6 Sifat Kebiasaan Pendaki yang harus Kalian Miliki

Mendaki adalah kegiatan yang berhubungan dengan alam. Kegiatan mendaki atau kegiatan pecinta alam merupakan kegiatan yang dilakukan dialam bebas yang bukan milik kita. sebagai manusia yang berakal kita harus mempunyai insifiatif untuk menjadi manusia yang baik serta berguna.




Dalam kegiatan mendaki tidak hanya memikirkan tentang keindahan dan kenyamanaan yang telah diberikan alam untuk kita. sebagai manusia kita wajib menjaga, merawat dan menjaganya.

Baca Juga:Etika Buang Air Besar di Gunung

Oleh sebab itu pendaki atau pecinta alam harus memiliki sifat yang harus dimiliki. berikut ini adalah sifat yang harus kalian memiliki ketika menjadi pecinta alam maupun menjadi pendaki.


1.Disiplin

Disiplin adalah suatu sifat atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk taat dan bisa mengendalikan diri, agar tetap mematuhi aturan yang telah dibuat atau disepakati .Seorang pendaki harus memiliki sifat disiplin, dalam ini dispilin mencangkup banyak hal mulai dari disiplin waktu, disipling tentang peraturan yang ada dan disiplin sebagai pendaki.


2.Tidak Egois

Menjadi seorang pecinta alam atau pendaki harus memiliki sifat tidak egois. sifat egois sendiri adalah sifat yang tidak mementingkan diri sendiri. sifat ini harus kalian tanamkan sejak dini supaya kalian menjadi pendaki yang mementingkan kepetingan bersama dari pada kepetingan diri sendiri. contohal ini berlaku ketika kalian minim logistik karena itu kita harus membagi logsitik/ makanan saat kondisi terburuk.

3.Bertanggung Jawab

Bertanggung Jawab merupakan sifat yang wajid dimiliki oleh pecinta alam maupun pendaki. Sifat ini harus kalian tanamankan sejak kalian memulai pendakian atau kegiatan alam lainya. anda harus bertanggung jawab atas apa yang kalian lakukan di alam bebas, dalam artian anda harus menjaga apa yang kalian pegang.

4.Kreatif

Seorang Pegiat alam harus mempunyai pemikirian yang kreatif. Pemikirian kreatif dan kalian lakukan dalam banyak hal mulai dari cara mendirikan tenda dengan benar, membuat api unggun dengan aman dan pemikiran kreatif lainya. pemikiran kreatif harus selalu ada dalam diri kalian

5.Berani Mengambil Resiko

Berani mengambil resiko adalah salah satu kunci dalam memulai petualangan, karena dalam pendakian reskio merupakan hal utama yang harus dilalui, yaitu berani salah, berani mengambil keputusan, berani menghadapi masalah, berani menahan diri untuk tidak merugikan diri sendiri dan kelompok, serta berani untuk tanggung jawab.

6.Leadership

Leadership atau kepemimpinan adalah suatu seni, fungsi, proses dan kemampuan dalam mempengaruhi dan mengarahkan orang-orang dengan cara kepatuhan, kepercayaan dan kesetiaan agar berbuat sesuatu sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan

Baca Juga:Cara Menghentikan Peredaran Darah

Dalam melakukan Pendakian anda harus memiliki sifat pemimpin, sifat ini bertujuan supaya anda dapat mengatur atau memberi arahan dengan benar.

0 Response to "6 Sifat Kebiasaan Pendaki yang harus Kalian Miliki"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel