Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta dan Misteri Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah

Mendaki gunung adalah hobi yang mengutamakan fisik dan pengalaman, berbicara mendaki tentu tak asik jika tidak membahas tentang beberapa gunung yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak gunung baik gunung  aktif maupun gunung pasif.

Jawa Tengah menjadi tujuan para pendaki, karena di jateng para pendaki dapat memilih beberapa gunung mulai dari gunung prau yang terkenal dengan sunrisenya hinnga gunung slamet yang menjadi gunung tertinggi di jawa tengah.

Biasanya para pendaki menjadikan gunung prau menjadi tujuan pertamanya, selain memiliki pemandangan yang cukup indah gunung prau memiliki medan yang cukup mudah. Apalagi jika kalian baru pertama kali naik gunung, gunung prau menjadi pilihan yang pas buat pendaki pemula.

Begerser kesebelah timur gunung prau, terdapat Gunung Sumbing dan Sindoro. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3136 Mpdl. Selain memiliki pemandangan yang cukup bagus ternyata gunung sindiro memiliki mitos yang masih dipercayai hingga sekarang ini, Berikut ini beberapa Fakta dan Mitos tentang gunung Sindoro:

1.Legenda Gunung Sindoro

7 Fakta dan Misteri Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah
Foto (ig/yuliantolutfi)
Konon katanya , Gunung Sindoro memiliki legenda yang biasa menyebutnya dengan hiduplah keluarga dengan dua anak kembar. Meski dilahirkan dengan kondisi kembar, putra-putra tersebuk memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satunya adalah sifat kepribadian sopan, santun dan bijaksana, sedangkan putra yang satunya memiliki sifat sebaliknya yaitu nakan dan suka membuat masalah.


Semakin tumbuh dewasa, kedua anak tersebut selalu bertengkar gungga membuat ayah kandungnya marah. Karena sudah di ambang batas kesabaran, sang ayah lalu memberi hukuman kepada dua putra kembarnya yang nakal hingga membuat bibir sang anak robek.

Sementara itu, anak lainya yang disebut sindoro yang berasal dari kata Ndoro yang berarti Memiliki sifat baik dan santun. Hingga kini, kedua anak kembar selalu dikaitkan dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

2.Di Huni Jin Baik dan di Jaga Bidadari

7 Fakta dan Misteri Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah
Foto (ig/wildhanisetyawan)
Salah satu mitos yang paling sering dibacarakan adalah tentang keberadaan makhluk halus. Tetapi kalian jangan khawatir sebab jin yang ada di gunung sindoro memiliki sifat baik. Karena itu, makluk kasat mata yang satu ini sangat benci ketika terdapat pendaki yang ingin berbuat asusila ketika di gunung terutama gunung sindoro.

3.Bunga Edlweis Wangi Karena Bidadari

7 Fakta dan Misteri Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah
Foto (ig/virnidesiana)
Selain dihuni oleh jin baik, Gunung Sindoro juga memiliki keistimewaan tersendiri terutama tentang Bunga Edelweis yang di sebut-sebut memiliki harum yang sangat wangi dibandingan dengan bunga edelweiss yang berada di gunung lainya.

Terdengar kabar bahwa Bunga Edelweis digunung sindoro dijaga oleh bidadari sehingga mampu menjaga bunga edelweiss agar tetap wangi walaupun bertahun-tahun lamanya. Kalian bisa membuktikan langsung dengan mendaki gunung sindoro, bunga edelwis dapat kalian temui di pos 4 sampai puncak.

4.Maksiat menyebabkan Gunung Meletus

Menurut warga sekitar Gunung Sindoro sempat diduga akan meletus karena perbuatan pendaki yang sering berbuat mesum. Jin baik yang menguni gunung sindoro pun merasa kesal atas tindakan pendaki yang melanggar peraturan, oleh sebab itu mereka berdoa agar pendaki yang berbuat asusila diberi azab berupa gunung meletus.

5.Pusat Peradaban Mataram Kuno

Misteri yang tak kalah membuat penasaran adalah anggapan bahwa gunung sindoro dahulu menjadi pusat peradaban Mataram Kuno, sayangnya, terjadi letusan yang cukup besar hingga membuat peradaban hancur luluh lantak. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah ahli sejarah atas adanya berbagai situs kuno didaerah Temanggung dan Wonosobo.

6.Jangan Melamaun Saat Mendaki Sindiri

Bukan hanya kabut hitam saha yang membuat pendaki kebinggungan, melamun saat mendaki gunung sindoro pun bisa membuat kalian tersesat di Gunung Sindoro. Kehidupan dunia dalam dimensi laun menjadi penyebab utama banyak pendaki yang jatuh bahkan tersesat.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Gunung Bromo

Jika kalian melamun membuat kesempatan mahkluk halus untuk menggangu kesadaran para pendaki. Beberapa pendaki yang pernah merasakan bahwa mereka seolah-olah sedang melayang di udara. ada juga yang dibawa ke bibir jurang dan jatuh.

7.Kabut Hitam bikin Pendaki Tersesat.

Kalau biasanya di gunung-gunung kabut memiliki warna putih berbeda halnya dengan kabut yang berada di Gunung Sindoro. di Sindoro kalian dapat menemui kabut hitam, masyarakat lereng gunung sindoro menyebutnya dengan "Pedut". Efek yang ditimbulkan kabut hitam di puncak gunung sindoro membuat para pendaki tersesat.