Daftar Gunung yang Berada di Provinsi Aceh, Lengkap!

Aceh merupakan salah satu provinsi yang berada diujung barat Indonesia. di Aceh selain kental dengan ajaran islamnua juga banyak menyimpaan keindahan alam. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh kalau dulu Koetaradja.

Berbicara tentang gunung , di Aceh kalian akan banyak menjumpai banyak gunung, bisa dibilang aceh termasuk salah satu tujuan para pendaki . Pegunungan Bukit Barisan dan jajaran gunung yang membentang dari ujung utara (Aceh) sampai ujung selatan (Lampung) pulau Sumatera menjadikan provinsi aceh adalah awal dari segalanya.


Berikut ini adalah daftar gunung yang berada diprovinsi aceh:

1.Gunung Leuser


aceh, puncak gunung, bukit lawang, gayo lues, pendaki gunung, aceh tenggara
Foto/Pixabay
Gunung Leuser memiliki 3 jejeran puncak tertinggi diantaranya puncak leuser (3.119 mpdl), puncak Loser (3.405 mdpl) dan puncak tanpa nama (3.556). Untuk bisa mencapai puncak gunung leuser, gunung tertinggi di Provinsi Aceh ini kalian akan menempuh pendakian selama kurang lebih 14 hari.

Taman gunung Leuser dinobatkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.Taman Nasional ini telah menjadi Cagar Biosfer sejak tahun 1981, Cagar Biosfer Gunung Leuser sendiri memiliki kawasan inti seluas 792.675 ha yang ditetapkan pada tahun 1980.


2.Gunung Bandahara


pulau sumatra, ketinggian, mdpl, gunung berapi, 3300 mdpl, nanggroe aceh, gunung tertinggi
Foto/Goggle
Gunung Bandahara berbeda dengan tipe gunung lainya yang berada di sumatra, gunung ini buka tipe gunung berapi seperti biasanya. Gunung Bandahara memiliki tinggi 303o Mdpl. gunung ini merupakan gunung tertinggi ke empat di Pulau Sumatra, letak gunung bandahara ini tepatnya 50 km di sebelah tenggara timur Kota Blang Kejeren ibu kota Gayo Lues - Provinsi Aceh.

Baca Juga:Pendakian Gunung Bendahara

3.Gunung Abong-Abong


metalik, gunung tertinggi, gunung merapi, puncak gunung, perikson, mdpl, gunung api
Foto/Goggle
Gunung Abong adalah gunung yang berlokasi di Kec.Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Gunung Abong memiliki ketinggian 2895 Mdpl.Gunung ini termasuk dalam spesifikasi Stratovulkano.menurut data yang diperoleh dari peneliti Belanda pada tahun 1851 yang bernama v.v voolstjen. 

Gunung Abong – Abong memiliki kadar epidermis Batu bara yang tinggi dan puncak serta pendukung counturenya yang jarang kelihatan membuatnya kesulitan menentukan bebatuan lainnya yang memiliki kadar logam sempurna.


4.Gunung Burni Kelieten


mpdl gunung, gayo, burni telong, burni kelieten, mendaki, kpgriaceh, danau laut tawar, kelieten takengon aceh tengah
Foto/cho.ariaga
Gunung Burni Kelieten adalah gunung yang berada diwilayah administratif Kejuruan Syiah Utama Kec. Bintang Kab. Aceh Tengah. Gunung Klieten memiliki ketinggian 2930 Mdpl.
Menurut certia masyarakat penamaan gunung Burni Kelieten berasal dari Bahasa suku Gayo yang memiliki Gunung Kelihatan.

Baca Juga:Pendakian Gunung Burni Kelieten

Jika anda ingin mendaki Gunung Burni kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dengan latar belakang pegunungan dan laut yang bisa kalian lihat dari Puncak Batu.


5.Gunung Geruedong.


aceh, jalur pendakian burni telong, bener meriah, puncak gunung merapi, burni telong
Foto/dickyasng
Gunung Geureudong adalah gunung yang berada diwilayah Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Gunung Geureudong memiliki ketinggian 2885 Mpdl, menurut pengalaman warga yang berada diwilayah gunung geureudong untuk mendaki gunung Geuruedong membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 7 hari.

Baca Juga:Pendakian Gunung Geureudong

Jika anda ingin mendaki Gunung Geuredong pastikan anda memiliki pengalaman mendaki yang tinggi serta ilmu survival yang bagus. bukan main, karena kalian akan ditujukan trek pendakian yang masih alami atau jarang terjamah oleh manusia.

6.Gunung Peut Sagoe


bener meriah, upaya mitigasi, gunung api, gunung tertinggi, burni telong
Foto/dadank_kpl
Gunung Peut Sagoe adalah gunung yang berada di wilayah Tangse, Pidie. Gunung berjenis Starrtos ini menjulang tinggi dengan memiliki empat buah puncak sekaligus. Gunung Peut Sagoe memiliki ketinggian 2.780 Mpdl. Secara geografis gunung ini terletak pada 40 55,5 ' LU dan 960 20' BT dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Pidie. bentuk gunung ini termasuk vulkanik termasuk gunung api Muda (Kwarter).

7.Gunung Burni Telong


telong bener meriah, mendaki gunung, gunung berapi, puncak gunung api, aceh, aceh tengah,takengon
Foto/pendakiaceh
Gunung Burni Telong adalah gunung yang berada di Gayo, Aceh. Gunung Burni Telong memiliki ketinggian 2670 Mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi ke 10 di provinsi Aceh. Burni Telong terkenal dengan keindahaan padang Edelweis. Kalian bisa mendaki gunung burni telong dengan menuju desa Rembune, kalian akan dikenakan simaski sebesar 5000 rupiah per orang.

Baca Juga:Pendakian Gunung Burni Telong

8.Gunung Perkison


perkison, puncak gunung pekison, leuser, gunung leuser
Foto/TripTrus
Gunung Perkison adalah gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, yakni terletak diKecamatan Badan (Aceh) dan Kecamatan Batang Serangan (Sumut). Gunung Perkison memiliki ketinggian 2.828 Mpdl dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL. Posisi gunung ini berada di sisi selatan gunung Leuser.

Untuk mendaki ke Gunung Perkison kalian bisa melalui Kota Cane, Kota Cane sendiri adalah ibukota Kabupaten Aceh Tenggara. Jarak tempuh dari Kota Cane ke Gunung Perkison kurang lebih 32 Km. Tepatnya berada di kampung desa Lawe Harum.


9.Gunung Kemiri

aceh tenggara, gunung leuser, 3315 mdpl, puncak gunung, pendakian gunung, aceh , gayo lues
Foto/Satyaweniie
Gunung Kemiri merupakan salah satu pegununggan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Gunung Kemiri memiliki ketinggian sekitar 3.314 Mpdl. pada peta topografi gunung kemiri termasuk dalam gunung tertinggi di kawasan Leuser. titik pendakian berada di Desa Gampang, Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.

Pendakian Gunung Kemiri bisa kalian lalui melalui Desa Gumpang dengan lama pendakian untuk sampai puncak sekitar 4-5 hari perjalnan dengan menyusuri kawasan hutan Leuser. Biasanya para pendaki bisa turun lebih cepat dengan memakan waktu 2 hari saja.
Mayoritas masyarakat dilereng gunung adalah petani dengan mayoritas suku



10.Gunung Bateekeubeu

Gunung Bateekeubeu adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Indonesia, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki ketinggian 2756 meter, atau setara dengan 9042 kaki.  Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Bateekeubeu ini berada di wilayah Asia.  

Apabila anda memiliki uang serta keberanian yang cukup anda bisa mengunjungi Gunung Bateekeubeu di Indonesia, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Asia untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya (selama diijinkan oleh pemerintah setempat).  Gunung Bateekeubeu merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, kokoh dan indah yang harus kita syukuri dan kita pelihara.






ACEH JAYA


Aceh Jaya terletak berdekatan dengan Aceh Barat, dan memiliki wilayah yang cukup luas dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di provinsi Aceh. Aceh Jaya beribukota di kota Calang. Garis pantai yang panjang menjadi objek wisata yang kuat, serta menjadi daya perekonomian masyarakat. Ditambahlagi ada beberapa pulau-pulau kecil di sekitar pantai Aceh Jaya dan juga masuk dalam kategori wisata pulau, yakni: Pulau Tsunami, Pulau Reusam. Selain itu di Aceh Jaya juga memiliki potensi alam lain berupa gunung, gunung yang ada di Aceh Jaya antara lain:
  1. Glee Batee Meucica
  2. Gle Meutala
  3. Gn. Hulumasen
  4. Gn. Awan
  5. Gn. Gle Trieng
  6. Gn. Gle Bae
  7. Gn. Geureutee
  8. Gn. Gle Meudom
  9. Gn. Ujean
  10. Gn. Meudheh
  11. Gn. Cempueng
  12. Gn. Hujeun
  13. Gn. Duek
  14. Gn. Pucuk Dua
  15. Gle Goh Leumo
  16. Gle Teumaho
  17. Gle Rabeue
  18. Gle Romeng
  19. Gle Tunghob
  20. Gn. Gohteungoh
  21. Gle Macan

ACEH SELATAN

Aceh Selatan beribukota di Tapak Tuan. Wilayah Aceh Selatan berbentuk memanjang dengan garis pantai yang panjang, dan berbatasan dengan kabupaten Aceh Singkil. Potensi alam yakni berupa pantai dan pegunungan. Aceh Selatan juga masuk dalam kawasan kaki gunung Leuser.
  1. Gunung Leuser
  2. Gunung Meukek

ACEH TAMIANG

Aceh Tamiang adalah wilayah yang terletak di sisi timur paling selatan di provinsi Aceh. Lokasinya tidak luas, dan berbatasan langsung dengan Sumatera Utara. Di Aceh Tamiang, mayoritas penduduknya adalah etnis melayu. Ibukotanya di Karang Baru.
Gunung di Aceh Tamiang:
  1. Gn. Segama
  2. Gn. Sikundur
  3. Gn. Bur Gayo
  4. Gn. Bunder
  5. Gn. Mesjid
  6. Bukit Alur Gajah
  7. Gn. Topi
  8. Gn. Titiakar
  9. Gn. Gohalembu
  10. Burni Pepanyi
  11. Gn. Lelawah
  12. Gn. Huluranggas
  13. Gn. Kulitmanis
  14. Gn. Mesigit
  15. Gn. Badak
  16. Bukit Sikajang
  17. Bukit Sijantung
  18. Bukit karang Putih

ACEH TENGGARA

Aceh tenggara berbatasan langsung dengan sumatera utara. Ibukotanya yakni di Kutacane. Aceh Tenggara juga merupakan wilayah yang didominasi oleh dataran tinggi dan tidak memiliki daerah pantai. Aceh tenggara berpenduduk suku-suku yang banyak namun tidak pernah terjadi kerusuhan maupun masalah sara. Oleh sebab itu daerah ini dinilai sangat toleran dan damai.
Daftar gunung di Aceh Tenggara;
  1. Gn Leuser
  2. Gn Perkison
  3. Gn Bandahara
  4. Gn pungongesong
  5. Gn Obor
  6. Gn Gulu
  7. Gn Uning Sigugur
  8. Gn Buluhbiang
  9. Gn Deleng puntung
  10. Bukit Panji
  11. Deleng Rutungtajal
  12. Deleng Kukuran


ACEH TIMUR

Aceh Timur dikenal dengan penghasil minyak dan berdekatan dengan pesisir pantai. Ibukotanya di Idi Rayeuk. Wilayah Aceh Timur terbilang cukup luas dibandingkan kabupaten lain di Aceh, namun dari segi kepadatan penduduk bisa dibilang rendah. Di Aceh Timur ini produk unggulannya yakni hasil pertanian dan perkebunan. Berikut daftar gunung di Aceh Timur:
  1. Gunung/Bukit Raja
  2. Gn Sembuang
  3. Gn Mugajah
  4. Gn Besar
  5. Gn Gajah
  6. Bukit Judi
  7. Bukit Sangkapane
  8. Bukit Dinding
  9. Bukit Kemuning
  10. Bukit Sampan
  11. Bukit Rantau Panjang
  12. Bukit hagu


ACEH UTARA

Kabupaten Aceh Utara berbatasan langsung dengan Aceh Timur. Ibukotanya di Lhoksukon. Daerah Aceh Utara memiliki perjalanan sejarah yang sangat kental terhadap terbentuknya provinsi Aceh. Dahulu daerah ini adalah sebuah wilayah kerajaan islam pertama Nusantara yakni kerajaan Samudera Pasai. Dari segi geografis, daerah Aceh Utara sangat potensial karena mencakup wilayah pantai, pegunungan, dan aliran sungai. Salah satu objek wisata gunung di Aceh utara yakni:
  1. Gunung/bukit Salak


BENER MERIAH

Kabupaten Bener Meriah yang beribukota di Simpang Tiga Redelong. Wilayah ini merupakan wilayah termuda di provinsi Aceh, karena baru disahkan tahun 2004. Wilayah Bener Meriah tidak memiliki pantai dan tidak begitu luas, namun potensi hasil perkebunannya cukup bagus yakni salah satunya berupa kopi.
Daftar gunung di Bener Meriah:
  1. Gn. Geureudong
  2. Burni Telong
  3. Gn. Buntul Kemumu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel