang Bagus

Jika kalian mendaki Gunung Andong kalian dapat melihat empat puncak . Adapun puncak kalian bisa melihat puncak empat gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo. Juga bisa melihat puncak Gunung lainnya, hanya dengan memutar badan. Termasuk deretan perbukitan yang membentang dan panorama Magelang serta daerah lain.

6.Asal Usul Gunung Andong

dari beberapa sumber buku sejarah konon penamaan Gunung Andong terdapat dua versi yang berbeda. Satu versi menginformasi baha nama "Andong" di ambil dari nama daun Andongo. daun Andongo adalah syarat dalam ritual masyarakat jawa, dan memiliki makna "permohonan" berdo'a kepada sang pencipta alam.

Sedangkan versi yang kedua beranggapan bahwa nama"Andong" di ambil dari puncak gunung andong yang meyerupai punggung sapi Sehingga gunung ini sering disebut dengan nama Andong.


7.Gunung Andong Tidak Ada Shelter

Beberda dengan gunung lainya. ketika anda mendaki gunung ini ada hal yang harus diperhatikan. ternyata gunung andong tidak memiliki shelter seperti gunung umumnya, mungkin karena jaraknya yang pendek dan treknya yang dianggap cukup mudah


8.Gunung Berapi yang Tidak Meletus

dikutip dari beberapa sumber ternyata Gunung Andong merupakan gunung berapi berbentuk perisai. Dikutip dari Wikipedia, bahwa gunung Andong merupakan gunung berapi bertipe perisai yang tidak pernah menunjukan aktifitasnya. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang unik, berbeda dengan gunung-gunung berapi yang berada di tanah pulau Jawa lainnya, yang rajin menunjukan aktifitasnya.

Beriktu diatas adalah 8 Fakta dan Misteri Gunung Andong, yang berada di kabupaten Magelang, Jawa tengah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel