Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Menggunakan Celana Jeans saat Mendaki Gunung

Kenyamanan berpakian dalam kegiatan outdoor seperti mendaki gunung memiliki standart safety tersendiri, maka dari itu ciptakanlah perlengkapan yang sesuai fungsi keamanan dan kenyamanan saat kegiatan tersebut.

Bahaya Menggunakan Celana Jeans saat Mendaki
Bahaya Menggunakan Celana Jeans saat Mendaki (Yanacircle.com)
Pada akhir-akhir banyak basecamp gunung yang berada di indonesia menerapkan standart celana untuk pendakian, misalnya pengelola Gunung Giri Lawu. Pagyuban ini sepakat untuk melarang pendaki menggunakan celana Jeans.

Baca Juga:Tips Mendaki Gunung saat New Normal

Sebab Celana Jeans memiliki bahan yang cukup berat, berpori lebar dan mudah basah. Sehingga, mempermudah pendaki terkena Hypotermia maupun kelelahan. Berikut ini adalah bahaya menggunakan Celana Jeans saat mendaki.

1.Membatasi Gerak Tubuh

Saat mendaki gunung, otot panggul, perut, paha, betis dan kaki akan melakukan fase kontraksi dan relaksasi yang berulang-ulang. Maka dari itu akan terjadi perubahan diameter pada paha, betis dan kaku secara berulang-ulang pula. Sehingga anggota gerak bawah kita membutuhkan ruang yang cukup.

Celana Jeans yang ketat akan membuat otot terbatas pegerakanya, sehingga memudahkan terkena cedera pada otot kaki.


2.Menyebabkan Cedera

Selain menyebabkan cedera, Celana Jeans yang ketat, akan menggangu sistem peredarahan dan saraf pada anggota tubuh. Hal ini akan menyebabkan Compartement Syndrom dimana sel-sel yang bertugas menyuplai darah tidak berjalan dengan lancar, sehingga dapat terjadi kematian sel, penurunan kerja otot jika dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan kelumpuhan.

3.Membatasi Pergerakan

Celana Jeans yang ketat juga akan membatasi pergerakan sendi, sehingga saat kita melangkah dapat menyebabkan kaki terkilir karena berpijak pada tumupuan yang tidak pas, akibat ayunan dan langkah kaki yang sulit bergerak.

4.Celana Jeans Susah Kering

Celana Jeans memiliki sifat low Absorbable Material, dimana jenas sangat lama dalam menyerap air atau keringat, dan sangat lama untuk kering saat terkena air. Dengan kondisi cuaca hujan celana jeans dapat menyebabkan peluar terkena penyakit Hypothermia.

5.Tidak Flexible

Alasan selanjutnya Celana Jenas juga memiliki beban yang lumayan berat pada saat packing tentu akan menambah beban kita saat melakukan pendakian. Alangkah baiknya untuk menggunakan celana quick dray yang yang lebih ringan feksibel dan mudah dibawa.

Baca Juga:Teknik Dasar Mendaki Gunung.

Oleh karena itu, Celana Jeans tidak direkomendasikan untuk kegiatan outdoor terutama untuk pendakian.Sebagai alternatifnya kita bisa menggunakan celana yang berbahan mudah kering, fleksibel dan nyaman untuk dipakai dan tidak menambah bobot tas carrier.