Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 5 Fakta Gunung Merbabu yang Harus Kalian Ketahui

Merbabu, Sabana, Mendaki
View Gunung Merbabu
Di Pulau Jawa terdapat banyak sekali gunung- gunung yang memiliki view yang baus, mulai dari Gunung Ciremai yang tertinggi di jawa barat, Gunung Slamet yang tertinggi di Jawa Tengah hingga Gunung Semeru yang tertinggi di Jawa Timur semuanya memiliki karakteristik dan keindahan nya masing-masing.

Gunung Merbabu,  gunung berapi yang memiliki ketinggian 3142 mdpl serta bertipe stato ini terletak secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara Provinsi Jawa Tengah

Berikut ini fakta tentang gunung merbabu yang jarang kalian ketahui:


1.Memiliki Banyak Jalur Pendakian

Fakta gunung merbabu yang satu ini cukup dikenal luas oleh para pendaki. Gunung merbabu ini memiliki banyak jalur pendakian, mulai dari yang termudah hingga yang paling sulit. untuk kalian yang baru pertama kali mendaki gunung merbabu lebih baik lewat jalur via selo boyolali.

Akan tetapi jika kalian memiliki mental dan fisik yang bagus kalian bisa mencoba jalur yang cukup menantang dan membutuhkan fisik yang sangat bagus, beberapa jalur yang cukup menantang dikalangan pendaki adalah Jalur Kopeng Thekelan, Jalur Wekan, dan Jalur Suwanting.


2.Pernah mengalami Erupsi

Dari beberapa sumber yang pernah kami dapat, konon gunung merbabu pernah meletus pada tahun 1560 masehi dan letusan kedua terjadi pada tahun 1797 masehi. dilaporkan juga pada tahun 1570 juga pernah mengalami erupsi.akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.


3.Memiliki 3 Puncak Utama

Selain memili jalur pendakian yang cukup banyak, gunung merbabu juga memiliki 3 puncak utama.Puncak yang pertama adalah Puncak Trianggulasi, yang kedua adalah Puncak Kentengsono dan yang ketiga adalah Puncak Syarif. 

Untuk menggapai ketiga puncak tersebut kalian bisa melalui jalur yang berbeda-beda. untuk menggapai puncak Kentengsono kalian bisa melewati jalur selo, sedangkan 2 puncaknya lagi bisa dilalui dengan semua jalur.


4.Bertetangga dengan Gunung Merapi

Selain memiliki pesona yang indah, ternyata gunung merbabu bertetangga dengan gunung merapi yang berada disebelah selatanya. jika kalian mendaki gunung merbabu via selo kalian dapat melihat betapa gagahnya gunung merapi. 

Selain itu basecamp gunung merbabu via selo juga satu arah dengan basecamp gunung merapi via selo boyolali, akan tetapi untuk saat ini basecamp merapi ditutup karena gunung tersebut masih berstatus waspada.

5.Memiliki sabana Hijau yang Indah

Selain terkenal dengan pemandanganya yang bagus, gunung merbabu juga memiliki sabana hijau yang sangat luas. sabana hijau dapat kalian temui disemua jalur, akan tetapi menurut saya view paling bagus untuk melihat sabana gunung merbabu bisa anda lihat melalui jalur suwanting.

jika kalian ingin berburu foto dengan latar belakang sabana yang hijau, saya sarankan untuk menggujungi gunung merbabu pada saat musim hujan atau setelah musim hujan. pada saat itulah sabana gunung merbabu terlihat sangat bagus.