Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Geureudong 2885 Mdpl, Bener Meriah

Gunung Geureudong adalah gunung yang berada diwilayah Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Gunung Geureudong memiliki ketinggian 2885 Mdpl, menurut pengalaman warga yang berada diwilayah gunung geureudong untuk mendaki gunung Geuruedong membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 7 hari.

Jika anda ingin mendaki Gunung Geuredong pastikan anda memiliki pengalaman mendaki yang tinggi serta ilmu survival yang bagus. bukan main, karena kalian akan ditujukan trek pendakian yang masih alami atau jarang terjamah oleh manusia.

Gunung Geuredong adalah gunung yang jarang didaki oleh para pendaki, terakhir didaki oleh mapala mahasiwa Unversitas Muhammdiyah dari Bukit malie bersama Mapala Mahitala dan yang baru-baru ini dari Mahasiswa Gajah Putih Pecinta Alam ( Mahagapa ) Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon

aceh, gunung api, sumatera utara, gunung burni telong, burni telong
Foto/mahitalaunpar

aceh, gunung api, sumatera utara, gunung burni telong, burni telong
Foto/askasafanah

aceh, gunung api, sumatera utara, gunung burni telong, burni telong
Foto/wanda.cc
Untuk mendaki gunung ini kalian harus menuju desa Bukit Mulie yang terletak dikaki gunung geuredung. desa ini menjadi tempat terakhir sebelum melakukan pendakian. disana kalian akan dibrefing oleh warga desa bukit mulie. kebanyakan warga Bukit Mulie berasal dari suku jawa dan gayo, sehingga bahasa yang digunakan ada dua yaitu bahasa jawa dan bahasa gayo


Pendakian Gunung Geureudong

Pendakian pertama gunung ini dilakukan dari Desa Bukit Mulie, jarak menuju puncak gunung Geureudong sekitar 6-7 km. desa bukit mulie sendiri berada diketinggian 1046 mdpl. menurut warga pendakian menuju puncak gunung geureudong memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 4-6 hari tergantung dengan fisik dan mental

Hal pertama yang kalian ketika mendaki gunung geureudong adalah kalian akan menelusuri jalanan beton yang cukup panjang. sepanjang perjalnan kalian akan disuguhkan oleh perkebunan kopi milik warga dan hampiran bukit yang sangat indah



aceh, gunung api, sumatera utara, gunung burni telong, burni telong
Foto/saidrahmat_14
Setelah melewai perjalnan yang cukup panjang kalian akan sampai dipintu rimba, kalian bisa menginap dengan mendirikan tenda dikaki sarimin. untuk sampai kaki sarimin kalian memakan waktu sekitar 1 hari perjalnan.

Selanjutnya kalian akan melwati jalur yang cukup panjang, tapi tenang kalian akan melihat salah satu padang savana yang hijau, yaitu lembah tamapt. kalian akan disuguhkan dengan hamparan rumput hijau sejauh mata memandang, disini kalian bisa mengabadikan gambar dan bersantai sejenak.

Kalian juga dapat mendirikan tenda disekitar padang savana. tetapi perhatikan terlebih dahulu tempatnya karena disana terdapat beberapa gajah sumatra. untuk lebih aman kalian jangan mendirikan tenda di sekitar area jejak gajah tersebut. jika beruntung kalian juga dapat melihat secara langsung gajah sumatera.


aceh, gunung api, sumatera utara, gunung burni telong, burni telong
Foto/info.mapala
Perjalanan dilanjutkan kembali munuju puncak Gunung Geureudng, sebelum mencapai puncak Gunung geureudong kalian akan camp 1 kali lagi sebelum melakukan summit. pada pagi hari kalian bisa melakukan menuju puncak Gunung gerudong, waktu yang dibutuhkan untuk sampai kepuncak sekitar 5-7 jam.

Tips mendaki Gunung Geureudong

  1. Untuk saat ini gunung geureudong masih minim informasi tentang rute pendakian, jadi kalian harus memahami ilmu navigasi yang baik ketika mendaki gunung geureudong.
  2. Siapkan fisik dan mental yang bagus, karena untuk mendaki gunung ini fisik dan mental akan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, disini kalian akan dibinggunkan dengan trek pendakian yang masih alami.
  3. Siapakan peralatan yang memadai, selain fisik dan mental, hal utama yang harus diperhatikan adalah alat pendakian. karena gunung ini jarang dijamah oleh manusia pastikan peralatn yang anda bawa dapat untuk bertahan hidup jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan
  4. Logistik yang cukup, untuk melewati gunung bandahara kalian harus membawa logistik dengan cukup, karena kalian akan menemui masalah utama yang tentang jalur pendakianya.
  5. Ilmu Survival, ilmu yang satu ini hanya digunakan jika kalian sedang tesesat maupun terjebak dihutan. ilmu ini sangat penting untuk mendaki gunung bandahara menginggat gunung ini yang masih perawan dan jarang dilalui oleh manusia.