Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Bandahara 3012 Mdpl, Gayo Lues

Gunung Bandahara merupakan salah satu gunung yang berada diprovinsi Aceh, Tepatnya di Kabupaten Gayo Lues. Gunung Bandahara Aceh memiliki ketinggian 3012 Mdpl dan terbilang gunung yang tinggi di provinsi aceh untuk gunung yang sudah lama tidak aktif.

Gunung Bandahara memiliki keindahaan yang cukup bagus, sepanjang perjalanan kalian akan melihat hamparan hutan hijau yang akan menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi kalangan pendaki.


bandahara, gayo, sumatra, tertinggi, ulau sumatra, ketinggian, kabupaten gayo, mdpl
Foto/Peweid
Saat kalian mendaki gunung bandahara kalian akan melihat tanaman endemik khas sumatra yaitu Nepenthes (Nepenthaceae). masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan tanaman kantong semar, tanaman ini hidup diketinggian 2400 mdpl sampai 2900 mdpl, artinya kalian harus mendaki setinggi itu itu melihat tanaman yang satu ini.


Akses Menuju Basecamp Gunung Bandahara.

Untuk menuju pos atau titik pendakian Gunung Bandahara sendiri cukup mudah, anda bisa menggunakan bisa dari Kab Gayo Lues atau Aceh Tenggara, untuk jam oprasi menuju kaki gunung bandahara bisa hanya beroprasi sampai pukul 5 sore saja, artinya kalian harus berangkat pagi menuju terminal Gayo Lues.


Jalur Pendakian Gunung Bandahara

Pendakian gunung bandahara kalian harus melakukan ijin dari basecamp terlebih dahulu, untuk lokasi basecampnya saat ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, disana kalian harus ijin kepada masyarakat sekitar gunung bandahara untuk melakukan pendakian.

Setelahnya kaian boleh melakukan pendakian setelah mendapat ijin dari masyarakat. untuk saat ini para pendaki hanya diperbolehkan berada diketinggian 2400 mdpl sampai 2900 mdpl, karena gunung bandahara masih tergolong gunung yang jarang didaki oleh pendaki.


bandahara, gayo, sumatra, tertinggi, ulau sumatra, ketinggian, kabupaten gayo, mdpl
Gunung Bandahara


bandahara, gayo, sumatra, tertinggi, ulau sumatra, ketinggian, kabupaten gayo, mdpl
Gunung Bandahara

Pendakian pertama kalian akan melewati trek yaitu perkebunan milik warga sekitar disepanjang perjalanan menuju pos berikutnya kalian akan disuguhkan dengan hamparan kebun hijau dengan udara yang masih alami.

Baca Juga:Jenis Tanaman untuk Survival

Setelah itu kalian mulai memasuki hutan, yap hutan disini masih tergolong alami dan jarang dilalui oleh para pendaki karena minimnya informasi tentang pendakian gunung bandahara. kalian akan melewati pohon-pohon yang rindang dan trek yang cukup landai.

Sesampainya dipos 3 kalian akan dibinggungkan dengan trek jalur selanjutnya, menurut warga sekitar para pendaki hanya diperbolehkan camp disitu, selain itu kalian juga akan menemui beberapa tanaman endemik khas sumatra yaitu Kantong Semar.


Tips Untuk Mendaki Gunung Bandahara


  1. Untuk saat ini gunung Bandahara masih minim informasi tentang rute pendakian, jadi kalian harus memahami ilmu navigasi yang baik ketika mendaki gunung bandahara.
  2. Siapkan fisik dan mental yang bagus, karena untuk mendaki gunung ini fisik dan mental akan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, disini kalian akan dibinggunkan dengan trek pendakian yang masih alami
  3. Siapakan peralatan yang memadai, selain fisik dan mental, hal utama yang harus diperhatikan adalah alat pendakian. karena gunung ini jarang dijamah oleh manusia pastikan peralatn yang anda bawa dapat untuk bertahan hidup jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan
  4. Logistik yang cukup, untuk melewati gunung bandahara kalian harus membawa logistik dengan cukup, karena kalian akan menemui masalah utama yang tentang jalur pendakianya.
  5. Ilmu Survival, ilmu yang satu ini hanya digunakan jika kalian sedang tesesat maupun terjebak dihutan. ilmu ini sangat penting untuk mendaki gunung bandahara menginggat gunung ini yang masih perawan dan jarang dilalui oleh manusia.

Sekian informasi tentang pendakian gunung bandahar, apabila adalah salatu satu pembaca yang mengetahui informasi resmi tentang pendakian Gunung Bandahara bisa mengirimkan E-mail yang tertera pada web ini/