Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tali Putus, Seorang Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung Lawu

Seorang pendaki yang jatuh ke jurang kawah Candadimuka Pos 2 Pendakian Gunung Lawu berhasil ditemukan pada Minggu (18/7/2020). Evakuasi korban berlangsung dengan dramatis, karena tim SAR harus terjun ke jurang hingga kedalaman mencapai 10 meter.

Survivor yang jatuh ke jurang bernama Alam (31). Peristiwa itu bermula saat korban bersama keempat rekanya sedang melakukan kamping di Pos 2 Pendakian gunung Lawu Karanganyar pada Sabtu (18/7/20). Korban mendaki bersama temanya melalui jalur Cemoro Kandang.

Korban Sedang di Evakuasi (Foto @pgl_cemerosewu)
"Mereka bermaksud untuk turun ke kawah Condrodimuko padi pagi harinya (Minggu, 19/7/2020). Pukul 07.30 Mereka akan turun ke Kawah Condrodimuko." Ucap Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Prau dan Sikunir di Buka

Empat rekanya berhasil turun, naas saat Alam turun tiba-tiba terjatuh dari peganganya talinya yang diduga putus.

"Pukul 09.00 WIB kami menerima info bahwa ada pendaki yang terjatuh dari jurang dan langsung memberangkatkan satu tum dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan vertical rescue." kata Yahya.

Setelah 5 jam melakukan pencarian akhirnya tim SAR gabungan melakukan evakuasi dan menemukan korban pada pukul 15.30 WIB, Survivor berhasil menemukan korban dengan keadaan selamat.

"Korban langsung dievakuasi dalam keadaan sadar, namun mengalami beberapa luka dikepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjit," Kata Yahya