Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Sumber Air Saat Tersesat di Gunung

Cara Mencari Sumber Air Saat Tersesat di Gunung
Cara mencari Sumber Air Saat Tersesat di Gunung
Air menjadi sumber energi utama setelah makanan saat kegiatan outdoor seperti mendaki gunung. Ada beberapa cara untuk mendapatkan air saat berada dialam liar atau saat dalam kondisi survival dialam bebas.

Selain kegiatan yang menyenangkan, mendaki gunung dapat membuat badan lebih sehat. tetapi, sebelum mendaki ke alam liar, alangkah baiknya kalian mengetahui dasar-dasar survival. Termasuk, mengetahui cara menemukan air di alam liar.

1.Jejak Hewan

Jika kalian menemukan jejak hewan saat tersesat, maka ikutilah arah jejak tersebut. Bisa jadi insting hewan lebih tajam ketimbang manusia dan hewan cendurung mengarah dimana sumber air itu berada.

2.Tumbuhan Lumut

Pada kondisi tertentu saat digunung jika terdapat tumbuhanan yang tumbuh subur dan rumpun bisa jadi didaerah tersebut mengarah kesumber air. Maka periksalah dengan teliti siapa tau disikitar tumbunan terdapat sumber air.

Baca Juga:Bahaya Menggunakan Celana Jeans Saat mendaki.

3.Serangga yang Berkumpul

Di gunung jika kalian melihat beberapa serangga sedang berkumpul maka bisa jadi daerah tersebut terdapat sumber air. Karena penghidupan serangga bisanya dekat dengan sumber air.

4.Arah Burung Terbang

Jika kalian mendaki saat pagi maupun sore hari dan melihat sekolompok burung sedang terbang lalu turun didaerah tertentu, maka bisa jadi burung tersebut turun untuk berburu maupun minum air.

5.Daratan yang Rendah

Air biasanya mengalir dari atas ke bawah, maka dari itu pastikan jika akan mencari sumber air cari lokasi yang sekiranya lebih rendah dan kira-kira terdapat sumber airnya, pasalnya jika kalian mencari didaerah yang lebih tinggi air akan sulit untuk ditemukan

Baca Juga:Buah yang Aman di Konsumsi di Alam Bebas.


6.Air Tumbuhan.

Jika kalian menemukan tumbuhan bambu dihutan berarti kalian sedang beruntung, Pasalnya tumbuhan ini dapat kalian gunakan untuk membuat perlengkengkapan survival seperti mendirikan shelter, membuat alat untuk berburu dll.

Selain bermanfaat untuk survival, tumbuhan bambu juga dapat kalian kalian manfaatkan untuk sumber air dengan cara membelah ruas-ruas bagian dalam bambu


7.Air Hujan

Air Hujan dapat membantu kalian untuk bertahan hidup ketika sedang tersesat dialam liar seperti digunung. kalian dapat menggunakan Jas Hujan atau bahahan yang anti air untuk menampung air hujan saat hujan tiba.

Kalian dapat mendapatkan air dengan cara membentangkan has hujan di lokasi yang cukup terbuka agar banyak air yang tertampung. Apabila tidak ada jas hujan, kalian juga dapat menggunakan plastik yang mudah didapat.


8.Menggali Lubang dengan Cara Kondensasi.

Trik ini dapat kalian lakukan jika keadaan sudah menjelang malam. Pertama , gali lubang dengan kedalaman kurang lebih 70-120 cm dan tempatkan wadah didalamnya. Wadah ini berfungsi untuk menampung air yang terkondensasi. Jangan lupa taruh batu sebagai pemberat ditengah plastik,

Agar semakin banyak air, kalian bisa menambhkan dedaunan dilubang, proses kondensasi sendiri adalah proses perubahan wujud dari padat ke cair. dedaunan yang lembab akan mempercepat proses kondensasi.

Nah, itulah 8 cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan sumber air saat tersesat digunung!