Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Perkison 2.828 Mdpl Via Desa Lawe Harum

Gunung Perkison adalah gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, yakni terletak diKecamatan Badan (Aceh) dan Kecamatan Batang Serangan (Sumut). Gunung Perkison memiliki ketinggian 2.828 Mpdl dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL. Posisi gunung ini berada di sisi selatan gunung Leuser.

Untuk mendaki ke Gunung Perkison kalian bisa melalui Kota Cane, Kota Cane sendiri adalah ibukota Kabupaten Aceh Tenggara. Jarak tempuh dari Kota Cane ke Gunung Perkison kurang lebih 32 Km. Tepatnya berada di kampung desa Lawe Harum.

Puncak Gunung Perkison berada diperbatasan taman, sebelah timur lembah Alas. Pendakian dapat kalian mulai di Desa Lawe harum yang lokasinya tidak jauh dari Tanah Menrah (Kantor PPA)

Jika kalian ingin mendaki Gunung Perkison pastikan kondisi fisik, mental harus baik, karena untuk menuju ke puncak Gunung Perkison kalian akan menghadapi jalur yang sangat terjal dan tentunya hutan sumatera yang sangat lebat

Jalur pendakian Gunung Perkison berupa hutan bukit. disepajang perjalanan kalian akan menjumpai hewan sejenis ketupai, Selain itu kalian juga kan banyak menemui tumbuhan bunga Raflesia diketinggian 1.200 Mpdl. Selanjutnya pendaki akan menjumpai hutan yang sangat lebat dan berlumut.

gunung kaba, aceh tenggara, puncak gunung kerinci, nasional gunung leuser, kutacane
Foto/Themoutainofindonesia
Tiba di puncak Gunung Perkison kita dapat menikmati pemadangan alam yang sangat memukau seperti dapat menikmati pemandangan Sungai Alas dan Kota Cane dari Puncak Perkison. Jika keadaan cuaca bagus bisa juga menyaksikan Bukit Barisan dan Gunung Bendahara.

Baca Juga:Pendakian Gunung Sorik Merapi

Di Puncak Gunung Perskison juga memiliki tugu Triangulasi yang masih berdiri kokoh hingga sampai dengan sekarang.


Tempat Wisata di Sekitar Gunung Perkison

Selain itu, disekitar gunung perkison juga terdapat beberapa wisata yang dapat dikunjungi antara lain Air Terjun Lawe Dua, Air Panas Lawe Geger, Benteng Tugu Kuta Reh, Gua Semung, Waterpark di Kutacane dan Situs Rumah Adat Perkison.

Pendaki juga dapat berkunjung ke Wisata Air Terjun Gelo yang berlokasi di Kute Gulo, Darul Hasanah. Air terjun ini merupakan pemandian yang masih alami yang bisanya dikunjungi para wisatawan setiap akhir pekan tiba.

Jika kalian bosan dengan wisata darat lainya kalian juga dapat mencoba wisata yang sedikit menantang adrenalin yaitu wisata arung jeram. Wisata arung jeram ini terletak di Desa Mbarung, Kabupaten Aceh Tenggara.



Air Terjun Lawe Dua

Selain menjadi destinasi tujuan wisatawan, air terjun ini juga menjadi salah satu sumber air bagi para penduduk yang tinggal disekitatnya. Penduduk memanfaatkan air di tempat ini untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci, memasak, mandi, hingga sebagai sumber air minum.