Pendakian Gunung Burni Kelieten 2930 Mdpl Via Desa Rembune

Gunung Burni Kelieten adalah gunung yang berada diwilayah administratif Kejuruan Syiah Utama Kec. Bintang Kab. Aceh Tengah. Gunung Klieten memiliki ketinggian 2930 Mdpl.
Menurut certia masyarakat penamaan gunung Burni Kelieten berasal dari Bahasa suku Gayo yang memiliki Gunung Kelihatan.

Dahulu gunung ini pernah digunakan belanda untuk mendirikan sebuah bangunan, bangunan itu adalah sebuah tugu yang berada dipuncak gunung Burni. dahulu masyarakat sekitar disuruh oleh koloni belanda untuk membuat tugu yang dinamai dengan tugu batu.

seiring perkembangan zaman banyak kabar beredar bahwa tugu Triangulagi dipuncak gunung burni telah hilang yang disebabkan oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. oknum itu percaya bahwa terdapat emas dibawah tugu tersebut, padahal masyarakat juga menjadi saksi bahwa mereka juga ikut membangunya.

Baca Juga:Pendakian Gunung Pusuk Buhit


Akses menuju menuju Gunung Burni Kelieten

Dikarenakan gunung burni belum memiliki basecamp resmi, kalian bisa mendaki gunung ini dengan jalur yang sudah disediakan oleh masyarakat dikaki gunun ini. untuk menuju gunung burni keleieten dari pusat kota aceh kalian bisa menumpang bis menuju Kabupaten Bintang.

Setelah sampai di Kabupaten kalian bisa menyewa angkot atau kendaraan lainya untuk menuju titik pendakian yang berawa di wilayah Kejuruan Syiah. anda bisa menyewa angkot dengan tarif sekitar 5-15 ribu, anda bisa menawar harga tersebut jika sopir angkot menyetujui.


Pendakian Menuju Pucak Gunung Burni Kelieten.

Pendakian Gunung Burni Kelieten oleh salah satu Narasaumber yang beranama Risky Abdullah salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Teuku Umar Meulaboh.

Pendakian saya yang pertama kali cukup menarik dan sangat berkesan. Bagimana tidak, pendakian itu merupakan pendakian pertama saya (Ucap Risky). Padahal ia memiliki kelemeahan yaitu phobia dengan ketinggian.


Ia berusaha untuk memberanikan diri dengan terinsipirasi dengan film vidio dokumentar Bung Fiersa Besari. saat kebingunan ia teringat dengan film dokumenter sebut, dengan itu ia tertarik, jiwanya yang suka berpetualang seakan membara, ia berketa dalam hati, aku akan mulai mendaki.


burni telong, pasi, bur keletien takengon, gayo, takengon aceh tengah
Foto/Steemit

burni telong, pasi, bur keletien takengon, gayo, takengon aceh tengah
Foto/Steemit
Ditemani dengan seorang yang sudah berpengalaman tentang pendakian, risky diajari tentang teknik survival dan ilmu dasar tentang mendaki gunung, Riksy banyak belajar dari seorang temanya bagimana cari menata barang dalam carrier dengan benar, serta memanajen logistik dengan biak. Risky teringat dengan kata temanya "Mendaki bukan perkera tentang menaklukan gunung, tapi tentang menaklukan diri sendiri".
Gunung Burni Kelieten merupakan tempat berkembangnya beberapa spiesies anggerek. disepanjang perjalanan kalian akan menemui beberapa jenis anggrek dengan warna yang indah. kalian hanya boleh menikmati saja dan bisa mengabadikan foto. kita sebagai manusia harus menjaga serta menjaga kelestarian endiemik khas indonesia ini. 

Baca Juga:Pendakian Gunung Bismo Via Dewoduwur

burni telong, pasi, bur keletien takengon, gayo, takengon aceh tengah
Foto/Airshoftgun.co.id
Puncak Gunung Burni Kelieten memiliki ketinggian 2940 mpdl. Jika anda mendaki gunung burni ini kalian juga melintas ke Air Terjun Mengaya, Kecamatan Laut tawar. disni kalian dapat mandi atau hanya sekedar berendam untuk menghilangkan letih sehabis melakukan pendakian.

Tips Mendaki Gunung Burni Kelieten

  1. Fisik dan Mental. hal yang satu ini harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian, karena membutuhkan waktu yang cukup lama fisik dan mental kalian harus bagus 
  2. Informasi tentang gunung tersebut, informasi tentang gunung yang akan didaki sangat penting hal yang harus diperhatikan adalah kondisi medan, curah hujan, dan makhluk hidup yang berada digunung tersebut.
  3. Saat mendaki gunung kita adalah tamu, untuk itu jagalah sopan santun terutama dalam berbicara.
  4. Berdoa. yang terakhir adalah berdoa. kita harus berdoa sebelum melakukan pendakian supaya pulang pergi dengan keadaan selamat.
  5. Menjaga serta melindungi satwa maupun fauna sepanjang pendakian, kalian hanya bisa menggambil gambarnya saja, tidak dengan bendanya

0 Response to "Pendakian Gunung Burni Kelieten 2930 Mdpl Via Desa Rembune"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel