Daftar Gunung Yang Berada di Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu Provinsi yang berada diujung barat indonesia dan berdekatan dengan Provinsi Aceh. Provinsi ini menjadi tujuan selanjutnya para pendaki Indonesia bagian barat dengan beberapa gunung yang cukup terkenal.

Berbicara dengan alamnya, Provinsi Sumatera Utara tak beda jauh dengan provinsi aceh yang memiliki banyak sekali gunung untuk didaki. Selain itu beberapa gunung di sumatera utara menjadi tujuan para pendaki setelah aceh.

Berikut ini daftar gunung yang berada di Provinsi Sumatera Utara:


1.Gunung Sibuatan


gunung sibuatan via pancur, gunung sibayak, gunung sinabung, pendakian, pintu rimba
Foto/PlesirKotaTua
Gunung Sibuatan merupakan salah satu gunung yang bestatus aktif,Gunung Sibuatan memiliki jalur pendakian via pancur. Gunung Sibuatan berada di Sumatra Utara tepatnya di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Gunung Sibuatan sendiri memiliki ketinggian 2457 Mdpl merupakan salah satu gunung tertinggi di Sumatra Utara.

Daerah di sekitar gunung buatan memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan berbeda dengan daerah lainya, curah hujanya sendiri berada di rata-rata 2000 mm per tahunnya, untuk musim hujanya sendiri berada bulan September hingga Desember sedangkan untuk  musim kemarau terjadi pada bulan januari hingga Agustus.


2.Gunung Sibayak


tanah karo, berastagi, puncak gunung, misteri gunung
Foto/Andika.smr
Gunung Sibayak merupakan gunung yang memliki status aktif. Gunung Sibayak memiliki ketinggian 2212 mdpl. terkahir gunu ini meletus pada tahun 1881, gunung ini terkadang masih erupsi karena terpengaruh oleh kawah Gunung Sinabung.

Baca Juga:Pendakian Gunung Sibayak

Bagi Orang Sumatra khusunya Sumatra Utara gunung sibayak sering digunakan untuk rekresai ( Camping ) selain pemandanganya yang indah, jalur pendakian gunung sibyak cukup mudah untuk wisata. untuk sampai lokasi camping ground kalian membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam, gunung ini selalu ramai setiap akhir pekan atau libur panjang tiba.



3.Gunung Sorik Merapi


lembah sorik, merapi geotermal, sumatera utara, desa sibanggor julu, merapi sumbar
Foto/Andikia.smr
Gunung Sorik Merapi ini memiliki ketinggian 2145 mdpl. Gunung Sorik Merapi terletak di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandiling Natal, Sumatra Utara. 

Baca Juga:Pendakian Gunung Sorik Merapi

Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif, terakhir meletus pada tahun 1987 dan memutahkan lahar panas sampai ke Kabupaten Pasaman. dilihat dari aktifitas gunung ini selalu dipantau oleh petugas.



4.Gunung Pusuk Buhit


lake toba, raja batak, dolo pusk, pulau samosir, siraja batak
Foto/Abrararusafa
Gunung Pusuk Buhit ini memliki ketinggian 1982 Mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Bagi orang suku batak, gunung ini merupakan gunung yang disucikan, konon masyarakat percaya bahwa digunung ini terdapat leluhur mereka yang bernama Siraja Batak, dan masih menjadi leluhur Suku Batak hingga saat ini.

Baca Juga:Pendakian Gunung Pusuk Buhit

kalian bisa melihat pemandangan Gunung Pusuk Buhit melalui menara panda Tele. dari menara ini kalian dapat melihat dengan jelas Gunung Pusuk Buhit mulai dari lembah, lereng, hingga puncak gunung. Menara Panga Tele terletak di Desa Sianjur Malumala, didesa ini juga menjadi titik pertama melakukan pendakian.


5.Gunung Sipiso-Piso


mendaki bukit gundul, air terjun sipiso, danau toba, kabupaten karo
Foto/PandanAdventure
Gunung Sipiso-Piso adalah gunung yang berada di Kecamatan Merak, Kabupaten karim Provinsi Sumatera Utara. Gunung Sipiso-Piso memiliki ketinggian 1900 Mdpl. jika kalian menggamati dengan teliti terdapat hal unik digunung ini, kalian hanya dapat melihat pepohonan dipuncak gunung saja.

Jika kalian ingin mendaki gunung ini kalian dapat menggunakan sepeda montor dan dapat kalian tempuh dalam waktu 1 jam saja dari pos hingga puncak gunung.

6.Gunung Sibual-Buali


terjun silima lima, mandi uap, lubuk raya, plus sipirok, vulcano
Foto/TikateascollsBlog
Gunung Sibual-buali adalah sebuah Gunung yang terletak di Sipirok, Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara yang memiliki ketinggian 1819 meter, atau setara dengan 5968 kaki. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Sibualbuali ini berada di wilayah Asia.

Jika anda ingin mendaki gunung ini akses untuk menuju puncak cukup susah, karena gunung ini jarang terkenal dan jarang untuk didaki. Jika ingin mendaki gunung ini kalian dapat meminta izin oleh masyarakat sekitar gunung Sibual-Buali

Daftar Gunung di Kabupaten Karo

Ibukota Karo terletak di Kabanjahe. Kabupaten Karo adalah wilayah yang dilalui bakit barisan oleh karena itu pada bagian ini kondisi alamnya sejuk dan subur. Selain itu wilayah Karo juga berbatasan langsung dengan Aceh dan berdekatan pula dengan danau Toba. Mayoritas penduduk daerah Karo adalah suku asli yakni suku Karo dan beragama kristen protestan. Kabupaten Karo juga tidak lepas dari sejarah panjangnya akan kerajaan.
Daftar gunung di kabupaten Karo:
  1. Gn. Sibayak
  2. Gunung Sinabung
  3. Gunung Ketaren
  4. Gunung Barus
  5. Gunung Sibuaten
  6. Gunung Macik
  7. Gunung Sipiso-piso
  8. Gunung Sembah Bala
  9. Gunung Kutu
  10. Gunung Pabo
  11. Gunung Singkut
  12. Gunung Gajah
  13. Gunung Pertekteken
  14. Bukit Gundaling

Daftar Gunung di Kepulauan Nias

Pulau Nias terletak di sisi barat Sumatera Utara. Pulau ini telah dimekarkan dan menejadi beberapa wilayah kabupaten yakni: Kabupaten Nias, Nias Barat, Nias Selatan, dan Nias Utara, serta kotamadya Gunungsitoli. Dalam bahasa daerah Nias, Pulau Nias disebut dengan istilah Tanö Niha. Tradisi yang sangat terkenal dari pulau Nias adalah tradisi lompat batu. Mayoritas penduduk adalah suku asli Nias dan 90% beragama kristen protestan. Produk dari pulau Nias adalah berupa hasil bumi pertanian, perkebunan serta perikanan.
Daftar gunung di pulau Nias dan kepualauan Nias:

  1. Gn. Lelematsyua
  2. Gn. Bawojuho
  3. Gn. Bolombawo
  4. Gn. Bawofarono
  5. Gn. Bala


Daftar Gunung di Pulau Toba Samosir

Ibukota Toba Samosir adalah Belige. Toba Samosir biasa disingkat dengan “Tobasa”. Wilayah Tobasa berbeda dengan wilayah Samosir. Jika Samosir mencakup pulau Samosir, sedangkan Tobasa adalah wilayah di sisi sebelah Selatan dari danau Toba. Hampir sama dengan Samosir, wilayah Tobasa juga mayoritas penduduknya adalah asli batak Toba dan beragama kristen. Ditambah lagi pendapatan lokal juga sebagian besar dari pariwisata serta pertanian. Daftar gunung di Tobasa:
  1. Dolok Sihabuhabu
  2. Gunung Sihara Sihuring
  3. Gn. Pangulubao
  4. Dolok Tolong
  5. Gunung Pusuk Buhit
  6. Dolok Sanggul
  7. Dolok Surungan

0 Response to "Daftar Gunung Yang Berada di Provinsi Sumatera Utara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel