Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Bismo Via Deroduwur, Mojotengah, Wonosobo

Gunung Bismo merupakan gunung yang berada di daerah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung Bismo terletak disebelah Kabupaten Wonosobo, Gunung Bismo berada didaerah dataran tinggi Dieng Wonosobo.

Gunung Bismo sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.38 Mpdl, gunung ini masih tergolong gunung yang masih baru, belum banyak dilalui oleh para pendaki. Medan Gunung Bismo cukup menantang, kalian akan menemui jurang-jurang yang cukup dalam tetapi kalian akan disuguhkan pemandangan yang cukup bagus.

Pendakian Gunung Bismo Via Deroduwur
Foto/Syarif_ff15
Jika kalian ingin mendaki Gunung Bismo kalian bisa memilih jalur pendakian, Gunung Bismo sendiri memiliki empat jalur pendakian yaitu Jalur Via Sikunang, Via Pulosari, Via Silandak dan Via Dewoduru. Perjalanan kali ini akan melewati Jalur Via Dewoduwur,  Mojotengah, Wonosobo.

Untuk pendakian Gunung Bismo via dewoduwur kalian akan menemui trek yang cukup landai dan disuguhi pemandangan perbukitan yang cukup bagus, kalian akan menjumpai pepohonan dan semak-semak dan ilalang yang masih alami.

Baca Juga: Pendakian Gunung Bismo Via Silandak

Medan Gunung Bismo Via Dewoduwur

Jalur pendakian gunung bismo Via Deroduwur biasa disebut Dewa brata karena trek jalur ini didominasi trek yang landai. Pemandangan disekitarnya terdiri dari ilalang, pohon kerucut dan rumput hijau yang masih alami.

Setelah, sampai di pos dua (Hutan Pakis) kalian akan menghadapi trek pendakian yang berbeda dari pos 1, trek pos dua didominasi trek yang menanjang dan terdapat pepohonan yang rindang sepanjang jalur pendakian.

Pendakian Gunung Bismo Via Deroduwur
Foto/SultanmYusuf


Pendakian Gunung Bismo Via Deroduwur
Foto/lestariuwie
Setelah melewati pos 1 dan pos 3 kalian akan menjumpai sebuah terowongan yang bernama trowongan Mesra, kalian dapat mengabadikan dengan berfoto atau sekedar menikmati suasana trowongan mesra.

kalian akan sampai di pos 4 atau yang biasa dibesut dengan camping ground gunung bismo, kalian juga dapat menderikan tendra disini sebelum melakukan summit dipagi harinya.

Lokasi Basecamp Gunung Bismo Via Deroduwur dari Pusat Kota.



                                        

Rute Basecamp Deroduwur dari Pusat Kota Wonosobo

  1. Dari Pusat kota langsung menuju arah Makam Mbah Muntaha (Alun-Alun Wonosobo)
  2. Pertigaan Agripeni, Ambil Kiri, Arah Unisiq Lurus, Pertigaan Kalibeber Ambil Lurus sampai Mojo Tengah.
  3. Setelah itu kalian dapat menanyakan warga sekitar, bisa juga menggunakan goggle maps

Estiminasi pendakian Gunung Bismo Via Deroduwur

Estiminasi Pendakian Gunung Bismo via Deroduwur kurang lebih memakan waktu sekitar 2-5 jam, itu juga tergantung dengan kondisi fisik kalian masing-masing. Jika kalian memiliki fisik yang bagus, kalian dapat sampai puncak cukup dengan mempuh waktu 3 jam saja.

Selain itu, kalian juga bisa mampir ke kawasan pengunungan Dieng. karena Gunung Bismo masih satu kawasan dengan Pegunungan Dieng.