Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Sibayak 1900 Mdpl, Gunung Untuk Pendaki Pemula

Gunung Sibayak merupakan gunung yang memliki status aktif. Gunung Sibayak memiliki ketinggian 2212 mdpl. terkahir gunu ini meletus pada tahun 1881, gunung ini terkadang masih erupsi karena terpengaruh oleh kawah Gunung Sinabung

Bagi Orang Sumatra khusunya Sumatra Utara gunung sibayak sering digunakan untuk rekresai ( Camping ) selain pemandanganya yang indah, jalur pendakian gunung sibyak cukup mudah untuk wisata. untuk sampai lokasi camping ground kalian membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam, kalian juga dapat menikmati puncak Takal Kuda.



tanah karo, berastagi, puncak gunung, misteri gunung, puncak takal kuda
Foto/Andika.smr
Perjalanan menuju Gunung Sibayak  bisa kalian tempuh menggunakan angkot dari Kota Medan. Perjalnan dari kota medan munuju pos pemberhentian memakan waktu sekitar 10 -12 jam tergantung dengan kondisi.

Biasanya para pendaki akan diturunkan di Simpang Tiga dimana biasanya tempang ujung mendaki menggunakan angkot, disana kalian dapat memilih angkot biasanya tariff yang dikenakan sebesar 10-15 ribu tergantung kalian bernegosisasi.

Untuk memasuki wilayah gunung sibayak kalian juga bisa menggunakan motor, disana juga telah disediakan tempat parkir untuk motor. biaya parkir sendiri sekitar Rp20.000 – Rp30.000 per mobil dan Rp15.000 – Rp20.000 per motor.

Pendakian pertama kalian akan menemui jalan yang sedikit berlubang selain itu kalian juga akan melewati pepohonan yang cukup besar, rata-rata pohon didaerah sumatera besar-besar.


tanah karo, berastagi, puncak gunung, misteri gunung, puncak takal kuda
Foto/Judiputraaditya
Setelah melakuan perjalanan kurang lebih 2-3 jam kalian akan tiba dipos terakir. Diposko itu biasanya sangat ramai oleh pendaki. Selain itu kalian dapat sholat karena disana telah disediakan fasilitas yang cukup memadai

Untuk menuju pos selanjutnya kalian akan melewati trek yang cukup menanjak, selain itu kalian juga harus berhati-hati karena jalan menuju pos selanjutnya cukup terjal apalagi jika kalian melakukan pendakian pada saat malam hari.

Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan kalian akan tiba di Camping Ground, biasanya para pendaki mendirikan tenda disana sebelum melanjutkan perjalnan menuju puncak Sibayak.


tanah karo, berastagi, puncak gunung, misteri gunung, puncak takal kuda
Foto/mirzapratama07
Pemandangan dari puncak sibayak memang benar-benar menggugah selera, sampai aku lupa udara dingin disana dengan semua pemandangan yang begitu memukau. kalian juga bisa menggunjungi puncak tamal kuda

Disana kami bertemu dengan orang-orang baru yang sangat ramah dan bersahabat,tak heran jika mendaki gunung kita bakal mendapat banyak teman baru.