Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta dan Mitos Gunung Piramid Bondowoso, Jalur yang Ekstrem

Berita hilangnya pendaki di Gunung Piramid masih menjadi misteri. terlebih beberapa waktu lalau terdapat korban kedua. Berbeda dengan Thoriq Rizki yang hilang akibat cuaca buruk. Korban kali ini terjatuh dan terpeleset ke jurang dengan kedalaman 100 meter.

Nama Gunung Piramid masih telalu asing dikalangan publik. Gunung Piramid sendiri memiliki ketinggian 1512 Mdpl. Gunung Piramid masuk kedalam pegunungan Argopuro yang berada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Baca Juga:Jalur Pendakian Gunung Lawu

Berikut ini adalah fakta dan misteri tentang Gunung Piramid:

1.Memiliki Bentuk Seperti Piramida

7 Fakta dan Mitos Gunung Piramid Bondowoso, Jalur yang Ekstrem
Perjalanan Menuju Puncak Gunung Piramid (Ig/sarah_alfaroq)
Kalian dapat mengamati gunung ini dari jauh, jika dilihat dengan teliti gunung ini berbentuk segitiga.Gunung Piramid memiliki bentuk yang hampir mirip dengan piramida yang berada di mesir.

Banyak pendaki yang menyamakan gunung piramid dengan gunung raung, mungkin karena bentuknya yang sangat mirip. untuk mencapai puncaknya kalian harus melewati jalan yang lebarnya kurang lebih hanya 1,5 meter.

2.Bagian dari Pegunungan Argopuro.

Banyak pendaki yang tidak tahu, ternyata gunung piramid yang belakangan viral ternyata masuk kedalam bagian dari pegunungan Argopuro. Lebih tepatnya gunung piramid berada di sebelah lereng timur pegunungan Argopuro.

3.Memiliki Pemandangan yang Indah

Sama halnya dengan pegunungan yang lain, ternyata Gunung Piramid memuliki pemandangan yang sangat indah, kalian dapat melihat sunrise di gunung piramid dengan jelas.

Gunung Piramid menawarkan pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Di puncak, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam Argopuro dan Bondowoso yang memukau.

Sepanjang perjalnan kalian akan di suguhkan dengan pemandangan yang indah, kalian dapat melihat hutan pinus, kebun perkopian dan aliran sungat yang membuat mata takjub. Sehingga tidak heran banyak pendaki yang bentah berlama-lama dipuncak hanya sekedar menikmati pemandangan.

4.Gunung yang Memiliki Kemiringan Ekstrem.

Gunung Piramid ternyata memiliki kemiringan yang cukup ektrem. Gunung Piramid memiliki ketinggian 1512 mdpl. Meski begitu, medan yang dilalui untuk mencapai puncak sangat curam dan membutuhkan perjuangan yang cukup berat.

Sama halnya jika kalian pernah mendaki Gunung Raung, medan yang berada di Gunung Piramid tidak berbeda jauh dengan gunung raung. Alangkah baiknya jika kalian ingin mendaki gunung piramid memiliki peralatan Claimbing dan bersama orang yang sudah berpengalaman. Mengingat akhir-akhir ini banyak korban saat mendaki gunung ini.

5.Jalur Pendakian Tidak Mudah

7 Fakta dan Mitos Gunung Piramid Bondowoso, Jalur yang Ekstrem
Jalur Pendakian Gunung Piramid (foto/agus_tinus.h)
Selain kemiringan yang cukup ekstrem, medan yang dilalui juga sulit, karena kalian harus melewati jalur setapak dengan trek bebantuan dan berpasir. Ditambah banyaknya jurang yang cukup curam.

Jika kalian ingin mendaki Gunung Piramid alngkah baiknya memperhatikan cuaca terlebih dahulu, mengingat gunung ini tidak ada pepohonan yang menghalau angin. Jika cuaca hujan dan berkabut lebih baik kalian menunda terlebih dahulu.

6.Tidak di Sarankan untuk Pendaki Pemula.

Banyak pendaki yang meremehkan gunung piramid, mengingat gunung piramid hanya memiliki ketinggian 1512, faktanya yang ingin mendaki gunung piramid harus memiliki pengalaman yang cukup bagus, baik pengalaman di gunung maupun pengalaman survival.

7.Camping Ground yang Sempit

Meski sering di sebut dengan camping ground, tetapi camping ground yang ada di gunung piramid hanya muad satu tenda saja. Sementara untuk melanjutkan perjalnan ke Puncak Piramid, lokasi puncak cukup sepit kurang lebih 5 meter sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mendirikan tenda diatasnya.

Baca Juga:Wisata bertema Pegunungan untuk Keluarga

Tips Mendaki Gunung Piramid:

  1. Persiapkan mental kalian terlebih dahulu, mental menjadi faktor utama untuk mencapai puncak gunung ini, mengingat medan yang cukup ektrem.
  2. Persiapkan Fisik yang matang. Kalian akan melalui jalur yang cukup menguras tenaga. fisik dibutuhkan karena trek menuju puncak berupa bebatuan besar dan berpasir.
  3. Peralatan yang memadai. Sama halnya jika kalian pernah mendaki gunung raung. kalian harus menyiapkan peralatan seperti tambang, helm pelindung , dan perlengkapan climbing lainya.
  4. Ketahui terlebih dahulu medan Gunung Piramid
  5. Mengetahui dasar ilmu bertahan hidup di alam bebas.
  6. Berdoa sebelum melakukan pendakian.