Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kompor Lapangan Untuk Kegiatan Mendaki Gunung

Kompor gas untuk mendaki. Kompor merupakan peralatan yang wajib kalian bawa saat mendaki gunung. saat ini kompor mempunyai banyak jenis ada yang menggunakan bahan cari (Alkohol,Spirtus, Alcohol dan bahan cari lainya). sedangkan untuk gas (HiCook,Gasmate) maupun kompor yang menggunakan bahan padat (parafin, Briket dan lain-lain)

Kompor menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam keadaan survival atau kegiatan alam lainya. benda ini wajid anda bawa ketika melakukan kegiatan itu, maka dari itu berikut ini jenis-jenis kompor yang bisa anda bawa ketika melakukan kegiatan Ouutdor.

Jenis-Jenis Kompor Pendakian:


1.Kompor Gas mini Portable

Kompor Portable
Foto/Goggle
Kompor gas mini portabele merupakan kompor yang banyak ditemui ketika mendaki gunung. Kompor ini berbentuk kotak persegi dan mempunyai empat kaki yang bisa dilipat. kompor ini menggunakan vol gas untuk mengatur besar kecilnya api. Kompor ini bisa langgsung menggunakan tabung gas tanpa harus menggunakan selang.

Kompor gas mini portable juga memiliki kekurangann, jika anda menggunakan kompor ini didaerah yang banyak anginya maka api akan menyebar bisa juga mati. maka dari itu menggunakan kompor ini harus terhindar dari tiupan angin. Kompor portable juga memiliki kelebihan untuk mendaki, selain bentuknya kecil dan mudah dibawa kompor ini juga sanggat effisen untuk memasak.


2.Kompor Parafin

kompor parafin
Foto/BukaLapak
Kompor parafin merupakan kompor yang sangat mudah untuk digunakan. Kompor ini sangat sederhana karena hanya terbuat dari lepengan besi tipis yang bisa dilipat. Kompor parafin bahan bakar utamanya yaitu parafin.

Kelebihan kompor parafin ini adalah lebih praktis bahanya. jadi kalian dapat menggunakan kompor jenis ini untuk kegiatan outdoor seperti survival. kompor ini sangat praktis dan mudah dibawa saat mendaki gunung atau ekspedisi alam.tidak memerlukan waktu yang lama dalam menyiapkan kompor ini, dan mudah disimpan dalam tas maupun carrier

Biasanya kompor jenis ini digunakan oleh para tentara atau polisi yang sedang bertugas dialam bebeas. Untuk pendakian sendiri kompor ini hanya digunakan dalam keadaan darurat saja atau saat tersesat digunung. jika bahan bakar parafinya habis kalian dapat menggunakan lipatan besi ini sebagai tungku dengan bahan bakar lainya.

3.Kompor Portable Mini Windprof

Kompor Portable Mini Windprof
Foto/Kaskus
Kompor yang satu ini adalah jenis kompor Portable Mini Windprof. kompor ini masih sama dengan kompor portable lainya, akan teteapi terdapat perbedaan didaerah penyangganya. Kompor ini terdapat pelindung api yang terbentuk seperti piring.

Untuk kekurangan kompor ini adalah bentuknya yang cukup besar sehingga memerlukan sedikit ruang untuk diletakan dalam carrier. Kompor ini sangat direkomendasikan untuk memasak dalam kondisi yang banyak anginya.Kelebihan dari jenis ini adalah efisiensi waktu masak.

4.Kompor Portable

Kompor Portable
Foto/Bukalapak
Kompor yang satu ini adalah jenis Kompor Portable, bebebeda dengan kompor portable lainya, kompor ini memiliki ukuran yang cukup besar. Kompor ini terdapat tempat gas disampingnya. Keunggulan kompor ini adalah sangat mudah digunakan dan nyaman digunakan untuk memasak. Kekuranganya adalah bentuknya yang cukup besar sehingga memerlukan tempat yang cukup banyak untuk membawa kompor ini

Kompor ini tidak direkomendasikan untuk pendakian, karena ukuranya yang cukup besar kompor ini ternyata cukup berat untuk dibawa dalam carrier. Pastikan kalian bisa memilih carrier dengan baik sesuai kebutuhanya.Nesting TNI yang persegi memang didesain untuk kompor parafinnya TNI jadi kadang kurang pas ketika dipadukan dengan kompor-kompor lain. kompor dengan bahan bakar gas lebih efektif jika berkegiatan dengan banyak teman

5.Kompor Spirtus Alocs

Kompor Spirtus Alcos
Foto/Moedah
Kompor Spritus Alocs ini terbuat dari campuran almunium dengan tempat spritus yang berada dibawahnya. Kompor Alcos ini memiliki kelebihan yang ringan untuk dibawa kemanapun, sedangkan kekuranganya adalah tidak memiliki pelindung api dari angin seperti kompor portable. kompor ini sangat cocok digunakan untuk memasak. Untuk pendakian pun juga memudahkan ketika dibawa dalam carrier.

Tips Memilih Kompor Untuk Pendakian

  1. Sebelum kalian melakukan pendakian, pastikan saat packing kondisi kompor dalam kondisi normal. Pastikan kompor dapat digunakan untuk memasak, cek seluruh bagianya.
  2. Pada saat pengetesan kompor, pastikan kamu nyalakan lalu untuk memasak air sampai matang. Jangan lupa perhatikan bahwa api dalam kompor tidak bermasalah atau bekerja dengan normal
  3. Usahaakan saat kalian melakukan pendakian kalian membawa lebih dari 1 kompor. hal ini bertujuan untuk mengatisipasi hal-hal yang terjadi jika salah satu kompor rusak dalam perjalanan
  4. Simpan didalam tempat yang kering udara, jika kalian selesai memasak ketika digunung pastikan simpan kembali kompor kedalam tempatnya. anda juga bisa menyimpan kompor ditempat yang kering, hal ini bertujuan supaya kompor tidak terkena embun ketika anda memasak didalam kondisi yang dingin.
  5. jika kalian selesai dari gunung, alahngkah baiknya bersihkan kompor tersebut. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga supaya kompor tetap bekerja dengan normal.
  6. Pastikan anda membawa korek. hal ini bertujuan untuk mengatasi jika pemantik dalam kompor mati atau rusak.