Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Joe Brown, Pendaki Legendaris yang Mewariskan Jalur Pendakian

Pada tahun 1960an dan 1960-an, seorang pendaki yang bernama Joe Brown menginsipirasi banyak pendaki dari penjuru dunida dengan pendakian yang berani, baik didalam maupun luar negeri. Dari gerbang pemakaman yang berada di Sbowdonia Ke Kanchenjuga di Himalaya, Joe Browon berhasil medapatkan julukan sebagai Sang Master.

Joe Brown lahir di Ardwick, Manchester, Inggris. ia adalah anak bungsi dari tujuh saudara. Ayan borwn bekerja sebagai tukang bangunan, tapi sudah beralih menjadi pelaut, sedangkan ibu Brown bekerja sebagai pembantu (Tukang bersih-bersih).

Kisah Joe Brown, Pendaki Legendaris yang Mewariskan Jalur Pendakian
Joe Brown pada tahun 1963 (Foto Goff Britles)
Selama perang dunia II, ayah brown memutuskan untuk pindah dari Manchester ke Chulton-Mdelock. Pada saat itu rumah tetangganya dihantam oleh alat pembakar kemudian keluarga itu pindah lagi ke Longsight. Brown memutuskan untuk keluar sekolah pada usia 14 tahun, setelah keluar brown dilatih sebagai tukang bangunan dan tukang ledeng.

Banyak mitos mengatakan bahwa pendakian pertama brown di Peak Distric, ia menjadikan tali cucian ibunya menjadi tali untuk mendaki. Saat itu brown mengklarifikasi bahwa tali yang ia gunakan adalah tali dari temuanya di beberapa perbaikan jalan.

Baca Juga:Daftar Gunung yang berada di Sumatera Utara.

Brown menjadi bagian dari komunitas pendakian Peak Distric. Setelah menyelesaikan pendidikanya di Korps Ordance Angkatan Kerajaan Inggris, ia bertemu dengan pendaki kelas pekerja yang bernama Don Whillans. Sebagai sahabat yang cukup dekat Don dan Brown mengubah wajah pendakian sampai sekarang.

Mereka berdua sering membuka rute baru pendakian keras inggris yang sekarang menjadi patokan baru. Seperti garis celah didinding kanan Canotp Corner, pada saat Pendidikan di Snowdonia's Lnberis Pass, pada tahun 1951 Don dan Brown mendaki rute baru yang disebut Gerbang Pemakaman.

Brown dan Don juga membuka rute baru di pegunungan Alpen yang berada di Eropa , Namun pada tahun 1955, Brown dan Don harus berpisah karena Don memilih bergabung dengan ekpedisi Charles Evans untuk mengukur permukaan di gunung Himalaya. Sementara Brown mencapai punyaknya pada 25 mei 1955 bermitra dengan George Band.

Setahun kemudian, Brown menjadi orang yang pertama kali mendaki puncak barat Menara Muztagh di jajaran Karakoram yang berada diperbatasan dengan Pakistan, India dan Tiongkok bersama temanya yang bernama Mc-Naught-Davis.