Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Pusuk Buhit 1972 Mdpl, Toba Samosir

Gunung Pusuk Buhit ini memliki ketinggian 1972 Mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Bagi orang suku batak, gunung ini merupakan gunung yang disucikan, konon masyarakat percaya bahwa digunung ini terdapat leluhur mereka yang bernama Siraja Batak, dan masih menjadi leluhur Suku Batak hingga saat ini.

kalian bisa melihat pemandangan Gunung Pusuk Buhit melalui menara panda Tele. dari menara ini kalian dapat melihat dengan jelas Gunung Pusuk Buhit mulai dari lembah, lereng, hingga puncak gunung. Menara Panga Tele terletak di Desa Sianjur Malumala, didesa ini juga menjadi titik pertama melakukan pendakian.


Kantor Geopark - Batas Jalan aspal (60 menit)

Pendakian pertama kalian akan melewati kantor milik Geopark sampai batas jalan aspal. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 200 meter kalian harus belok ke kanan, dan ikuti terus jalan aspal sejauh 200 meter. Sepanjang perjalnan kalian akan disugguhkan dengan pemandangan indah dengan view Danau Toba.


Batas Jalan Aspal - Tikungan Kebun Kopi (30 Menit)

Setelah melewati trek yang beraspal, trek selanjutnya akan menjadi trek tanah. Rute ini memutari punggungan bukit dengan jurang disebelah kanan. disepanjang perjalanan kalian akan ditemani pemandangan Kota Pangururan yang sangat indah. Trek menuju kebun kopi tidak terlalu sulit. Jika kalian beruntung kalian dapat bertemu dengan pendaki dari luar negeri.


Tikungan Kebon Kopi - Batu Pertolongan (60 menit)

Mulai dari sini kalian akan melewati trek tanjakan yang cukup mengguras tenaga. Setelah melewati tanjakan trek akan berubah menjadi sedikit landai. Sebelum memasuki Batu Pintu Masuk, kalian dapat melihat beberapa toilet yang sudah tidak terawat. untuk memasuki Batu Pintu masuk kalian akan melewati trek yang bebatuan kecil, itu menandakan bahwa kalian sudah dekat dengan batu pintu masuk.


Foto/froshac
Menurut masyarakat sekitar, Batu Pintu Masuk ini adalah tempat peziarah yang biasanya meminta rezeki atau sekedar mendoakan leluhur mereka agar nenek moyang kita beristirahat dengan tenang.


Batu Pertelongan - Helipad (40 Menit)


Foto/froshac
Untuk melanjutkan perjalalnan alangkah baiknya kalian untuk meminta izin leleluhur kita terlebih dahulu. Perjalanan dilanjutkan menuju helipad, menurut warga sekitar helipad ini dibuat ketika Presiden/Pajabat Negara berkunjung ke sini. Trek menuju helipad tidak terlalu mengguras tenaga, kalian akan sedikit berjalnan untuk mengelilingi bukit. di lokasi Helipad terdapat Batu Parapoton, Batu Parapoton adalah tempat berkumpul petinggi suku tanah batak untuk rapat dan menggambil keputusan penting.


Helipad - Puncak Pusuk Buhit (60 menit)

Perjalanan dari helipad menujuk puncak pusuk buhit, kalian akan melewati trek pendakian yang cukup terjal dan sedikit mengguras tenaga. di Jalur ini kalian harus berhati-hati karena terdapat beberapa jalur yang tidak terlalu jelas, setelah itu kalian akan memutar melewati punggung bukit yang berbatu. Sebelum mencapai puncak kalian akan melewati tanjakan yang cukup curam.


Foto/froshac
Puncak Gunung Pusuk Buhit adalah temap berziarah dan berdoa kepada leluhur agar hidup kita diberkati. di Pemakaman ini kalian akan melihat bendera berwarna Merah putih dan hitam. menurut penduduk sekitar itu adalah bendera dari Suku Batak.