Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jalur Resmi Pendakian Gunung Lawu, Favorit Kamu yang Mana?

5 Jalur Resmi Pendakian Gunung Lawu, Favorit Kamu yang Mana?
Gunung Lawu adalah gunung yang berada diketinggian 3265 Mdpl. Gunung ini terkenal dengan Puncaknya yaitu Puncak Hargodumilah dan warung tertinggi di Indonesia yaitu Mbok Yem (Foto/syabana_ft)
Gunung Lawu adalah gunung yang berada di tiga kabupaten Sekaligus yaitu kabupaten Ngawi, Magetan dan Karanganyar. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 Mdpl. gunung ini menjadi salah satu gunung favorit untuk pendakian.

Kendati demikian ternyata gunung lawu terkenal dengan keanggkeranya. Konon Gunun Lawu kerap dikaitkan dengan tempat bertapanya Prabu Brawijijaya V, raja terakhir Kerajaan Majapahit.

Kalian dapat mendaki gunung lawu, adapun lokasi basecamp nya sebagai berikut!

1.Jalur Candi Cetho.

Jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho berada dibagian barat Gunung Lawu, Jalur ini cukup disenangi para pendaki karena di sepanjang perjalanan kalian dapat melihat pemandangan savana hijau yang indah, terutama dari Gupakan Menjangan sampai Pasar Dieng.

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cetho dapat ditempuh dari kota Karanganyar dalam waku sekitar kurang lebih 1-1,5 jam, tergantung lalulintas.

Baca Juga:Jalur Pendakian Gunung Sumbing

2.Jalur Cemoro Kandang.

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang terbilang cukup mudah dan berliku sehingga dibutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke puncak Gunung Lawu.

Ada hal yang sangat digemari para pendaki jika melewati jalur ini, pasalnya kalian dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu jika cuaca sedang bagus. Jalur Cemoro Kandang dapat kalian tempuh kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Karanganyar.


3.Jalur Cemoro Sewu.


Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu adalah jalur tercepat dari jalur pendakian yang lainya. Jalur ini cukup ramai pada saat akhir pekan tiba.

Jika kalian melewati jalur ini kalian akan disuguhkan dengan pemandangan Bukit Mongkrang dan Lawu Selatan. Jalur ini memiliki Basecamp yang cukup tinggi dari BC lainya, jadi siapkan jaket sebelum melakukan pendakian.

Jalur ini dapat kalian tempuh dari Alun-Alun kota Magetan dalam waktu 1 jam hingga 1,5 jam.

4.Jalur Singolangu.


Jalur Pendakian Gunung Lawu via Singolangu adalah jalur yang masih alami, jalur ini diominasi belantara hutan yang cukup lebat. Kalian akan melihat kota Magetan dan Telaga Sarangan jika melewati jalur ini

Di jalur ini kalian akan menjumpai petilasan bekas Prabu Brawijiaya V. Dahulu Prabu Brawijaya B sempat pergi ke Gunung Lawu untuk kabur dari kejaran pasukan RAden Patah. Jalur ini dapat kalian tempuh dari Kota Magetan dalam waktu kurang lebih 40 menit.


5.Jalur Jogorogo

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Jogorogo adalah jalur yang berada di Kabupaten Ngawi. kalian dapat menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 untuk menuju Basecamp Jogorogo.

Sesampainya di Basecamp kalian akan dikenakan biasa registrasi 10 ribu rupiah, Selain itu area Girulumyo juga dekat dengan kawasan wisata alam yang masih baru yaitu Srambang park. Wisata ini menyuguhkan air terjun yang sangat indah, terdapat juga pohon pinus yang dihiasi pernak-pernik yang sangat bagus.

Baca Juga: Fakta Tentang Gunung Raung