Daftar Gunung 7 Summits Sumatera, Kalian Wajib Mencobanya

Mendaki gunung adalah olahraga yang menantang, tak kala para pendaki memimiliki ambisi yang sangat besar untuk melakukan pendakian di berbagai gunung.

di jawa kalian dapat mengenal berbagai macam gunung mulai dari gunung ,Semeru, lawu, Merbabu, Sumbing, Sindoro, prau dan lain-lain. tapi ketika anda berada di pulau sumatra kalian juga dapat menemui beberapa gunung yang menenantang untuk di daki.

Berikut ini daftar 7 gunung yang berada di Provinsi sumatera atau yang biasa di sebut Sevent Summit Sumatera:

1.Gunung Kerinci 3.805 Mdpl
Kerinci, Pendakian, danau tujuh,
Foto Gunung Kerinci
Gunung kerinci menjadi salah satu sevent summit yang berada di Sumatra. gunug kerinci menjadi salah satu gunung tertinggi di indonesia. Masuk dalam Wilayah Taman Nasional Gunung Kerinci- Seblat yang merupakan habitat hidup harimau dan badak sumatra yang hampir punah.

Berada di ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi salah satu gunung api aktif paling tinggi di Indonesia. jika anda mendaki gunung kerinci kalian akan menemui  Danau Gunung Tujuh yang terletak di ketinggian 1.996 mdpl. Danau ini pun disebut-sebut sebagai salah satu danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara.


2. Gunung Leuser 3.119 Mdpl

Gunung leuser,
Foto Gunung Leuser
Gunung Leuser memiliki 3 jejeran puncak tertinggi diantaranya puncak leuser (3.119 mpdl), puncak Loser (3.405 mdpl) dan puncak tanpa nama (3.556). Untuk bisa mencapai puncak gunung leuser, gunung tertinggi di Provinsi Aceh ini kalian akan menempuh pendakian selama kurang lebih 14 hari.

Taman gunung Leuser dinobatkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.Taman Nasional ini telah menjadi Cagar Biosfer sejak tahun 1981, Cagar Biosfer Gunung Leuser sendiri memiliki kawasan inti seluas 792.675 ha yang ditetapkan pada tahun 1980.


3.Gunung Dempo 3.159 Mdpl


Pendakian, Gunung Dempo, Sumatra
Foto Gunung Dempo
Gunung dempo merupakan salah satu gunung merapi tipe kerucut ( stravolcano) yang masih aktif. gunung ini merupakan gunung tertinggi di sumatra selatan untuk menuju gunung dempo kalian akan melewati kota terakhir menuju gunung ini dalah Kota Pagaralam.

Ketinggian gunung dempo ini sendiri adalah 3159 MDPL yang merupakan puncak atau gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan dan tertinggi  ke 3 di pulau Sumatera setelah gunung Kerinci ( 3805 Mdpl) di perbatasan Sumatera Barat dan Provinsi Jambi dan Gunung Lauser ( 3445 Mdpl) di Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam ( NAD).

4.Gunung Bandahara 3.030 Mdpl

Sumatra, Gunung bandahara, pendakian
Foto Gunung Bandahara
Gunung bandahara berbeda dengan tipe gunung lainya yang berada di sumatra, gunung ini buka tipe gunung berapi seperti biasanya. Gunung Bandahara merupakan gunung tertinggi ke empat di Pulau Sumatra, letak gunung bandahara ini tepatnya 50 km di sebelah tenggara timur Kota Blang Kejeren ibu kota Gayo Lues - Provinsi Aceh.


5.Gunung Talamau 2.982 Mdpl

pendakian, Gunung Talamau
Foto Gunung Talamau
Gunung ini merupakan gunung merapi yang sudah tidak aktif dan menjadi gunung tertinggi di Provinsi Sumatra Barat, disebut juga gunung ophir, yang terletak di kabupaten Pasaman Barat- Sumatra Barat. Gunung ini setidak memiliki 13 telaga dengan hutan yang belum terlalu tersentuh manusia atau biasa disebut hutan perawan.

Kondisi Gunung Talamau sendiri masih jarang dilewati oleh manusia. Di sini, kalian  bisa mendengar suara alam yang masih alami seperti kicauan burung. Bahkan, dengan keeksotisan telaga-telaga di dalamnya, membuat perjalanan panjang pendakian tidak terasa melelahkan.

6.Gunung Marapi 2.891 Mdpl

gunng Marapi, Sumatra barat
Foto Gunung Marapi

Gunung kedua tertinggi di Provinsi Sumatra Barat yaitu gunung Marapi. Gunung Marapi sendiri terletak di Kabupaten Agam bersebelahan dengan gunung singgalang, Gunung ini merupakan gunung yang masih aktif di Indonesia dan menjadi gunung paling banyak dikunjungi oleh para pendaki lokal.

7. Gunung Geureudong 2.885 Mdpl

Gunung Geureudong
Foto Gunung Geureudong
Gunung Geureudong ini terletak di Kabupaten Bener Meriah provinsi Aceh. gunung ini masih dikategorikan gunung merapi. Informasi jalur tentang gunung ini masih sangat sedikit karena memabg sangat jarang dilewati oleh para pendaki, mungkin saja gunung ini kalah populer dengan gunung burnitelong yang berada di sebelahnya, karena posisi yang bersebelahan itu juha banyak orang yang salah sebut dengan kedua gunung ini.

Gunung Geureudong merupakan gunung stratovolcano yang tingginya mencapai 2.885 meter. Dibeberapa gugusan puncak gunung raksasa yang terletak di tengah-tengah Provinsi Aceh ini, terlihat masih dipenuhi oleh hutan hujan tropis yang sangat lebat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel