Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mendaki Gunung Saat New Normal, Simak Tipsnya

Mendaki gunung meruapakan salah satu kegiatan yang paling banyak dirindukan saat pandemi virus saat ini. banyak para pendaki yang harus berdiam diri dirumah (Karantina) membuat mereka bosan serta ingin mendaki. Menikmati keindahan alanm dan sejuknya udara pegunungan seolah menjadi hal yang sangat didambakan. setelah lama berdiam diri dirumah.

Tips Mendaki Gunung Saat New Normal, Simak Tipsnya

Walau demikian, mendaki gunung pada saat pandemi virus corona ini tidaklah sama dengan mendaki pada hari normal biasanya. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaki salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan, berikut tips mendaki gunung saat new normal saat ini.

1.Melakukan Riset

Menurut salah satu pendaki yang berpengalaman dan sekaligus anggota FMI, Harley B Sasta, melakukan riset sebelum mendaki gunung saat pandemi ini sangat dianjurkan, terlebih pada pendemi Covid-19 saat ini. Sebelum melakukan pendakian kamu harus tau, apakah kamu berasal dari zona hijau, kuning bahkan merah. Sebaiknya kalian harus mencari tahu dan ikuti aturan protokol yang sudah ditetapkan oleh daerah setempat.

2.Mengikuti Protokol Kesehatan.

Dokter Spesialis Olahraga yang bernama, Sophia Hage, mengungkapkan bahwa pendaki harus tetap mengutamakan keselamatan diri dan orang lain. Pendaki harus mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, karena masker adalah salah satu cara untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19.

3.Menerapkan Social Distancing.

Para pendaki harus menerapkan protkol jaga jarak (Social Distancing). Pendaki harus mendaki dengan tetap menjaga jarak minimal 1 meter, setiap individu jaraknya harus 1 sampai 2 meter" kata Sophie.

Baca Juga:Sifat Kebiasaan Pendaki

4.Membawa Perlengkapan Sendiri.

Pandemi virus corona (Covid-19) dapat menyebar melalui benda-benda yang terpapar virus corona.Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk membewa perlengkapan pendakian sendiri, usahakan jangan sampai meminjam peralatan.

5.Perhatikan Kondisi Kesehatan.

Mendaki gunung membutuhkan persiapan yang tidak sedikit, Selain peralatan yang memadai, kondisi kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendakian. Apalagi , saat hendak mendaki saat pendemi virus corona ini. "Kenali diri sendiri dulu, kalau tidak sehat lebih baik tunda terlebih dahulu" kata Sophie.

6.Lakukan One Day Trip.

Saat panedemi sebaiknya tidak melakukan pendakian yang berat atau jauh. Sebaiknya hindari menginap terlebih dahulu." Jangan melalakukan pendakian lebih dari satu malam, sebaiknya one day trip saja" Kata Sophie. dibeberapa negara sudah menerapkan sistem, kalau ingin menginap satu tenda maksimal dua orang yang satu keluarga, kalau yang belum keluarga, satu tenda satu orang.

Baca Juga:Aplikasi navigasi untuk para Pendaki

7.Kelompok Pendakian Kecil.

Alangkah baiknya kamu tidak melakukan dengan jumlah anggota yang banyak diluar keluarga atau orang yang benar-benar dekat. Lebih baik mendaki dengan anggota yang sedikit, Sebab mendaki dengan anggota yang banyak tentu dapat menambah besar potensi penularan virus corona.