Pendakian Gunung Burni Telong 2670 Mdpl via Bandar Lampahan

Gunung Burni Telong adalah gunung yang berada di Gayo, Aceh. Gunung Burni Telong memiliki ketinggian 2670 Mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi ke 10 di provinsi Aceh. Burni Telong terkenal dengan keindahaan padang Edelweis. Kalian bisa mendaki gunung burni telong dengan menuju desa Rembune, kalian akan dikenakan simaski sebesar 5000 rupiah per orang.

Gunung Burni Telong sendiri terkenal dengan keindah sabana Edlweiss. kalian bisa menemui bunga ini diketinggian 2.200 mdpl. jika kalian ingin melihat bunga ini pastikan dalam cuaca yang bagus dan musin berbunga.

Baca Juga:Pendakian Gunung Peut Sagoe

Gunung Burni Telong sendiri terletak di Kabupaten Bener Meriah. jika kalian ingin mendaki gunung ini kalian bisa melewati Rute Bandar Lampahan, Desa Rembune. Selain itu kalian juga mendaki gunung burni melewai Rute Pante Raya, tetapi Rute Pante Raya membutuhkan waktu yang lebih panjang, para pendaki lebih sering melewati Rute Bandar Lampahan.


Rute Munuju Base Camp

Untuk menuju Kaki Gunung Burni Telong diawali dari Simpang Lampahan ( jika kalian dari arah Bireuen, ambil arah kiri, kalian juga bisa menayakan lokasi Pemandian Air Panas Bandar Lampahan karena tidak jauh dari lokasi pemandian. Dari arah simpang Lampahan ambil kedalam kurang lebih 2 sampai 3 km. setelah itu kalian akan menmui Gapura Selamat Datang di Desa Rembune

Sesampainya di desa Rembube, kalian harus meninggalkan kartu identitas bisa ktp, kartu pelajar dll. untuk retribusi pendakian kalian akan dikenakan biaya sebesar 5000/orang. kalian juga menitipkan kendaraan di pos ini. jika kalian masih ragu-ragu untuk mendaki gunung Burni Telong kalian bisa menyewa guide/ porter. untuk tarif guidenya kalian bisa bernegoisasi langsung.

Perjalanan Munuju Puncak Gunung Burni Telong

Pendakian pertama kalian akan melewati pekebunan kopi milik warga sekitar, trek disi masih cukup landai, setelah melewati perkebunan kopi kalian akan melewati perkebunan sayur dan melewati pepohonan yang cukup besar. setelah melewati peohona kalian akan dihadapkan dengan bukit yang cukup tinggi.

Selajutnya perjalanan meunuju pos berikutnya dapat kalian tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam, jika anda menemui simpang tiga dan pilihlah arah kiri, jika kalian memilih ke arah kanan itu adalah jalur pemburu untuk menuju hutan yang tak jelas arahnya.

Untuk menuju Shelter camp dapat kalian tempuh dalam waktu 6 jam, kalian akan menemui medan yang cukup susah dimana kalian harus melompat, bergelantungan dan membelah hutan hutan Gunung Burni Telong. jadi persiapkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan menuju shelter camp.

Baca Juga:Pendakian Gunung Geureudong

Kalian bisa mendirikan tenda dishelter camp sebelum melakukan Summit. summit bisa kalian lakunan pada jam 2-3 dinihari. saat melakukan summit attack persiapkan fisik dan perbekalan dengan baik. saat perjalnan summit attack kalian akan menemui Gua Batu, jika kalian beruntung kalian dapat menemukan perbekalan sisa pendaki yang turun, mereka akan meninggalakan perbekalan mereka digua karena malas untuk membawa pulang.



Pendakian Gunung Burni Telong 2670 Mdpl via Bandar Lampahan
Foto/primitivemendakigunung


Tips Mendaki Gunung Burni Telong

  1. Gunung Burni Telong merupakan gunung yang jarang dilalui, jadi persiapkan semua dengan matang sebelum melakukan pendakian
  2. Ilmu survial harus matang, dikarenakan memiliki medan yang cukup terjal dan hutan belantara yang masih alami, ilmu survival sangat dibutuhkan untuk melakukan ekpedisi
  3. Perbekalan yang cukup, jika anda ingin melakukan ekspedisi pastikan perbekalan anda memenuhi mengingat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan ekpedisi ini cukup lama yaitu memakan waktu 2-4 hari.
  4. Fisik dan Mental. hal yang satu ini harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian, karena membutuhkan waktu yang cukup lama fisik dan mental kalian harus bagus 
  5. Informasi tentang gunung tersebut, informasi tentang gunung yang akan didaki sangat penting hal yang harus diperhatikan adalah kondisi medan, curah hujan, dan makhluk hidup yang berada digunung tersebut.
  6. Saat mendaki gunung kita adalah tamu, untuk itu jagalah sopan santun terutama dalam berbicara.
  7. Pastikan Logistik dan perbekalan air cukup, karena digunung burni telong sumbur air jarang ditemui
  8. Berdoa. yang terakhir adalah berdoa. kita harus berdoa sebelum melakukan pendakian supaya pulang pergi dengan keadaan selamat.

0 Response to "Pendakian Gunung Burni Telong 2670 Mdpl via Bandar Lampahan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel