Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Api Tanpa Korek Di Alam Bebas, Survival Wajib Tau!

Membuat api tanpa korek api adalah salah satu kemampuan survival yang wajib para survivor ketahui. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuatnya, dari yang paling mudah sampai yang ribet harus menggunakan bahan-bahan kimia.

Walaupun ada banyak, setidaknya kalian harus menguasai satu cara membuat api tanpa korek api, supaya saat berada dalam kondisi darurat tanpa korek api , kalian bisa mencoba cara alternatif dalam membuat api.

Untuk membuat api dalam kondisi darurat seperti di atas,  maka tidak ada jalan lain kecuali “berdamai dengan alam”. Maksudnya adalah kita harus membuat api dengan teknik memanfaatkan material-material yang telah disediakan oleh alam. Realitanya kemajuan teknologi memang sangat mempermudah kita dalam membuat api mulai membuat api dengan korek api gesek, korek api gas, korek api plasma dan lain sebagainya. 

Namun tidak ada salahnya kita mengenal dan belajar tentang cara membuat api dengan teknik teknik tradisional. berikut ini adalah cara membuat api tanpa korek api jika kalian sedang dikondisi darurat:


1.Cara Membuat api dengan Bow Drill


Bow Drill
Foto/Make Magazine
Membuat api dengan cara Bow Drill adalah cara yang mudah untuk dilakukan. beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat api dengan cara ini adalah Busur (Bow) usahakan terbuat dari kayu kering, tali, tongkat kayu, alas kayu, alat tangan dan daun. Tongkat disini berfungsi sebagai poros sedangkan alat kayu yang kering dengan kondisi yang sedang. Untuk busurnya kalian bisa menggunakan kayu yang cukup kuat dan tidak mudah patah, selain itu kalian dapat menggunakan tali sepatu atau tali yang cukup kuat.

Bahan yang Diperlukan
  1. Busur (Bow)
  2. Tali
  3. Tongkat Kayu
  4. Alas Kayu
  5. Alat Tangan
  6. Daun Kering
Untuk alat tangan atau socker, kalian bisa menggunakan kayu yang diberi lubang , dan Batu yang berukuran sedang juga diberi lubang dan kulit kerang atau bahan lainya.


2.Cara Membuat api dengan Pump Drill

Pump Drill
Foto/Goggle
Cara berikutnya adalah Pump Drill. Pump Drill adalah cara membuat api tanpa korek yang cukup mudah, kalian bisa menggesekan antara kayu dengan kayu. Cara ini cukup simple dimana kalian tidak banyak menggunakan energi untuk membuat api dengan cara ini. Cara ini bisa kalian lakukan langsung dialam bebas.

Bahan yang diperlukan
  1. Tongkat Kayu
  2. Alas Kayu
  3. Tali
  4. Beban 
Pastikan saat membuat api dengan Pump Drill bahan-bahan harus kering terutama bagian batan dan daunya.yang diperlukan dalam membuat api dengan cara ini adalah tongkat kayu sebagai poros, alas kayu, tali, beban agar stabil dan dan daun untuk mengumpulkan.

Baca Juga: Jenis Kompor Lapangan untuk pendaki

3.Cara Membuat api dengan Fire Plough


Fire Plough
Foto/OffGridSurvival
Cara membuat api dengan metode Fire Plough sedikit berbeda dengan cara Drill. dimana dengan cara Drill kayu akan diputar untuk mendapatkan gesekan sehingga dapat muncul percikan api atau sumber panas. Metode Fie Plugh adalah metode yang menggunakan gesekan untuk menghasilkan sumber panas sehingga akan muncul serbuk api.
Bahan yang diperlukan:
  1. Tongkat Kayu
  2. Alat Kayu
  3. Tenaga
Dalam metode Fire Plough sangat disarankan untuk menggunakan bahan yang sudah kering atau tidak terdapat airnya, karena jika terdapat airnya maka metode ini akan gagal. karena metode ini membuat api dengan gesekan dimana bahan harus kering.

4.Cara Membuat api dengan Bamboo Fire Show


Bamboo Fire Show
Foto/Youtube
Cara yang satu ini adalah memanfaatkan tanaman Bambbu. Tanaman yang satu ini memang memberi banyak manfaat seperti untuk membangun rumah tinggal sementara, selain itu bambu juga bisa digunakan untuk membuat sumber api. Cara yang satu ini cukup mudah dan dapat dilakukan dimana saja.

Bahan yang perlukan:
  1. Bambu Ukuran 30-50 cm
  2. Bambu Ukuran 30-50 cm
Bambu banyak sekali manfaatnya untuk bertahan hidup, selain bisa digunakan untuk membuat tempat tinggal sementara, ternyata bambu kering juga bisa digunakan untuk membuat api.
Cara membuat api menggunakan metode Bamboo Fire Show ini tergolong simpel namun akan menguras banyak energi anda. Metode ini hampir sampa dengan metode Fire Plough cuma beda material saja.

5.Cara Membuat api dengan Hand Drill.

Hand Drill
Foto/Goggle
Metode membuat api tanpa korek api adalah dengan cara Hand Drill. metode ini harus memerlukan kesabaran karena harus menggunakan banyak tenaga, terkadang menggunakan metode ini tangan kita bisa terluka. Namun tidak sedikit juga yang berhasil menggunakan metode ini asal pantang menyerah.

Bahan yang diperlukan:
  1. Daun kering atau rumput kering
  2. Tali
  3. Sebilah bambu atau kayu

6.Cara Membuat api dengan Batu api dan Baja


Batu Api dan Baja
Foto/Wikihow
Metode membuat api dengan menggunakan batu api dan baja sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, teknik ini diadopsi diera modern seperti saat ini. Dalam ilmu geologi batu api dikenal dengan Rijang ( dalam Indonesia) atau Chert (dalam Inggris) namun banyak orang yang mengenalnya sebagai istilah Flinstone yang berarti batu Api

Bahan yang diperlukan:
  1. Baja
  2. Batu Api
  3. Arang Kering
Untuk bisa menyalakan api dengan teknik ini, anda perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu baja, batu api, dan char cloth (arang kain yang mudah terbakar).