Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Film Tentang Pendakian Indonesia Bikin Menegangkan

Belakangan ini kegiatan mendaki gunung diIndonesia menjadi kegiatan yang digandrungi anak muda. Mendaki gunung atau hanya sekedar hiking banyak dicintai oleh kalangan pemuda millennial karena memang gunung-gunung Indonesia sangat indah selain itu menjadi daya tarik tersendiri bagi produser film tentang petualang alam.

Dari pulau jawa terdapat gunung yang sangat megah yaitu Semeru, begitupun dengan gunung-gunung lainya seperti Rinjani, Kerinci, dan gunung lainya. Oleh karena itu, banyak produser produser mulai melirik potensi keindahan Indonesia terutama pada gunung gunungnya. Inilah beberapa Rekomendasi 5 Daftar Film Pendakian Indonesia Yang Menarik Untuk Ditonton.

Daftar Film Pendakian:

  1. Film Negeri Dongeng
  2. Sagarmatha
  3. Romeo Rinjani
  4. Sok Hoe Gie
  5. 5 cm


1. Film Negeri Dongeng

Film Negeri Dongeng
Foto/Youtube
Film ini rilis pada tanggal 26 oktober 2017 yang disutradarai oleh Anggi Frisca. Film ini menceritakan tentang pendakian tujuh gunung tertinggi di Indonesia. Oleh tujuh sineas muda Indonesia yang melakukan ekspedisi ke 7 gunung tertinggi se Indonesia.

Tak hanya sekedar mendaki, film ini juga menanamkan kecintaan pada Indonesia. Menceritakan Pengalaman pengalaman tentang wilayah wilayah yang baru. Bentangan alam serta suasana masyarakat yang menjadikan Indonesia itu indah.

2. Sagarmatha

Film Sagarmatha
Foto/Goggle
Film ini pertama dirilis pada tanggal 28 november 2013 dan sutradarai oleh Emil Heradi. Film ini menceritakan tentang persahabatan antara shila (yang diperankan Nadine Chandrawinata) dan kirana (diperankan oleh Ranggani Puspandya). 

Keduanya memang suka mendaki gunung dan bersahabat sejak dibangku kuliah. Mereka berdua mempunyai mimpi mendaki gunung Everest di Nepal.  Memiliki hobi yang saling berkaitan, shila gemar menulis cerpen, sedangkan kirana suka Photography oleh karena itu mereka ingin membuat novel. Namun saat mimpi sudah didepan mata terjadi konflik diantara mereka berdua.

3. Romeo Rinjani

Film Romeo Rinjani
Foto/Youtube
Romeo Rinjani adalah film Indonesia yang mengusung tema drama petualangan. Dirilis tanggal 23 April 2015 Karya film Fajar Bustomi dan Penulis  Angling Sagaran. Sebuah film yang mengambil latar gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat yang indah itu. Diperankan Oleh; Romeo(Deva Mahenra ), Raline (Kimberly Ryder) dan Sharon (Alexa Key). 

Film ini mendapat beberapa kritikan karena pakaian Sharon (Alexa key) yang terlalu seksi, dan dianggap tidak sesuai untuk mendaki. Karena Pakaian mendaki itu seharusnya bisa melindungi tubuh dari cuaca dingin dan teriknya matahari. untuk itu dibutuhkan pengalaman navigasi dengan baik dengan mengerti istilah-istilah pendakian.

4. Gie

Film Soe Hok Gie
Foto/Goggle
Film yang satu ini sangat populer dikalangan para pendaki. Gie adalah sebuah film yang mengisahkan tokoh yang bernama Soe Hok Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Soe Hok Gie adalah seorang mahasiswa dari Universitas Indonesia, Pecinta alam dan dikenal sebagai seorang demonstran yang tidak toleran terhadap ketidak adilan pemerintahan. Hok Gie sangat hobi naik gunung bersama teman teman mapala Universitas Indonesia saat ada waktu luang.

5. 5 cm

Film 5 Cm
Foto/Goggle
Film ini di sutradarai oleh Rizal Mantovani yang diadaptasi dari novel  5cm karya Donny Dhirgantoro yang rilis tanggal 12 desember 2012. Film bercerita Tentang Petualangan Alam dan persahabatan yang melakukan pendakian ke gunung Semeru yang diperankan oleh Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Igor Saykoji(Ian), Raline Shah(Riani), Pevita pearce (Dinda), Denny Sumargo (Arial). Film ini mengenalkan keindahan alam Indonesia dan juga tentang kecintaan terhadap negara.

Nah di atas merupakan film tentang pendakian. kelima film tersebut merupakan film produksi asli negeri. dengan menonton film tersebut kalian akan menambah wawasan tentang pendakian.

Sekarang ini indonesia sedang dilanda cirus Corona (Covid-19) untuk itu saya sarankan untuk tetap dirumah saja sampai situasi benar-benar kondosif. anda bisa menonton film tersebut untuk mengisi waktu luang kalian.