Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Ulasanya

Mendaki adalah saltah satu olahraga yang digandrungi oleh pemuda milenial. Namun seiring perkembangan zaman, menikmati alam dari ketinggian menjadi cita-cita seluruh kalangan termasuk pemuda sekarang.

Meski sedikit membutuhkan tenaga yang cukup banyak ternyata mendaki juga memberi manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan yang Harus Kalian Ketahui

Pemandangan alam yang indah disepanjang perjalnan hingga puncak akan menghilangkan rasa letih hanya dalam sekejap. Penasaran manfaat apa saja saak mendaki? Simak dibawah Manfaat mendaki gunung.

1.Meningkatkan Kesehatan

Olahraga ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan jantung. Perjalanan saat mendaki akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari pada aktifitas biasanya. Udara disekitar pegunungan yang masih segar dan alami terbebas dari polusi udara juga akan menambah dapak positif bagi kesehatan.

2.Mengurangi Stress

Selain meningkatkan kesehatan mendaki gunung juga dapat menghilangkan stress. Pemandangan indah yang ditawarkan saat mendaki gunung akakn membantu menghilangkan segala kesibukan atau kepenatan pekerjaan. Salain itu, menurut penelitian berjalan dengan dengan durasi yang cukup lama juga akan meningkatkan kadar kebahagian.

3.Memperkuat otot kaki. Bagi kalian yang gemar mendaki gunung, tentu sudah tidak diasing dengan berbagai rintangan untuk mencapai puncak. Jalanan yang berkerikil, pasir berbatu nyatanya akan membuat otot kaki kalian semakin kuat dan terbentuk.

Baca Juga: Bahaya Menggunakan Celana Jeans Saat Mendaki

4.Membuat daya ingat lebih baik

Mendaki gunung ternyata juga akan meningkatkan daya ingat, aktifitas fisik berdampak positif untuk kesehatan otak. Dalam mendaki juga dibutuhkan ilmu survival serta menaati peraturan yang berlaku yang sudah ditetapkan oleh pengelola masing-masing gunung.

5.Membuat Tulang Sehat.

Kegiatan mendaki akan berdapampak positif pada tulang, dengan berjalan, melewati tebing, dan berjemur dibawah sinar matahari bisa kamu lakukan untuk memiliki tulang yang padat dengan melakukan pendakian, kamu bisa menjalani kegiatan tersebut secara bersamaan.

6.Menurunkan Berat Badan

Mendaki gunung mengharuskan badan untuk selalu beraktivitas terutama berjalan. Bergerak sendiri dapat membakar kalori tubuh layaknya dengan olahraga lainya. Bagi para pendaki yang memiliki badan yang cukup padat tentu, bisa menjadi kegiatan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Cara Mencari Sumber Air di Gunung

7.Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan penyakit tingginya kadar gula darah (Glukosa). Penyakit ini terjadi akibat tidak bisa menghasilkan insulin (horman pengatur gula darah) . Biasanya orang yang memiliki penyakit ini terdapat gejala nyeri kaki, mulut kering hingga rasa terbakar.

Menurut penilitian, aktivitas fisik seperti mendaki gunung dan makan yang teratur dapat mengatasi penyakit diabetes.