Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendakian Gunung Sorik Merapi 2145 Mdpl, Mandaling Natal

Gunung Sorik Merapi ini memiliki ketinggian 2145 mdpl. Gunung Sorik Merapi terletak di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandiling Natal, Sumatra Utara. 

Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif, terakhir meletus pada tahun 1987 dan memutahkan lahar panas sampai ke Kabupaten Pasaman. dilihat dari aktifitas gunung ini selalu dipantau oleh petugas.

Pendakian Gunung Sorik Merapi


Perjalanan untuk menuju lokasi pendakian gunung sorik merapi bisa kalian tentukan dari mana kalian berangkat. Misalnya dari anda dari Jakarta, kalian bisa menuju ke beberapa kota seperti dibawah ini:


1.Medan

Setelah sampai dibandara Medan, perjalanan selanjutnya dapat kalian teruskan menggunakan angkutan darat. kalian bisa menyarter mobil atau menaiki bus umum, untuk harganya sendiri cukup murah. jika kalian memilih menggunakan Bus ambilah jurusan Medan-Panyabungan kemudian anda bisa turun disimpang Jembatan Merah. Perjalanan harus kalian lanjutkan menggunakan angkutan kota/desa untuk menuju desa Sibanggor Julu. Total perjalanan memakan waktu kurang lebih 12-14 jam tergantung kondisi lalulintas.

2.Padang

Hampir mirip dengan perjalanan dari kota Medan, kalian bisa menggunakan mobil carteran atau angkutan umum seperti bus. untuk jalurnya kalian akan melewati jalan Trans-Sumatera.

3.Tapanuli Selatan.

Rute yang satu ini memakan waktu lebih cepat, kalian dapat menggunakan jalur udara dengan rute Bandara Pinang Sori Tapanuli Selatan, kemudian dilanjutkan menuju Jembatan Merah. Tujuan akhirnya masih sama yaitu Desa Sibanggor Julu.


Simaksi Pendakian Gunung Sorik Merapi Mandalaing Natal Sumut.


Setelah sampai didesa SIbanggor Julu kalian harus melakukan simaksi atau pendaftaran untuk memasuki Taman Nasional Batang Gadis (TNGB). anda harus melakukan simaksi terlebih dahulu dan izin melapor kepada Kepala Desa Sibanggor Julu.

Baca Juga:Pendakian Gunung Burni Telong

Karena gunung ini masih tergolong gunung yang jarang didaki, kalian harus menyewa guide/porter. Tarif yang dikenakan untuk menyewa guide sebesar 250.000 - 400.000 ribu, kalian juga bisa melakukan negoisasi, saya sarankan untuk pantungan saja karena akan lebih murah dan menghemat biaya.

Usut punya usut ternyata para pendaki yang ingin melakukan pendakian menuju puncak gunung sorik merapi harus menyewa guide atau porter untuk menaikan ekonomi penduduk lokal.


Alasan Menyewa Guide/Porter.


Pernah mendengar kabar bahwa Gunung Sorik Merapi yang berada di Desa Sibanggor ini mempunyai hubungan magis/mistis terhadap penduduk dikaki gunung. Untuk menjaga pantangan dan larangnya sebaiknya para pendaki harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh guide. Jadi seluruh aktifitas atau kegiatan yang melewati Desa Sibanggor Julu harus mengikuti adat istiadat yang telah ditetapkan oleh petinggi desa.


Pendakian Menuju Puncak Gunung Sorik Marapi.

Pendakian pertama kalian akan dihadapkan dengan trek yang cukup terjal berupa tanjakan yang cukup curam dan panjang. kemiringan medan bisa mencapai kurang lebih 60 - 70 derajat. kalian harus menyiapkan fisik yang kuat dan mental baja.

Setelah melakukan perjalnan kurang lebih 50 menit kalian akan menemukan bekas tambang belerang. Perjalnan dilanjutkan menuju hutan yang sangat rimbun nan lebat, disini kalian sudah memasuki TNGB. para pendaki biasanya menyebutnya dengan pintu hutan, sebelum melanjutkan pendakian guide akan menggumandangkan azan sebagai tanda bahwa rombongan akan memasuki hutan.

Baca Juga:Pendakian Gunung Burni Kellieten 

Jika kalian sudah menemukan tumbuhan perdu, kalian akan dihadapkan trek yang cukup sempit dan merunduk, merayap untuk melewati trek ini. Lokasi inilah puncak Gunung Sorik Marapi dengan beberapa kawah belerang yang menggeluarkan asap.

Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang, kalian akan sampai di puncak Gunung Sorik Merapi. Pemandangan diatas gunung sangat indah, kalian bisa melihat seluruh penjuru dengan lepas. Rasa lelah kalian akan terbayar setelah melihat ciptaan Tuhan yang begitu indah di negara Indonesia.


Rumah Adat Lokal 

Jika kalian melihat dengan seksama kalian akan menjumpai rumah penduduk lokal yang masih kental dengan kebudayaan sumatera. rumat kayu punggung beratapkan ijuk, rumah ini hampir dapat kalian jumpai didesa yang masih terwat dengan baik sampai sekarang.

Tips Mendaki Gunung Sorik Marapi


  1. Siapkan mental dan fisik yang baik, karena kalian akan menempuh perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan.
  2. Kalian harus mengetahui medan pendakian sebelum melakukan treking. karena disini kalian akan menghadapi hutan yang masih alami atau jarang dilalui manusia.
  3. Gunung Sorik Merapi tidak terdapat pos pendakian, yang artinya kalian harus melakukan pendakian 1 hari saja. pagi berangkat sorenya harus turun.
  4. Bagi perempuan kalian tidak boleh mendaki gunung Sorik Merapi.
  5. Sebaiknya kalian medaki gunung sorik marapi pada saat musim kemarau, karena jika musim hujan untuk menuju puncak cukup sulit karena trek yang licin dan melewati beberapa jurang.