Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa

Gunung Raung adalah gunung yang cukup ekstrem di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 3332 Mdpl ini terletak di tiga Kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Besuki, Banyuwangi dan Bondowoso.

Gunung Raung masuk dalam gunung paling ekstrem di Indonesia. gunung ini memiliki dua jalur pendakian yaitu, Jalur pendakian Gunung Raung via Kalibaru. Jalur kalibaru adalah jalur yang sering dilalui oleh para pendaki.

Baca Juga: 7 Jalur Pendakian  Gunung Sumbing

Selain itu, Gunung Raung memiliki medan yang cukup berat, alhasil untuk mendaki harus melalui izin yang cukup rumit dan harus menaat beberapa aturan yang wajib dilakukan, salah satunya adalah membawa peralatan Climbing (Panjat tebing).

Jika kalian memiliki cukup nyali dan fisik yang kuat gunung raung sangat direkomendasikan untuk dicoba, Berikut ini adalah beberapa fakta Gunung Raung yang wajib kalian ketahui!

1.Puncak Tertinggi Pegununggan Ijen.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Puncak Tertinggi di Pegununggan Ijen (Instagram/uconn16)
Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3332 Mdpl menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, namun Puncak Gunung Raung yang terkenal dengan jalur ektrimnya yang diberinama Jembatan Sirotolmustaqim oleh para pendaki menjadi kawasan tertinggi di pegununggan Ijen, Jawa Timur.

2.Terdapat Dua Jalur Pendakian.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Memiliki dua Jalur Pendakian Sekaligus (Instagram/hilmi_ahmadr)
Selain menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, Gunung Raung juga memiliki 2 jalur pendakian, yaitu jalur Sumber Waringin dan jalur Kalibaru. Biasanya para pendaki jika ingin mendaki gunung Raung melalui Jalur Kalibaru yang berlokasi di dusun Wonorejo, desa Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi.

3.Memiliki Empat Puncak.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Puncak Sejati Gunung Raung via Kalibaru (Instagram/ibeth_eliza)
Jika kalian melihat dengan teliti Gunung Raung memiliki 4 puncak sekaligus. Puncak pertama yang bakal kalian lewati adalah Puncak Bendera dengan ketinggian 3.159 Mpdl, Kemudian puncak 17 ketinggian 3.108 Mdpl, Puncak Tusuk Gigi 3.300 Mdpl dan puncak terakhir yaitu Puncak Sejati dengan ketinggian 3344 Mdpl.

4.Kadera Terbesar Kedua se-Indonesia.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Kaldera Gunung Raung terbesar setelah Kaldera Gunung Toba (Foto:garukaiken.wordpress.com)
Banyak yang belum mengetahui, ternyata Kaldera Gunung Raung adalah kaldera terbesar setelah gunung Toba yang berada di Sumatera. Jika kalian sampai dipuncak kalian akan disambut dengan kaldera yang sangat indah dengan lebar 2 kilometer dan kedalaman kurang lebih 500 meter. 

Baca Juga:Manfaat Mendaki Bagi Tubuh

Kaldera Gunung Raung menjadi kaldera terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Kaldera Gunung Toba.

5.Memiliki Jalur yang Ekstrem.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Trek Menuju Puncak Gunung Raung (Foto:ceritaanggar.blogspot.com)
Jika kalian akan menggapai puncak Sejati Gunung Raung kalian akan dihadapkan medan yang cukup ekstem, untuk melalui medan ini dibutuhkan orang yang sudah berpengalaman dengan jam terbang tinggi. Kalian akan melewati jalur yang selebar setapak dan terdapat jurang di kiri kanan jalur tersebut.

6.Tidak ada Sumber mata air.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa

Pastikan sebelum mendaki Gunung Raung persediaan perbekalan harus cukup terutama air. Di sepanjang perjalnan menuju puncak Gunung Raung kalian tidak akan menemui sumber mata air. Jika kalian ingin mendaki gunung ini pastikan untuk membawa persediaan air kurang lebih 5-7 liter/orang untuk melakukan pendakian selama 3 hari 2 malam.

7.Pondok Misterius.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ekstrem di Pulau Jawa
Foto:Pixabay
Jalur pendakian Gunung Raung via Sumber Wringin terdapat pondok misterius yang cukup terkenal dikalangan para pendaki, pondok misterius tersebut antara lain:
  • Pondok Angin: Pondok Angin adalah pondok yang terdapat di area camp, jika kalian mendirikan tenda disini kalian akan melihat kota Bondowoso dan Situbondo. Konon disini angin berhembus sangat kecang hingga meraung-raung ditelinga
  • Pondok Mayit: Diarea ini dahulu pernah ditemukan sosok mayat yang menggantung disebuah pohon. menurut cerita yang beredar mayat tersebut adalah Bangsawan Belanda yang bunuh diri pada massa perang dulu.
  • Pondok Demit: Menurut masyarakat sekitar gunung Raung Pondok Mayit adalah tempat jual-beli para lelembut.
  • Pondok Sumur:Mitos yang satu ini adalah tempat bertapanya orang yang cukup sakti asal Gresik. Konon sumur ini hanya terlihat pada orang tertentu saja.

8.Legenda Arca Nyei.

8 Fakta Gunung Raung, Gunung dengan Jalur Ektrem di Pulau Jawa
Arca Nyei (Foto:museumbonwodoso.com)
Arca Nyei adalah peninggalan kerajaan dahulu kala. Arca ini dapat kalian jumpai di Jalan Purbakala Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.

Ara Nyei memiliki ketinggian kurang lebih 2 meter dengan bagian kaki hingga lutut terkubur ke dalam tanah. Bagian wajah hanya menyisakan sedikit lekuk karena terkiris seiring berjalanya waktu. Kedua tangan menelungkup menutupi Vulva (Organ Intim) dan bagian pinggul terpahat menonjol dibandingkan dengan bagian tubuh lainya.

Itu dia Tentang Fakta Gunung Raung, gunung yang paling Ekstrem di pulau Jawa.